Sukses

Ada Kekhawatiran Gugatan SEC, XRP Tumbuh Tangguh hingga Kuartal II 2023

Meskipun jaringan XRP mengalami penurunan dalam volume transaksi QoQ, terdapat peningkatan QoQ sebesar 12,7 persen dalam rata-rata transaksi non-fungible token (NFT) harian, meningkat dari 13.800 menjadi 15.500.

Liputan6.com, Jakarta Coin XRPL mengalami peningkatan secara signifikan mencapai 138.790, mewakili pertumbuhan sebesar 31,8 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Meskipun masih ada kekhawatiran atas gugatan Ripple vs SEC, XRP naik ke posisi USD 0,47 dan telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan di berbagai area protokolnya selama kuartal II 2023.

Hal itu diungkapkan oleh laporan terbaru dari platform analitik crypto Messari. Berdasarkan data Messari, market cap XRP yang beredar mengalami peningkatan Year-to-Date (YTD) sebesar 42,5 persen.

Pertumbuhan ini didorong oleh lonjakan harga aset pada kuartal I 2023. Namun, pada kuartal II, kapitalisasi pasar menurun sebesar 10,7 persen Quarter on Quarter (QoQ), dari USD 27,8 miliar menjadi USD 24,8 miliar.

Meskipun jaringan XRP mengalami penurunan dalam volume transaksi QoQ, terdapat peningkatan QoQ sebesar 12,7 persen dalam rata-rata transaksi non-fungible token (NFT) harian, meningkat dari 13.800 menjadi 15.500.

Sementara XRP memiliki kehadiran yang kuat dalam keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan ekosistem NFT, pengaruhnya sering dibayangi oleh pesaing teratas seperti Ethereum (ETH) naik ke posisi USD 1.867 dan Solana (SOL) turun ke posisi USD 22.

Namun, ada tanda-tanda tren ini mulai bergeser. Data Messari mengungkap perkembangan signifikan lainnya dalam ekosistem XRP, yaitu perluasan rantai samping XRPL. Baru-baru ini, dua protokol terkenal, Coreum dan Root Network, diperkenalkan.

Protokol-protokol ini memainkan peran penting dalam menyediakan pengembang dan pengguna XRPL dengan programabilitas yang diinginkan. Coreum menekankan keamanan ekosistem, sementara Root Network berfokus pada mendorong inovasi metaverse.

XRPL mencapai beberapa pencapaian penting, termasuk peningkatan signifikan dalam jumlah total alamat baru, yang mencapai 138.790, mewakili pertumbuhan sebesar 31,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Selain itu, pendapatan triwulanan melonjak sebesar 220,3 persen mencapai USD 188.376.

Meskipun menghadapi tantangan karena gugatan SEC, XRP telah melihat upaya dari pengembang dalam ekosistemnya untuk mendorong penerapan utilitas. Pertumbuhan yang disaksikan dalam aspek operasional penting dari XRPL mencerminkan kemajuan XRP menuju tujuannya untuk memberikan nilai dan utilitas yang berkelanjutan.

Dengan fokusnya pada tokenisasi real estat dan penelitian khusus dalam teknologi blockchain, XRP memiliki fundamental khas yang berpotensi mendorong pertumbuhan dan inovasi jangka panjang yang substansial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.