Sukses

Dominasi Bitcoin Naik Saat Altcoin Keok

Agregator data crypto merilis laporan industri kuartal II 2021 pada 18 Juli, mengungkapkan bahwa Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) terus mencatatkan keuntungan mereka dari kuartal sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Performa Bitcoin pada kuartal kedua tahun ini sangat kuat, dengan dominasi pasarnya meningkat terhadap altcoin yang mengalami kerugian selama periode yang sama.

Agregator data crypto merilis laporan industri kuartal II 2021 pada 18 Juli, mengungkapkan bahwa Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH) terus mencatatkan keuntungan mereka dari kuartal sebelumnya.

Sementara Bitcoin dan Ether membuat kemajuan, cryptocurrency lainnya justru mengalami kerugian dua digit. Binance Coin (BNB), XRP, dan Cardano (ADA) termasuk yang paling terpukul.

BNB dan ADA sangat terpengaruh karena klasifikasi mereka sebagai sekuritas dalam tuntutan hukum terhadap Binance dan Coinbase yang diajukan oleh Securities and Exchange Commission.

Melansir Crypto Intelligence, Kamis (20/7/2023), sektor keuangan terdesentralisasi (decentralized finance/DeFi) juga terpukul, dengan token seperti Uniswap (UNI), Chainlink (LINK), dan Lido (LDO) mengalami kerugian yang signifikan.

Token metaverse dan play-to-earn, termasuk Axie Infinity (AXS), Sandbox (SAND), dan Decentraland (MANA), juga menghadapi kerugian hingga 40 persen.

Dominasi Bitcoin mencapai level tertinggi selama dua tahun terakhir, lebih dari 52 persen pada akhir Juni tetapi kemudian turun di bawah 50 persen karena reli altcoin yang dipicu oleh kemenangan parsial Ripple di pengadilan.

Namun, sebagian besar kripto altcoin yang naik setelah pompa XRP kehilangan keuntungannya, mengembalikan pasar ke keadaan sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapitalisasi Pasar

Laporan CoinGecko menyoroti bahwa total kapitalisasi pasar tetap relatif stabil sepanjang kuartal, yang dimulai sekaligus berakhir pada posisi USD 1,2 triliun. Saat kuartal ketiga dimulai, kapitalisasi pasar tetap tidak berubah di, yakni sebesar USD 1,2 triliun.

Bitcoin muncul sebagai pemenang periode tersebut, mengungguli sisa pasar dengan perolehan hampir 7 persen. Namun, volume perdagangan harian rata-rata untuk BTC turun 58,7 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Terlepas dari penurunan ini, laporan tersebut menyatakan bahwa Bitcoin masih mengungguli sebagian besar kelas aset utama di kuartal II, hanya tertinggal di belakang NASDAQ dan S&P 500.

Dengan sebagian besar altcoin, kecuali XRP, yang saat ini mengalami penurunan, prospek altseason awal berkurang. Bitcoin terus mempertahankan posisinya sebagai mata uang kripto yang dominan di pasar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini