Sukses

Shiba Inu Melonjak Saat Robinhood Delisting ADA, MATIC, dan SOL

Harga Shiba Inu tak terpengaruh di tengah Robinhood, platform perdagangan Amerika Serikat menjadi sorotan usai hapus banyak cryptocurrency.

Liputan6.com, Jakarta - Robinhood, platform perdagangan Amerika Serikat (AS) yang banyak digunakan, baru-baru ini menjadi berita utama karena menghapus banyak cryptocurrency dari platformnya.

Terlepas dari keputusan ini, Shiba Inu (SHIB) rupanya tak ikut terimbas signifikan. SHIB tidak hanya mempertahankan lintasan kenaikannya tetapi juga menctatkan lonjakan harga signifikan. Performa luar biasa ini seakan mengamini ketahanan dan popularitas Shiba Inu yang semakin meningkat di pasar crypto.

Meskipun alasan spesifik penghapusan (delisting) beberapa koin tidak diungkapkan secara resmi, ada spekulasi keputusan Robinhood mungkin dipengaruhi oleh tuntutan hukum SEC baru-baru ini terhadap bursa besar seperti Binance dan Coinbase. Berbeda dengan Cardano (ADA), Polygon (MATIC), dan Solana (SOL), Shiba Inu (SHIB) tetap tidak terpengaruh oleh pengumuman penghapusan yang dilakukan Robinhood.

Platform itu secara eksplisit menyatakan bahwa keputusan untuk menghapus cryptocurrency tertentu, seperti ADA dan MATIC, tidak akan berdampak pada ketersediaan cryptocurrency lain di platformnya, termasuk SHIB dan Dogecoin (DOGE). Perbedaan ini menyoroti dukungan berkelanjutan untuk SHIB dan DOGE, meyakinkan pengguna akan aksesibilitas tanpa gangguan mereka di Robinhood.

Melansir Cryptoheadlines, Minggu (11/6/2023), dalam satu jam terakhir harga SHIB telah mengalami lonjakan signifikan sebesar 5,88 persen, menandakan pergerakan positif untuk cryptocurrency. Selain itu, tingkat pembakaran token SHIB telah melonjak luar biasa lebih dari 3.000 persen dalam 24 jam terakhir.

Kondisi itu mencerminkan peningkatan yang mencengangkan sebesar 3874,12 persen dalam tingkat pembakaran. Lonjakan laju pembakaran ini menandakan pengurangan pasokan token SHIB yang disengaja, yang berpotensi menyebabkan peningkatan kelangkaan dan meningkatkan nilainya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mencurigakan, 2 Miliar Koin Shiba Inu Dibakar dalam 24 Jam

Sebelumnya, transaksi pembakaran Shiba Inu senilai 2 miliar baru-baru ini menimbulkan kecurigaan. Kecurigaan tersebut karena sifat dari aktivitas alamat dompet yang dilakukan pembakaran.

Untuk diketahui, tingkat pembakaran Shiba Inu (SHIB) naik 108,17 persen dalam 24 jam terakhir.

Inisiatif pembakaran Shiba Inu (SHIB) adalah salah satu aksi menonjol di tengah popularitas koin meme saat ini. Inisiatif pembakaran dilakukan untuk mengurangi pasokan yang beredar dan mendorong kenaikan harga dalam jangka panjang.

Pembakaran 2.005.265.274 koin SHIB terjadi pada 2 Mei 2023 pukul 17:20:35 +UTC. Transaksi tunggal mengirim tingkat pembakaran lebih dari 30.000 persen. Namun, transaksi pembakaran 2 miliar SHIB menimbulkan keheranan karena sifat aktivitas dompet tersebut.

Dompet pembakar Shiba Inu senilai 2 miliar menimbulkan kecurigaan. Melansir TheNewsCrypto, Jumat (5/5/2023), alamat dompet yang melakukan transaksi ternyata terbilang tidak cukup aktif dari segi jumlah transaksi.

Dalam transaksi pertama, dua miliar token SHIB diterima dari pertukaran populer Uniswap V3 yang terdesentralisasi. Setelah itu, seluruh jumlah dua miliar SHIB ditransfer ke alamat dompet pasif atau mati, mengakibatkan penghapusan token dari peredaran.

Kedua transaksi ini sudah pasti menimbulkan kecurigaan tentang apa motif di balik kegiatan pembakaran Shiba Inu senilai 2 miliar itu. Tingkat pembakaran, bagaimanapun, telah mendingin dalam 24 jam terakhir. Menurut perincian dari Shibburn, tingkat pembakaran naik 108,17 persen dengan 4,3 juta Shiba Inu terbakar selama periode ini.

 

3 dari 4 halaman

Kapitalisasi Kripto Koin Meme Turun 55 Persen dalam 5 Bulan Terakhir

Kapitalisasi pasar kripto meme coin teratas turun 55 persen dalam 5 bulan terakhir. Lima bulan lalu, mata uang kripto meme teratas berdasarkan penilaian pasar bernilai USD 33,7 miliar atau setara Rp 509,2 triliun, kemudian turun menjadi USD 14,9 miliar pada 23 September 2022.

Dilansir dari Bitcoin, Rabu (28/9/2022), aset kripto meme tertua dan terbesar, dalam hal kapitalisasi pasar, dogecoin (DOGE), masih merupakan memimpin. DOGE adalah koin kripto terbesar kesepuluh berdasarkan kapitalisasi pasar karena bernilai USD 7,97 miliar. Dari seluruh ekonomi token meme, kapitalisasi pasar dogecoin adalah 53,48 persen dari USD 14,9 miliar.

Token meme terbesar kedua adalah shiba inu (SHIB) dengan valuasi pasar USD 6,33 miliar. Kapitalisasi pasar SHIB mewakili 42,48 persen dari seluruh ekonomi koin meme dan berada di peringkat 13 di antara 12.983 aset kripto yang ada. 

Antara DOGE dan SHIB, dua token meme mendominasi koin meme kripto senilai $14,9 miliar sebesar 95,96 persen.

Dari seluruh ekonomi kripto senilai USD 965 miliar hari ini, kapitalisasi pasar DOGE dan shiba inu digabungkan setara dengan 1,483 persen pada Jumat, 23 September 2022. Aset koin meme terbesar ketiga adalah koin bayi doge (BABYDOGE), tetapi kapitalisasi pasarnya jauh lebih kecil yaitu USD 178,90 juta.

Penilaian pasar BABYDOGE setara dengan 1,2 persen dari keseluruhan ekonomi koin meme. Selama dua minggu terakhir, koin baby doge kehilangan 3,3 persen dan selama sebulan terakhir, token meme itu turun 16,4 persen.

 

4 dari 4 halaman

Kripto Shiba Inu Perkasa, Kecipratan Untung Elon Musk Ubah Logo Twitter Jadi Dogecoin

Sebelumnya, koin Shiba Inu dibuat secara anonim pada Agustus 2020 dengan nama samaran "Ryoshi". Koin meme ini dengan cepat mendapatkan kecepatan dan nilai karena komunitas investor tertarik dengan pesona lucu koin, dipasangkan dengan berita utama dan Tweet dari kepribadian seperti Elon Musk dan Vitalik Buterin.

Shiba Inu bertujuan untuk menjadi mitra berbasis Ethereum untuk algoritma penambangan berbasis Srypt Dogecoin. Token Shiba Inu dan SHIB adalah bagian dari kumpulan cryptocurrency bertema anjing, termasuk Baby Dogecoin (BabyDoge), Dogecoin (DOGE), JINDO INU (JIND), Alaska Inu (LAS), dan Alaskan Malamute Token (LASM). 

Shiba Inu menjadi salah satu kripto terpopuler dan masuk dalam 15 kripto jajaran teratas berdasarkan kapitalisasi pasar. Shiba Inu (SHIB) juga menjadi meme coin terbesar kedua setelah pendahulunya yaitu Dogecoin.

Harga kripto Shiba Inu turut menguat usai CEO Twitter, Elon Musk mengganti logo Twitter yang awalnya burung biru menjadi anjing Shiba Inu yang merupakan maskot kripto SHIB Coin. 

Setelah perubahan itu, harga Shiba Inu sontak meroket dalam sehari terakhir dan sepekan, lantas bagaimana gerak SHIB Coin hari ini?

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu (5/4/2023) SHIB Coin menguat 1,41 persen dalam 24 jam terakhir dan 8,19 persen sepekan. Harga SHIB Coin saat ini berada di level Rp 0,1703 dengan volume perdagangan 24 jam terakhir sebesar Rp 5,1 triliun.

Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 14. SHIB Coin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 100,1 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 549 triliun SHIB Coin dari maksimal suplai tidak tersedia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.