Sukses

Sejumlah Altcoin Menguat di Tengah Harga Bitcoin Datar

Pergerakan pasar kripto dipimpin oleh kenaikan Altcoin dibandingkan Bitcoin yang terpantau datar.

Liputan6.com, Jakarta Pasar aset kripto mendapat dorongan positif pada pekan lalu disebabkan oleh kemenangan Ripple dalam pengadilan melawan Securities and Exchange Commission (SEC) atau Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (AS). Hakim Federal District Selatan New York telah menolak gugatan SEC.

Hakim Federal District Selatan New York telah menolak gugatan SEC AS terhadap Ripple. Melalui penerbitan "keputusan ringkasan" yang dilakukan pada Kamis, 13 Juli 2023 menyatakan Ripple bukan sekuritas seperti yang dituduhkan SEC.

Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha menjelaskan kabar ini sangat dinanti oleh holder XRP Coin sejak 2020 dan membuat pasar bereaksi positif. Harga token XRP melonjak lebih dari 90 persen setelah putusan tersebut. Selain itu Beberapa altcoin mengalami kenaikan dalam periode tujuh hari terakhir.

“Terkait kemenangan parsial Ripple atas SEC,memberikan dampak positif terhadap harga XRP dan pasar aset kripto yang menghijau pada akhir pekan lalu. Namun investor diharapkan terus mengikuti perkembangan terkait kemungkinan dari SEC yang akan mengambil langkah untuk mengajukan banding dan aksi profit taking yang dilakukan investor,” kata Panji dalam siaran pers, Selasa (18/7/2023).

Sentimen positif dari XRP mendorong harga Bitcoin menguat hingga menciptakan level tertinggi tahun ini ke harga USD 31.814 atau setara Rp 476,9 juta (asumsi kurs Rp 14.992 per dolar AS). 

Selain itu, beberapa altcoin yang melesat selama 7 hari terakhir. Pagi ini adalah XRP naik 54,65 persen, Synthetix (SNX) naik 31,32 persen, Stellar (XLM) melesat 29,19 persen, Solana (SOL) naik 25,71 persen dan Optimism (OP) menguat 25,97 persen.

“Kenaikan altcoin ini disebabkan adanya potensi investor mulai beralih dari Bitcoin yang sideways atau hasil profit di Bitcoin dialokasikan masuk ke altcoin. Tercermin dari Bitcoin Dominance yang mulai turun mencapai 49,75 persen ketika mayoritas altcoin melesat,” jelas Panji.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sentimen Pendorong

Selain kemenangan XRP, salah satu sentimen positif bagi pasar aset kripto adalah dari  perkembangan proposal ETF Bitcoin yang diajukan perusahaan manajemen BlackRock telah masuk untuk ditinjau.

Dari sisi industri, sentimen positif bagi pasar aset kripto berasal dari laporan Chainalysis yang mengungkapkan bahwa kejahatan dalam industri kripto turun hingga 77 persen dari periode yang sama tahun lalu. 

Pekan ini investor akan mencermati data penjualan ritel dan produksi industri dirilis pada Selasa sementara data perumahan akan dirilis pada Kamis. Dilanjutkan minggu depan pasar menanti keputusan pejabat Federal Reserve terkait suku bunga pada FOMC 25-26 Juli.

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.