Sukses

Pasar Kripto Menguat di Tengah Tuntutan SEC Kepada Binance dan Coinbase

Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar baru-baru ini, Bitcoin melonjak di atas USD 27.000

Liputan6.com, Jakarta Pasar kripto kembali pulih pada perdagangan Rabu, 7 Juni 2023 dengan Bitcoin memimpin penguatan di tengah pukulan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) kepada beberapa pelaku industri kripto di AS.

Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar baru-baru ini, Bitcoin melonjak di atas USD 27.000 atau setara Rp 401,6 juta (asumsi kurs Rp 14.875 per dolar AS), naik hampir 6 persen selama 24 jam terakhir. 

Pada Selasa, BTC sempat turun mendekati USD 25.400 atau setara Rp 377,8 juta karena investor sudah gelisah selama berbulan-bulan mengalami bencana aset digital setelah SEC menggugat Binance karena telah melanggar undang-undang sekuritas.

Pasar kripto yang lebih luas juga pulih sejak Selasa malam, meskipun agak kurang dari BTC. ETH, kripto terbesar kedua berdasarkan nilai pasar, baru-baru ini berpindah tangan sedikit di bawah USD 1.900 atau setara Rp 28,6 juta, naik 4,5 persen dalam waktu yang sama. 

ADA dan SOL, token dari platform smart contract Cardano dan Solana, baru-baru ini naik lebih dari 1 persen sehari setelah anjlok masing-masing lebih dari 8 persen dan 10 persen. 

Token asli BNB Binance juga berada di wilayah positif, sementara MATIC Polygon turun 1 persen. SEC mendaftarkan token tersebut dan sembilan lainnya sebagai sekuritas yang tidak terdaftar dalam dua tuntutan hukum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bitcoin Diuntungkan

Khususnya, SEC menghindari menyebutkan BTC dan ETH dalam pengajuannya terhadap Binance dan Coinbase, tanda yang meyakinkan bagi investor regulator AS mempertimbangkan kedua komoditas token tersebut.

Dalam laporan pasar pada Selasa, analis senior perusahaan riset crypto K33 Research Vetle Lunde, menganggap penurunan tajam awal BTC setelah gugatan Binance sebagai reaksi berlebihan.

“Bitcoin diklasifikasikan sebagai komoditas. Orang Amerika dapat membeli BTC melalui banyak bursa, dana yang diperdagangkan di bursa, aplikasi pembayaran, dan banyak lagi. Likuiditas dapat berkonsolidasi lebih jauh menuju Coinbase dan Kraken, tetapi pasar tidak boleh jatuh 5 persen karena perkembangan ini,” kata Lunde, dikutip dari CoinDesk, Rabu (7/6/2023).

 

3 dari 3 halaman

Kata Analis

Dalam laporan pasar lainnya, analis pasar senior Edward Moya di platform perdagangan Oanda, menulis tindakan keras SEC terhadap altcoin bahkan dapat menguntungkan bitcoin.

“Bitcoin menjadi perdagangan yang menarik di sini karena banyak investor kripto mungkin memutuskan untuk menyerah pada sebagian besar altcoin dan tetap menggunakan apa yang paling berhasil sejak kripto dibuat,” tulis Moya.

Moya menambahkan, dengan SEC menamai Solana, Polygon, Cardano, dan BNB sebagai sekuritas, beberapa pedagang mungkin memutuskan untuk meninggalkan posisi tersebut di bursa utama mana pun, mengalihkan posisi ke dompet dingin, atau menutup posisi mereka dan membuka kembali bitcoin.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini