Sukses

Kasusnya Bakal Diteruskan, Tengok Harga Luna Coin Saat Ini

Terra (LUNA) adalah protokol blockchain publik yang muncul dari Terra Classic. Terra Classic adalah rumah bagi stablecoin algoritmik TerraClassicUSD (UST).

Liputan6.com, Jakarta Harga Terra (LUNA) terpantau berada pada level USD 0,577265 atau sekitar Rp 8.768,94 (kurs Rp 15.190,50 per USD) pada perdagangan hari ini, Rabu 2 Agustus 2023. Melansir data CoinMarketCap, volume perdagangan 24 jam sebesar tercatat sebesar USD 40.403.497.

Harga LUNA naik 2,45 persen dalam 24 jam terakhir. Peringkat CoinMarketCap saat ini adalah #142, dengan kapitalisasi pasar sebesar USD 194.038.112 USD. Koin ini memiliki persediaan yang beredar sebesar 336.133.748 koin LUNA.

Selama setahun terakhir, LUNA telah mengalami kehilangan kepercayaan dari komunitasnya, dengan harga turun dari USD 2,27 menjadi sekitar USD 0,5 saat ini, dengan penurunan tahunan sebesar 75 persen.

Terra (LUNA) adalah protokol blockchain publik yang muncul dari Terra Classic. Terra Classic adalah rumah bagi stablecoin algoritmik TerraClassicUSD (UST).

Sekarang berganti nama menjadi token LUNC yang dijaminkan UST, yang jatuh saat penarikan besar-besaran atau bank run pada Mei 2022.

Kejadian itu mendevaluasi LUNA menjadi hampir nol dan menyebabkan peluncuran rantai baru yang menghasilkan Terra Classic dan Terra.

Pengembangan Terra Classic diluncurkan pada Januari 2018 dan blockchain diluncurkan pada April 2019. Pengembangan berusaha menggabungkan stabilitas harga dan adopsi luas mata uang fiat dengan resistensi sensor Bitcoin (BTC) dan menawarkan penyelesaian yang cepat dan terjangkau melalui stablecoin UST-nya.

Terra Classic menawarkan stablecoin yang dipatok terhadap Dolar AS, Won Korea Selatan, Tugrik Mongolia, dan sekeranjang mata uang Hak Penarikan Khusus Dana Moneter Internasional.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kasus Berlanjut

Blockchain Terra baru melanjutkan warisan Terra Classic tanpa stablecoin UST. Ini akan terus dibangun dengan bantuan komunitas LUNA yang dijuluki "LUNAtics" dan mengembangkan UX dan UI kelas dunia yang membawa Terra Classic naik ke posisi kedua dalam total nilai terkunci (total value locked/TVL) pada puncaknya. Banyak DApps telah setuju untuk bermigrasi ke Terra untuk melanjutkan fungsinya.

Belum lama ini, tampaknya kasus crypto Terra (LUNA) akan dilanjutkan, karena Hakim Jed Rakoff menolak permintaan untuk membubarkannya. Melansir The Cryptonomist, Hakim Jed Rakoff, yang mengawasi kasus kripto Terra (LUNA), menolak mosi pemecatan yang diajukan oleh Terraform Labs.

Ini berarti gugatan yang diajukan oleh Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (US Securities and Exchange Commission/SEC) terhadap Terraform Labs, akan dilanjutkan. Secara khusus, Hakim Rakoff dari Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Selatan New York memutuskan sebagai berikut:

"Untuk tujuan mosi ini, semua tuduhan yang diajukan dengan baik harus dianggap benar, dan semua kesimpulan yang masuk akal darinya harus diambil untuk kepentingan SEC,".

 

3 dari 3 halaman

Kata SEC

Mosi untuk memberhentikan telah diajukan April lalu, dengan materi tambahan diberikan pada bulan Juni. Terraform Labs berpendapat bahwa SEC tidak memiliki yurisdiksi atas perusahaan dan pendirinya.

Tidak hanya itu, perusahaan crypto di belakang Terra (LUNA), mengklaim bahwa Mirror Protocol (MIR), Terra Classic (LUNC) dan TerraUSD Classic (USTC), bukanlah sekuritas.

Jika masalah tersebut menyangkut sekuritas, Hakim Rakoff menyatakan bahwa SEC memiliki kewenangan untuk mengatur aset crypto tanpa otorisasi kongres. Pernyataan ini berbeda dengan pernyataan lain dari Terraform Labs yang berpendapat sebaliknya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.