Sukses

Pertukaran Kripto Coinbase Bakal Akuisisi FTX Eropa

Coinbase mempertimbangkan untuk membeli FTX Eropa saat mereka menjajaki perluasan penawaran derivatif kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah kebangkrutan FTX pada November tahun lalu, bursa saingannya yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Coinbase, mempertimbangkan untuk mengakuisisi unit perusahaan FTX yang gagal di Eropa.

Dokumen menunjukkan Coinbase mempertimbangkan untuk membeli FTX Eropa saat mereka menjajaki perluasan penawaran derivatif kripto. Meskipun begitu, pembicaraan tersebut tidak pernah mencapai tahap akhir.

Meskipun Coinbase tidak lagi mengejar kesepakatan potensial, bursa yang berbasis di AS terus menyatakan minatnya untuk melakukan akuisisi selama bulan ini. 

“Ketertarikan Coinbase pada FTX Eropa menunjukkan semakin pentingnya derivatif terhadap rencana bisnis globalnya karena volume perdagangan spot telah anjlok selama pasar bearish,” isi laporan Fortune, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (3/10/2023).

Laporan tersebut lebih lanjut menunjukkan instrumen keuangan berdasarkan nilai mata uang kripto seperti bitcoin (BTC) dan ethereum (ETH) kini menjadi bagian penting dari perdagangan kripto, mencapai volume enam kali lebih besar daripada volume perdagangan spot pada kuartal kedua.

Masa depan peraturan turunan kripto masih belum pasti di AS sementara UE belum menerapkan serangkaian peraturan komprehensifnya sendiri di bawah undang-undang Pasar Aset Kripto (MiCA) yang baru diadopsi. 

FTX Europe, dibeli seharga USD 376 juta atau setara Rp 5,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.357 per dolar AS) pada 2021, adalah satu-satunya platform yang menawarkan derivatif kripto yang disebut kontrak berjangka abadi di Benua Lama sebelum keruntuhan FTX.

Fortune juga mengutip keuangan FTX Eropa yang menunjukkan platform tersebut terus menambah puluhan ribu pengguna hingga perusahaan induknya bangkrut. Dengan warisan debitur FTX yang menjual sebagian dari FTX, nilai lisensi Eropa telah menarik minat pembeli potensial lainnya serta perusahaan kripto bernama Trek Labs. 

Batas waktu penawaran telah diperpanjang hingga 24 September, menurut sumber lain yang dikutip dalam artikel tersebut.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

SEC Pertanyakan Keterlibatan Coinbase Bantu Celsius Keluar dari Kebangkrutan

Sebelumnya diberitakan, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) mengatakan mereka memiliki kekhawatiran tentang usulan keterlibatan pertukaran kripto Coinbase dalam rencana Celsius Network untuk keluar dari kebangkrutan.

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (26/9/2023), berdasarkan rencana yang diusulkan, Celsius setuju untuk melibatkan Coinbase untuk mendistribusikan aset ke pelanggan internasional. Dalam pengajuan pada Jumat, SEC mengatakan perjanjian tersebut jauh melampaui layanan agen distribusi. 

Ini mempertimbangkan layanan perantara dan layanan perdagangan utama yang melibatkan banyak kekhawatiran yang diajukan dalam gugatannya.

Celsius mengajukan perlindungan kebangkrutan pada Juli 2022, dan berupaya untuk menjadi perusahaan milik pengguna baru dan mendistribusikan sekitar USD 2 miliar atau setara Rp 30,8 triliun (asumsi kurs Rp 15.412 per dolar AS) Bitcoin dan Ether sebagai bagian dari rencana tersebut. 

Celsius ingin memulai awal yang baru di bawah manajemen baru yang dipimpin oleh perusahaan investasi Arrington Capital, bagian dari konsorsium bernama Fahrenheit LLC yang memenangkan aset pemberi pinjaman kripto pada lelang kebangkrutan awal tahun ini.

SEC bergabung dengan pengawas kebangkrutan Departemen Kehakiman dan beberapa pelanggan Celsius dalam menantang aspek rencana Bab 11 perusahaan. Tantangan seperti itu biasa terjadi di Bab 11 dan mungkin diselesaikan sebelum Hakim Martin Glenn dijadwalkan untuk mempertimbangkan menyetujui rencana kebangkrutan Celsius pada 2 Oktober. 

SEC mengatakan telah mendiskusikan kekhawatirannya dengan pengacara Celsius dan perusahaan telah mengatasi masalah lain. dengan rencana kebangkrutan yang diajukan regulator.

 

3 dari 4 halaman

Cadangan Bitcoin Coinbase Sentuh Rp 383,9 Triliun

Sebelumnya diberitakan, dalam sebuah penemuan penting, platform intelijen blockchain terkemuka Arkham Intel telah mengidentifikasi cadangan Bitcoin (BTC) senilai USD 25 miliar atau setara Rp 383,9 triliun (asumsi kurs Rp 15.357 per dolar AS) yang disimpan oleh Coinbase, bursa mata uang kripto terkemuka yang berbasis di AS.

Dilansir dari NewsBTC, Senin (25/9/2023), pengungkapan ini menempatkan Coinbase di garis depan lanskap Bitcoin, memposisikannya sebagai entitas Bitcoin terbesar di dunia bersama Satoshi Nakamoto. Cadangan yang ditemukan berjumlah hampir 5 persen dari total pasokan Bitcoin.

Coinbase Sebagai Pemegang Bitcoin Teratas

Analisis komprehensif Arkham Intel telah berhasil menandai lebih dari 36 juta deposit Bitcoin dan alamat penyimpanan yang terkait dengan Coinbase. Hebatnya, cold wallet terbesar Coinbase saja berisi sekitar 10.000 BTC, yang menjadi bukti skala kepemilikan mereka.

Namun, Arkham Intel mengatakan cadangan Bitcoin Coinbase yang sebenarnya mungkin melebihi alamat yang teridentifikasi.

Berdasarkan laporan keuangan Coinbase baru-baru ini, kemungkinan besar bursa tersebut memiliki ribuan BTC lagi yang belum dilacak dan diberi label.

Selain itu, platform Arkham Intel mengungkapkan Coinbase menyimpan sejumlah besar kripto selain Bitcoin. Pertukaran yang berbasis di AS dilaporkan memiliki sekitar 1,68 juta ETH (Ethereum) senilai USD 2,69 miliar atau setara Rp 41,3 triliun. 

Selain itu, Coinbase memegang 68,59 juta token LINK (Chainlink), diperkirakan bernilai USD 471 juta atau setara Rp 7,2 triliun.

 

4 dari 4 halaman

Coinbase Bakal Tangguhkan Perdagangan 6 Aset Kripto pada September 2023

Sebelumnya, langkah yang tidak terduga, Coinbase Assets mengumumkan akan menangguhkan perdagangan enam aset mata uang kripto pada 6 September 2023.

Dilansir dari Crypto Potato, Sabtu (26/8/2023), pengumuman Coinbase menyebutkan enam token, yang meliputi BarnBridge (BOND), DerivaDAO (DDX), Jupiter (JUP), Multichain (MULTI), Ooki (OOKI) dan Voyager (VGX). 

Penangguhan ini berarti aset tidak lagi menikmati beberapa layanan inti bursa, termasuk Perdagangan Sederhana dan Lanjutan, Coinbase Pro, Coinbase Exchange, dan Coinbase Prime.

Berdasarkan rilisnya, penangguhan aset tersebut akan berlaku mulai 7 September, sekitar dua minggu dari sekarang. Pengumuman tersebut mendapat perhatian besar secara online, dengan ribuan penayangan dan suka di Twitter dalam beberapa jam.

Keputusan tersebut merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Coinbase untuk mempertahankan standar kualitas tinggi yang terkait dengan aset yang terdaftar. 

Setelah peninjauan menyeluruh, perusahaan tersebut menjelaskan aset yang dihapuskan tersebut tidak memenuhi standar pencatatan yang disyaratkan oleh bursa populer.

Setelah pengumuman tersebut, aset-aset, termasuk BOND, DDX, JUP, OOKI, VGX, dan MULTI, masing-masing mencatat penurunan harga sebesar 5,1 persen, 24 persen, 16 persen, 0,5 persen, 6 persen, dan 0,7 persen.

Penghapusan pencatatan baru-baru ini menambah masalah Multichain yang semakin berkembang, termasuk penangkapan CEO dan penutupan jembatan setelah kehilangan lebih dari USD 109 juta atau setara Rp 1,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.298 per dolar AS) dalam bentuk kripto. Faktanya, saat ini, sebagian besar komunitas kripto percaya Multichain adalah proyek mati.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini