Sukses

Bank International Settlements Sebut Kripto Bisa Jadi Ancaman Stabilitas Keuangan

Survei ini dilakukan di tengah jumlah bank sentral yang berniat memulai debut CBDC dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta - Survei baru dari Bank for International Settlements (BIS) mengungkapkan, jika digunakan secara luas untuk pembayaran, aset kripto termasuk stablecoin dapat menjadi ancaman bagi stabilitas keuangan.

Survei ini dilakukan di tengah jumlah bank sentral yang berniat memulai debut CBDC dalam waktu dekat telah berlipat ganda sejak tahun lalu, terlepas dari malapetaka yang terjadi di pasar kripto.

"Untuk memperkuat dan mengoordinasikan pendekatan peraturan untuk menahan risiko mereka terhadap sistem keuangan, CPMI, IOSCO, FSB, dan BCBS menerbitkan panduan dan standar yang diperbarui atau baru untuk stablecoin atau aktivitas kripto dan pasar secara lebih luas,” kata BIS dalam laporannya, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (15/7/2023).

Hampir seperempat dari semua bank sentral secara global saat ini sedang merintis CBDC ritel, dengan lebih dari dua lusin mata uang digital yang didukung negara akan diluncurkan pada 2030, demikian temuan BIS.

CBDC, atau mata uang digital bank sentral, adalah bentuk digital dari mata uang negara atau zona ekonomi internasional, yang dikeluarkan oleh bank sentral entitas tersebut. CBDC mirip dengan stablecoin, mata uang kripto yang mematok nilainya pada mata uang fiat. Sejauh ini, CBDC telah dikeluarkan oleh Nigeria, Jamaika, Bahama, dan Karibia Timur.

Sebanyak 60 persen bank sentral yang disurvei mengatakan munculnya dan proliferasi stablecoin dan aset kripto lainnya telah mempercepat pekerjaan mereka di CBDC, menurut laporan tersebut.

Itu tidak berarti, bagaimanapun, siklus berita kripto yang membawa malapetaka tahun lalu telah meyakinkan semua bank sentral tentang perlunya mata uang digital yang didukung negara.

Sementara 93 persen dari semua bank sentral sedang menyelidiki CBDC dalam beberapa kapasitas, semakin banyak bank tersebut juga mengindikasikan dengan kepastian yang lebih besar mereka tidak berniat untuk menerbitkan mata uang digital dalam waktu dekat.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pejabat FSB Sebut Kripto Ancam Stabilitas Keuangan Global

Sebelumnya, gejolak di pasar kripto baru-baru ini telah memberi Dewan Stabilitas Keuangan (FSB) semakin banyak alasan untuk mengembangkan kerangka peraturan yang konsisten secara global.

Ketua dari Kelompok kerja FSB pada aset kripto, Steven Maijoor mengatakan pertumbuhan pasar kripto yang cepat di hadapan kerentanan struktural dan peraturan serta pengawasan yang tidak lengkap berarti mereka akan segera mencapai titik di mana mereka mewakili ancaman terhadap stabilitas sistem keuangan global.

Maijoor membuat komentar di Institutional Digital Assets and Crypto Regulation Symposium yang diselenggarakan oleh City & Financial Global di London.

FSB sudah mencari untuk menetapkan standar global untuk mengatur kripto, dengan laporan tahunannya, menggemakan kekhawatiran Maijoor tentang hal itu yang berpotensi mengancam stabilitas keuangan. 

Laporan itu mengatakan sejumlah kerentanan struktural kripto serupa dengan yang ada di pasar keuangan tradisional.

“Kepercayaan dibangun dalam tetes, dan hilang dalam ember. Menggambar kesejajaran antara pasar aset kripto dan kejatuhan Bank Amsterdam tiga abad lalu. ttu adalah tujuan FSB untuk belajar dari masa lalu,” kata Maijoor dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (25/11/2022).

 

 

3 dari 4 halaman

Kripto Tak Bisa Dianggap Iseng Saja

Maijoor, yang merupakan anggota dewan eksekutif bank sentral Belanda dan anggota dewan pengawas Bank Sentral Eropa, mengatakan banyak pasar kripto dicirikan oleh asimetri informasi tingkat tinggi, sehingga seringkali tidak mungkin untuk mengetahui aktor mana yang memiliki kinerja buruk. niat dan platform mana yang berisiko.

Dia juga mengatakan, “kripto tidak bisa dianggap iseng-iseng saja,” karena banyak aktivitas kripto tidak sesuai dengan peraturan yang ada atau terjadi di luar batas peraturan.

“Sifat lintas batas aset kripto menimbulkan tantangan yang jelas bagi pengawas nasional,” jelas Maijoor, 

FSB telah menerbitkan laporan terbuka untuk konsultasi publik, yang menyerukan yurisdiksi secara global untuk mengembangkan norma keuangan baru untuk risiko kripto, fokus pada peraturan internasional dan memperketat aturan untuk stablecoin.

 

4 dari 4 halaman

Menteri Keuangan Pakistan Ogah Legalkan Kripto

Sebelumnya, Pemerintah Pakistan tetap tegas menentang cryptocurrency, meskipun pengguna ritel beralih ke aset digital untuk mengurangi devaluasi rupee Pakistan di tengah kekacauan politik. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin  (30/5/2023). menteri Negara untuk Keuangan dan Pendapatan Pakistan, Aisha Ghaus Pasha menyatakan cryptocurrency “tidak akan pernah dilegalkan” di Pakistan, mengutip ketentuan yang ditetapkan oleh Satuan Tugas Aksi Keuangan (FATF) untuk menjaga negara.

Pasha menginstruksikan Bank Negara Pakistan dan Kementerian Teknologi Informasi untuk mulai bekerja melarang cryptocurrency. Bank-bank di Pakistan telah memperingatkan pelanggan untuk tidak terlibat dalam perdagangan cryptocurrency, meskipun aset digital semakin populer di negara tersebut.

Ketidakstabilan politik di Pakistan, termasuk penangkapan dan pembebasan mantan Perdana Menteri Imran Khan, telah berkontribusi pada lingkungan yang tegang. 

Di tengah kekhawatiran default berdaulat dan akses terbatas ke dolar AS fisik karena pembatasan impor, pengguna ritel Pakistan mengubah gaji mereka menjadi stablecoin untuk melakukan lindung nilai terhadap volatilitas ekonomi lebih lanjut. 

Volume perdagangan tahunan untuk dompet yang berbasis di Pakistan telah meningkat menjadi USD 25 miliar atau setara Rp 373,7 triliun (asumsi kurs Rp 14.951 per dolar AS), yang mencerminkan meningkatnya permintaan mata uang kripto.

Saat Pakistan menghadapi tantangan politik dan ekonomi, sikap pemerintah terhadap cryptocurrency bertentangan dengan minat negara tersebut terhadap aset digital dan akan membentuk masa depan adopsi mereka di negara tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini