Sukses

Menjauh dari AS, Perusahaan Kripto Ripple Bakal Fokus ke Asia dan Eropa

Langkah ini dilakukan Ripple setelah memenangkan gugatan atas SEC terkait kripto XRP yang dianggap sebagai sekuritas.

Liputan6.com, Jakarta - Menyusul kemenangan sebagian pengadilan di Amerika Serikat, perusahaan kripto Ripple bermaksud untuk tetap fokus pada pasar di negara dengan peraturan yang jelas untuk industri kripto.

Dilansir dari Bitcoin.com, Sabtu (29/7/2023), Ripple berencana memasuki yurisdiksi di Asia seperti Singapura dan Hong Kong. Perusahaan blockchain yang berbasis di AS juga merencanakan ekspansi di Inggris dan Eropa, menurut laporan media yang mengutip eksekutif Ripple.

Pekan lalu, seorang hakim AS memutuskan token XRP Ripple bukan merupakan keamanan saat dijual di bursa pihak ketiga, membuka jalan bagi XRP untuk diperdagangkan oleh investor ritel. 

Namun, pengadilan mengatakan bahwa ketika dijual oleh perusahaan langsung ke investor institusional, itu memenuhi syarat sebagai sekuritas yang akan diadili lagi.

Peraturan Mendorong Ripple Menjauh dari AS

Ambiguitas peraturan mengenai status aset kripto di Amerika Serikat telah mengubah banyak sektor ke arah Asia. Pada Mei, Managing Director APAC untuk Ripple yang berkantor pusat di San Francisco, Brooks Entwistle, mengatakan karena gugatan SEC, sebagian besar perkembangan perusahaan terjadi di luar AS, dan khususnya di Asia.

Di benua terakhir, Ripple telah terlibat dalam program percontohan Otoritas Moneter Hong Kong untuk mata uang digital bank sentral (CBDC). Wilayah administrasi khusus China telah memusatkan upaya untuk menjadi pusat aset kripto. 

Juga di wilayah tersebut, Ripple memperoleh persetujuan prinsip untuk lisensi pembayaran di Singapura yang melaluinya sebagian besar pengiriman uang diproses oleh platform. Selain dua tujuan ini, Jepang juga telah memperkenalkan peraturan khusus kripto.

Dengan penerapan aturan Pasar dalam Aset Kripto (MiCA), Uni Eropa bisa dibilang menjadi yurisdiksi pertama di dunia dengan kerangka kerja regulasi kripto yang komprehensif. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bermitra dengan Ripple, Ducati Bakal Luncurkan Koleksi NFT

Sebelumnya, mengikuti minat jangka panjang di Web3, Ducati bermitra dengan perusahaan pembayaran Ripple akan meluncurkan koleksi Non Fungible Token (NFT) pertamanya di blockchain XRP.

Langkah ini adalah usaha pertama perusahaan sepeda motor ke ruang Web3 dan teknologi blockchain. Perusahaan yang berbasis di Bologna percaya langkah ini penting untuk memperkuat hubungannya dengan komunitas globalnya.

CEO Ducati, Claudia Domenicali mengatakan memasuki Web3 adalah cara lain untuk lebih dekat dengan komunitas Ducatisti dengan memperluas jumlah layanan yang ditawarkan kepada mereka.

“Ini juga merupakan kesempatan untuk bertemu dan membuat diri kami dikenal oleh komunitas baru penggemar NFT, memberi mereka kesempatan untuk menjalani pengalaman gaya Ducati yang unik dan mengumpulkan aset digital yang akan kami kembangkan secara eksklusif untuk dimensi baru merek ini,” kata Domenicali, dikutip dari Coinmarketcap, Rabu (26/7/2023).

Ducati mengklaim koleksi digital akan terdiri dari urutan video logo Ducati pada tangki sepeda motor yang diproduksi dari 1946 hingga saat ini. Koleksi NFT ini akan ditayangkan di XRP Ledger pada 26 Juli 2023.

Pengguna yang mendaftar dalam minggu pertama setelah peluncuran akan menerima Ducati NFT “sebagai hadiah”. Selain itu, para pengguna ini dapat mengakses rilis mendatang dari pabrikan sepeda motor.

Ducati juga berkolaborasi dengan Web3 Pro, platform Software-as-a-Service (SaaS) berlabel putih, dalam pelaksanaan proyek NFT ini.

 

3 dari 4 halaman

Gaet Lebih Banyak Partisipan NFT, OpenSea Luncurkan Fitur Baru 'Deals'

OpenSea meluncurkan fitur baru yang disebut 'Deals'. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bertukar non-fungible token (NFT) mereka dengan pengguna lain, memberikan kemudahan dan fleksibilitas yang belum pernah ada sebelumnya dalam perdagangan NFT.

Melansir Coindesk, Sabtu (22/7/2023), pengguna juga memiliki opsi untuk menyertakan Wrapped Ether (WETH) sebagai bagian dari penawaran mereka. Fitur ini didukung oleh Seaport protokol NFT asli OpenSea.

OpenSea menambahkan bahwa fitur tersebut bertujuan untuk membuat pertukaran NFT lebih dapat dipercaya, meminimalisir potensi risiko dari transaksi lewat perpesanan dan laman web tidak jelas, yang tak berujung pada raibnya aset kolektor.

Untuk memulai transaksi, pengguna hanya membutuhkan alamat dompet penerima, nama ENS, atau nama pengguna OpenSea. Mereka kemudian dapat memilih hingga 30 NFT, serta jumlah WETH yang ingin mereka tambahkan ke swap, jika ada.

 

4 dari 4 halaman

Pasar Kripto Cetak Penutupan Kuat pada Kuartal II 2023

Pasar kripto berhasil membukukan penutupan yang kuat untuk kuartal dua 2023 di tengah sentimen dari Securities and Exchange Commission (SEC) kepada industri kripto.

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (3/7/2023), pada penutupan, Bitcoin turun di bawah 1 persen menjadi sekitar USD 30.300 atau setara Rp 454,2 juta (asumsi kurs Rp 14.993 per dolar AS).

Bitcoin iperdagangkan relatif datar sejak naik di atas angka USD 30.000 atau setara Rp 449,7 juta pada 23 Juni. Sementara itu, Ether menguat 4 persen menjadi USD 1.923 atau setara Rp 28,83 juta.

Rintangan Industri Kripto

Sepanjang kuartal dua 2023, industri kripto melewati berbagai rintangan yang mempengaruhi gerak pasar kripto. Mulai dari dua exchange kripto terbesar di AS yaitu Binance US dan Coinbase yang dituntut oleh SEC, hingga BlackRock dan Fidelity dapat menghadapi rintangan dengan aplikasi ETF Bitcoin spot yang baru-baru ini diajukan. 

Menurut Reuters, kekhawatiran diajukan oleh SEC mengenai kegagalan bursa untuk memasukkan rincian platform perdagangan kripto yang akan membantu mendeteksi penipuan di pasar spot yang mendasarinya.

Sejak itu CBOE telah mengajukan ulang aplikasi atas nama Fidelity, Van Eck, Invesco, dan WisdomTree. Semua pengajuan menyebut Coinbase, pertukaran kripto AS terkemuka, sebagai mitra potensial.

Reli di Sektor DeFi

Aset kripto di sektor DeFi menjadi peraih teratas termasuk token MKR Maker, dengan lonjakan 14 persen, diikuti oleh token Aave, yang sempat naik 9 persen. Adapun kripto CRV Curve dan OP Optimism juga naik sekitar 8 persen.

Meskipun begitu, keseluruhan volume pertukaran terdesentralisasi turun 1,7 persen minggu ini menjadi USD 15,9 miliar atau setara Rp 238,3 triliun. 

Selain Bitcoin dan Ether, cryptocurrency teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, tidak termasuk stablecoin, membukukan keuntungan minimal 2 persen. Litecoin memimpin dengan kenaikan 24 persen, diikuti oleh Bitcoin Cash (BCH) dengan lonjakan 22 persen, dan Solana (SOL) dengan kenaikan 8 persen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.