Sukses

Harga Kripto Hari Ini 16 Juli 2023: Bitcoin Naik Terbatas, Dogecoin Pimpin Penguatan

Mayoritas harga kripto jajaran teratas bergerak di zona hijau pada perdagangan Minggu pagi, 16 Juli 2023. Demikian juga harga bitcoin naik terbatas.

Liputan6.com, Jakarta - Harga kripto jajaran teratas mayoritas terpantau bergerak di zona hijau pada perdagangan Minggu pagi (16/7/2023). Harga bitcoin menguat terbatas pada akhir pekan ini.

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga kripto dengan kapitalisasi terbesar bitcoin (BTC) naik 0,07 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga bitcoin bertambah 0,08 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 30.293,12 atau sekitar Rp 453,30 juta (asumsi kurs Rp 14.963 per dolar Amerika Serikat).

Hal berbeda dengan kripto lainnya yakni Ethereum (ETH). Harga Ethereum bergerak di zona merah dalam 24 jam terakhir. Harga Ethereum melemah 0,17 persen. Namun, selama sepekan terakhir, harga Ethereum menguat 3,63 persen. Kini, harga Ethereum berada di posisi USD 1.931,68 atau sekitar Rp 28,89 juta.

Sementara itu, harga binance coin (BNB) naik 1,4 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BNB melonjak 6,59 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 251,72.

Demikian juga harga XRP yang melonjak dalam 24 jam terakhir. Harga XRP melesat 1,36 persen. Dalam sepekan terakhir, harg XRP bahkan melambung 52,39 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,7169.

Namun, harga cardano (ADA) melemah 0,12 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga cardano meroket 12,03 persen. Saat ini, harga cardano berada di posisi USD 0,3263.

Harga solana (SOL) bertambah 0,61 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga solana melejit 26,52 persen. Kini, harga solana berada di posisi USD 27,41.

Harga dogecoin (DOGE) naik 5,15 persen selama 24 jam terakhir. Dogecoin pimpin penguatan di antara kripto lainnya. Selama sepekan, harga dogecoin melambung 9,08 persen. Saat ini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,07171.

Harga polygon (MATIC) merosot 1,14 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga polygon bertambah 17,15 persen. Kini, harga polygon berada di posisi USD 0,7974.

Harga kripto hari ini seperti tether (USDT) melemah terbatas 0,04 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga tether bergerak melemah. Saat ini, harga tether berada di posisi USD 1,00.

Harga USD Coin (USDC) bergerak di zona merah dalam 24 jam terakhir. Harga USDC tergelincir 0,01 persen. Harga USDC susut 0,02 persen selama sepekan terakhir.  Kini Harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar kripto global naik 0,05 persen menjadi USD 1,21 triliun dalam sehari.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Kripto XRP Coin Naik Pesat ke Level Tertinggi dalam 1 Tahun

Sebelumnya, harga kripto XRP Coin naik menyusul berita Hakim Distrik Selatan New York memutuskan Ripple menang atas tuntutan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) yang menyatakan XRP adalah sekuritas.

Dilansir dari Cointelegraph, Sabtu (15/7/2023), tak lama setelah keputusan diumumkan, harga XRP Coin naik lebih dari 75 persen ke level tertinggi 1 tahun di USD 0,93 atau setara Rp 13.896 (asumsi kurs Rp 14.942 per dolar AS) karena pelaku pasar memandang keputusan tersebut sebagai tanda bullish untuk XRP.

Pertarungan hukum lama Ripple dengan banyak pengadilan dan kekhawatiran investor terhadap utilitas XRP telah lama membebani harga altcoin. Selama setidaknya satu tahun, banyak analis berspekulasi putusan positif di pengadilan federal akan diterjemahkan menjadi kenaikan tajam harga XRP, hasil yang divalidasi pada 13 Juli.

Hakim Distrik Amerika Serikat Analisa Torres dari Distrik Selatan New York memberikan keputusan ringkasan yang mendukung Ripple Labs pada 3 dari 4 masalah dengan mempertahankan dalam skenario tertentu, token XRP bukanlah sekuritas.

Putusan tersebut diambil hampir 3 tahun setelah gugatan diajukan oleh SEC terhadap Ripple pada 22 Desember 2022. Keluhan yang diubah dari SEC kemudian diajukan pada 18 Februari 2021.

Menariknya, token lain yang baru-baru ini telah dihapuskan oleh bursa utama karena kekhawatiran mereka dapat menjadi penerbitan sekuritas yang tidak terdaftar juga meningkat.

Token saudara XRP, Stellar, juga mengikuti jejak Ripple, mengumpulkan lebih dari 70 persen mencapai level tertinggi hampir 9 bulan di harga USD 0,19 atau setara Rp 2.838. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Volume Perdagangan XRP Menguat 1.351 Persen

Sebelumnya, volume perdagangan XRP menggelembung dalam 24 jam terakhir, didorong oleh reli harga dan pertukaran kripto besar yang kembali memperdagangkan XRP, setelah keputusan pengadilan tentang kemenangan parsial Ripple.

Dilansir dari CoinDesk, Sabtu (15/7/2023), kepala penelitian perusahaan analitik kripto CCData, Josh de Vos mengatakan volume perdagangan pasangan XRP di bursa terpusat tumbuh secara mengejutkan sebesar 1.351 persen pada Jumat, 14 Juli 2023 dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Secara berjalan, volume perdagangan token mencapai sekitar USD 12 miliar atau setara Rp 180 triliun selama 24 jam terakhir, dibandingkan dengan awal bulan ini yang hanya sebesar USD 1 miliar atau setara Rp 15 triliun menurut data CoinGecko.

Kehebohan perdagangan terjadi ketika Coinbase, Kraken, dan bursa lainnya mendaftar ulang atau mengumumkan rencana untuk membuka kembali perdagangan dengan token di platform mereka setelah putusan pengadilan AS yang telah lama diantisipasi dalam gugatan antara Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Hakim mengatakan penjualan XRP Coin di bursa dan melalui algoritme bukan merupakan kontrak investasi, yang menghindari risiko tempat perdagangan untuk memungkinkan pengguna berdagang dengan token.

Kraken dan Bitstamp mencatatkan kembali XRP pada Jumat segera setelah keputusan tersebut. Coinbase dan Gemini mengatakan mereka berencana untuk memperkenalkan kembali perdagangan dengan token tersebut. Pertukaran yang diperangi Binance.US membuka perdagangan dengan XRP pada Jumat.

 

4 dari 4 halaman

Ripple Menang Tuntutan SEC, Banyak Pertukaran Kripto Kembali Perdagangkan XRP Coin

Sebelumnya, beberapa pertukaran kripto kembali mencantumkan token XRP Coin milik Ripple di platform mereka setelah pengadilan federal AS memutuskan pada Kamis, 13 Juli 2023 penjualan XRP Coin di bursa bukan merupakan sekuritas.

Coinbase (COIN) mengatakan pada Kamis mereka akan memulai kembali perdagangan token Ripple jika ada cukup likuiditas untuk token di platformnya. 

"Setelah pasokan yang cukup dari aset ini ditetapkan untuk diperdagangkan pada pasangan perdagangan XRP-USD, XRP-USDT dan XRP-EUR kami akan diluncurkan secara bertahap," kata Coinbase di Twitter, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (15/7/2023).

Gemini juga mengatakan bursa dapat kembali mencantumkan token mengikuti keputusan pengadilan. 

"Mengingat keputusan hari ini bahwa penjualan XRP di bursa bukanlah jaminan, Gemini sedang menjajaki daftar XRP untuk perdagangan spot dan derivatif," kata perusahaan di Twitter.

Pertukaran kripto Kraken juga mengatakan perdagangan XRP ditayangkan langsung di platformnya untuk pengguna AS. Hal itu mereka sampaikan melalui postingan blog perusahaan.

Sementara itu, Bitstamp mengatakan akan mendaftarkan ulang token tersebut di bursanya dalam pernyataan email. Bitstamp adalah salah satu bursa paling awal yang mencantumkan XRP dan tempat likuiditas terkemuka untuk aset tersebut secara global, tambahnya mencatat Ripple memiliki saham minoritas di Bitstamp.

Pengadilan menerbitkan kesimpulan dalam perintah yang mengabulkan sebagian mosi untuk keputusan ringkasan dalam kasus seminal Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) terhadap platform tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini