Sukses

Pasar Kripto Menguat Usai BlackRock Luncurkan Perdagangan Dana Bitcoin Spot

Rencana BlackRock meluncurkan dana perdagangan pertukaran bitcoin spot di AS menjadi sentimen positif untuk pasar kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Harga kripto naik pada Jumat, 16 Juni 2023, sehari setelah manajer aset terbesar di dunia, BlackRock meluncurkan dana perdagangan pertukaran bitcoin spot di AS. 

Dilansir dari CNBC, Sabtu (17/6/2023), ssai pengumuman BlackRock, Bitcoin berhasil menguat 3,75 persen dan diperdagangkan di kisaran USD 26.355 atau setara Rp 394,3 juta (asumsi kurs Rp 14.961 per dolar AS) menurut data CoinMetrics. Sementara itu, Ethereum naik 3 persen menjadi USD 1.718 atau setara Rp 25,70 juta.

Bahkan altcoin juta alami kenaikan signifikan, dengan token yang terkait dengan Solana dan Cardano masing-masing naik 4,5 persen dan 2 persen. Kemudian, Binance Coin menguat 2,75 persen, litecoin naik 3 persen, dan token Uniswap naik 4 persen.

Meskipun Bitcoin menguat, kripto terbesar itu masih menutup minggu ini sedikit negatif, untuk minggu kedua berturut-turut, sebesar 0,21 persen. Ethereum juga membukukan penurunan mingguan kedua berturut-turut, turun 10,84 persen. 

Investor menimbang perkembangan terbaru dalam pertempuran industri kripto dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) dengan pendekatan yang keras. Namun adanya peluncuran dana Bitcoin spot yang dilakukan BlackRock, pasar kembali optimis dengan industri kripto.

BlackRock Tawarkan Perdagangan Bitcoin

Sebelumnya, raksasa manajemen aset BlackRock meluncurkan dana yang diperdagangkan di bursa untuk Bitcoin. Dalam dokumen yang diajukan pada Kamis, 15 Juni 2023  perusahaan meminta izin untuk menjual mata uang melalui cara yang disebut iShares Bitcoin Trust.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat, 16 Juni 2023, langkah ini signifikan karena jangkauan BlackRock yang sangat besar, dan karena hal itu memungkinkan investor ritel untuk membeli Bitcoin sebagai saham ETF dari akun broker biasa. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mudahkan Investor Institusi

Demikian pula, akan memudahkan investor institusi, termasuk dana pensiun, untuk memegang aset tersebut. Dokumen ETF menyatakan Coinbase akan ditugaskan untuk memegang kepercayaan yang mendasari Bitcoin sebagai kustodian. 

Dokumen ini juga menyatakan Nasdaq akan mengawasi data penetapan harga yang menginformasikan harga pasar spot faktor yang berpotensi kritis karena Komisi Sekuritas dan Bursa sejauh ini menolak untuk mengizinkan ETF Bitcoin, dengan alasan kekhawatiran manipulasi pasar.

Harga Bitcoin, yang telah merosot karena tekanan peraturan dan kebijakan moneter hawkish dari Federal Reserve, sempat melonjak sekitar 3 persen di tengah berita pengajuan BlackRock.

Meskipun semakin mudah untuk membeli Bitcoin dalam beberapa tahun terakhir dengan semua orang mulai dari Coinbase hingga PayPal hingga Robinhood menawarkan kripto, tetapi masih belum ada cara mudah untuk mendapatkannya dalam bentuk saham tradisional. 

Hal ini terbukti menjadi hambatan bagi institusi besar, yang tunduk pada peraturan yang membatasi jenis aset yang dapat mereka miliki atas nama pelanggan mereka.

Saat ini, opsi paling populer untuk memperoleh Bitcoin dalam bentuk saham adalah Grayscale Bitcoin Trust, yang tidak diperdagangkan di bursa saham utama. Grayscale Bitcoin Trust juga membebankan biaya manajemen sekitar 2 persen per tahun, yang dianggap terlalu tinggi oleh banyak investor.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Bitcoin Rp 17,8 Miliar Berpindah Dompet Setelah 13 Tahun Tak Aktif

Sebelumnya, lebih dari USD 1,2 juta atau setara Rp 17,8 miliar (asumsi kurs Rp 14.908 per dolar AS) Bitcoin yang tidak bergerak selama lebih dari 13 tahun baru saja berpindah.

Dilansir dari Decrypt, Jumat (16/6/2023), pemilik Bitcoin dengan jumlah besar atau yang sering disebut paus baru saja mentransfer simpanan Bitcoinnya sebanyak 50 koin  ke dompet lain pada Kamis,15 Juni 2023 menurut data blockchain.

Koin-koin itu ditambang pada Juni 2010 dan tidak berpindah sejak saat itu. Banyak Bitcoin yang sebelumnya tidak tersentuh telah bergerak belakangan ini. Pada April, seorang pedagang yang tidak menyentuh koin mereka selama satu dekade memindahkan Bitcoin senilai USD 7,8 juta atau setara Rp 116,2 miliar ke dompet baru.

Hanya beberapa hari kemudian, investor jangka panjang lainnya memindahkan USD 11 juta atau setara Rp 163,9 miliar Bitcoin  setelah 11 tahun tidak aktif.

Bitcoin paus adalah investor yang menimbun cryptocurrency dalam jumlah besar, banyak di antaranya tidak menyentuhnya selama bertahun-tahun. Tidak jelas dari data blockchain apakah mereka individu, perusahaan, atau entitas lain.

Banyak investor yang melakukan ini karena dalam jangka panjang, Bitcoin terlepas dari volatilitasnya telah meningkat nilainya secara signifikan. Satu dekade yang lalu, aset tersebut dihargai di bawah USD 100 atau setara Rp 1,4 juta per koin.

Bitcoin sejauh ini masih naik hampir 25.000 persen dalam 10 tahun, menjadikan strategi penahanan jangka panjang sebagai pemenang bagi investor.

4 dari 4 halaman

Volume Perdagangan Kripto Global Merosot pada Kuartal II 2023

Sebelumnya, volume perdagangan kripto telah mencapai posisi terendah tahunan di kuartal kedua 2023, karena banyak perusahaan mengurangi perdagangan, menurut data dari Kaiko.

Dilansir dari CoinDesk, Jumat (16/6/2023), volume harian rata-rata untuk kuartal kedua 2023 adalah USD 10 miliar atau setara Rp 149 triliun (asumsi kurs Rp 14.908 per dolar AS) untuk 10 token teratas tidak termasuk stablecoin, dibandingkan dengan volume harian rata-rata USD 18 miliar atau setara Rp 268,3 triliun pada kuartal pertama tahun ini.

Ini terjadi karena tindakan keras regulasi meningkat pada bulan lalu, mungkin mendorong pedagang dan pembuat pasar untuk mundur. Pekan lalu, Binance dan Coinbase, dua bursa cryptocurrency terbesar, menerima tuntutan hukum terhadap mereka dari Securities and Exchange Commission (SEC) AS.

Dalam hal pangsa pasar token individu dari volume perdagangan di kuartal dua, bitcoin telah kehilangan sekitar 20 poin persentase sejak puncaknya pada akhir Maret. 

Ether mengungguli bitcoin, mengambil peningkatan 5 poin persentase dalam pangsa volume. BNB Binance naik dari 2 persen volume menjadi lebih dari 7 persen dalam beberapa hari terakhir di tengah ketakutan regulasi Binance.

Tak hanya volume perdagangan yang menurun akibat ketatnya aturan dari regulator AS. Pasokan Bitcoin di bursa kripto telah merosot ke level terendah sejak Februari 2018, data dari perusahaan analitik on-chain Santiment menunjukkan.

Penurunan besar terjadi baru-baru ini setelah Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) menuduh bursa utama Binance dan Coinbase menawarkan sekuritas yang tidak terdaftar kepada pelanggan AS. Ada sebanyak 6,4 persen meninggalkan bursa dalam seminggu terakhir.

Pasokan terus turun sejak 2020 ketika mencapai puncaknya di kedalaman pasar beruang saat itu. Hal ini menunjukkan pedagang dan investor terus mengambil bitcoin mereka dari bursa demi hak asuh sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini