Sukses

Pendapatan Pertukaran Kripto Robinhood Turun 18 Persen

Robinhood juga melaporkan memiliki aset kripto senilai USD 11,5 juta atau setara Rp 175,1 miliar

Liputan6.com, Jakarta - Platform perdagangan kripto Robinhood (HOOD) melaporkan pendapatan perdagangan kripto sebesar USD 31 juta atau setara Rp 472 miliar (asumsi kurs Rp 15.227 per dolar AS) pada kuartal kedua 2023, turun 18 persen dari USD 38 juta atau setara Rp 578,6 miliar pada kuartal pertama. 

Dilansir dari CoinDesk, Minggu (13/8/2023), angka pendapatan perdagangan kripto dari USD 31 juta di kuartal dua 2023 adalah 16 persen dari USD 193 juta atau setara Rp 2,9 triliun pendapatan perdagangan di semua kategori, yang mengalami penurunan berurutan sebesar 7 persen.

Perusahaan juga melaporkan memiliki aset kripto senilai USD 11,5 juta atau setara Rp 175,1 miliar yang ditahan, jumlah yang sama seperti yang ditahan pada akhir kuartal pertama.

Pada Juni, Robinhood mengakhiri dukungan untuk semua token yang disebut sebagai sekuritas dalam tuntutan hukum SEC terhadap pertukaran kripto Binance dan Coinbase. 

Token tersebut adalah Cardano (ADA), Polygon (MATIC) dan Solana (SOL). Platform perdagangan saat ini menawarkan perdagangan untuk 15 mata uang kripto yang berbeda, termasuk bitcoin (BTC), ether (ETH), dogecoin (DOGE) dan avalanche (AVAX).

Secara keseluruhan untuk kuartal kedua, Robinhood melaporkan laba per saham sebesar USD 0,03 atau setara Rp 456,81 dengan pendapatan sebesar USD 486 juta atau setara Rp 7,4 triliun, di depan perkiraan analis untuk kerugian sebesar USD 0,01 atau setara Rp 152,27 per saham dengan pendapatan sebesar USD 473 juta atau setara Rp 7,2 triliun.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kinerja Kuartal I 2023

Sebelumnya, platform perdagangan kripto Robinhood (HOOD) melaporkan pendapatan perdagangan mata uang kripto sebesar USD 38 juta atau setara Rp 560,9 miliar (asumsi kurs Rp 14.761 per dolar AS) untuk kuartal satu 2023.

Dilansir dari CoinDesk, Jumat (12/5/2023), nilai ini turun sekitar 30 persen dibandingkan dengan USD 54 juta atau setara Rp 797 miliar untuk periode tahun sebelumnya, menurut hasil pendapatan perusahaan. Namun, secara triwulanan, pendapatan kripto turun hanya 1 persen.

Angka pendapatan perdagangan kripto USD 38 juta di kuartal satu dibandingkan dengan pendapatan perdagangan USD 441 juta atau setara Rp 6,5 triliun di semua bisnis HOOD, meningkat 47,5 persen dari tahun ke tahun.

Perusahaan juga melaporkan memiliki aset kripto senilai sekitar USD 11,5 miliar atau setara Rp 169,7 triliun, naik 36 persen dari kuartal keempat, mencerminkan rebound di pasar cryptocurrency pada awal 2023.

Robinhood menjadi pertukaran kripto yang sempat menjadi target peraturan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). Pada awal 2023, Robinhood mengungkapkan perusahaan dipanggil SEC. Perusahaan mengungkapkan penyelidikan dalam pengajuan terbarunya dengan SEC. 

Di dalamnya, perusahaan mencantumkan di antara berbagai pengungkapan potensi risiko terhadap bisnisnya sebuah panggilan pengadilan dari SEC terkait mata uang kripto yang didukung, penyimpanan mata uang kripto, dan operasi platform Robinhood.

 

3 dari 4 halaman

Pengawasan SEC Makin Ketat, Kini Targetkan Pertukaran Kripto Robinhood

Sebelumnya, pertukaran kripto, Robinhood mengungkapkan perusahaan dipanggil oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). Perusahaan mengungkapkan penyelidikan dalam pengajuan terbarunya dengan SEC. 

Di dalamnya, perusahaan mencantumkan di antara berbagai pengungkapan potensi risiko terhadap bisnisnya sebuah panggilan pengadilan dari SEC terkait mata uang kripto yang didukung, penyimpanan mata uang kripto, dan operasi platform Robinhood.

Robinhood saat ini mencantumkan 18 cryptocurrency di platform perdagangannya, termasuk Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin. Investor dapat membeli paling sedikit USD 1 atau setara Rp 15.210 untuk mulai berinvestasi kripto.

Panggilan dari SEC mengharuskan seseorang untuk hadir di hadapan pengadilan untuk bersaksi atau memberikan dokumentasi saat penyelidikan aktif. 

Robinhood mengatakan menerima permintaan panggilan pengadilan serupa dari kantor Kejaksaan Agung California terkait platform perdagangannya, penyimpanan aset pelanggan, pengungkapan pelanggan, dan daftar koin. 

“Kami tidak memiliki tambahan apa pun untuk dibagikan di sini selain yang ada dalam pengajuan,” kata juru bicara Robinhood dikutip dari Decrypt, Selasa (28/2/2023). 

 

 

4 dari 4 halaman

Pengetatan Pengawasan SEC

Perusahaan melewati periode "pertumbuhan besar" selama pandemi COVID-19, berkat suku bunga rendah, pemeriksaan stimulus, dan kemudahan aplikasinya yang memungkinkan investor ritel untuk membeli dan menjual saham dan mata uang kripto seperti Bitcoin.

Langkah dari SEC kepada Robinhood adalah yang terbaru dalam tindakan keras terhadap industri cryptocurrency menyusul runtuhnya aset digital mega exchange FTX tahun lalu.

Pengetatan Pengawasan SEC

Ketua SEC Gary Gensler ingin menindak semua koin dan token yang dia yakini sebagai sekuritas yang tidak terdaftar dan menjelaskan dia percaya pada dasarnya semua yang ada di pasar kripto kecuali Bitcoin adalah sekuritas tak terdaftar.

Pada Januar 2023i, SEC memukul Genesis dan Gemini dengan tuduhan menawarkan sekuritas yang tidak terdaftar dan awal Februari SEC mendenda pertukaran kripto Amerika Kraken USD 30 juta atau setara Rp 456,3 miliar karena melanggar undang-undang sekuritas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini