Sukses

Kapitalisasi Kripto Berbasis AI Anjlok Rp 16,4 Triliun, Kenapa?

Pada puncaknya, pasar kripto berbasis AI mencatat volume perdagangan 24 jam senilai USD 444,39 juta .

Liputan6.com, Jakarta Pada awal 2023 meningkatnya produk yang menggabungkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) melihat peningkatan signifikan dan ini masuk ke industri kripto. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (29/5/2023), tren AI meresap ke dalam lingkup cryptocurrency, menghasilkan hingga 74 token yang berpusat pada AI dengan total kapitalisasi pasar keseluruhan sebesar USD 4,03 miliar atau setara Rp 60,2 triliun (asumsi kurs Rp 14.955 per dolar AS) pada akhir Februari 2023. 

Pada puncaknya, pasar kripto berbasis AI mencatat volume perdagangan 24 jam senilai USD 444,39 juta atau setara Rp 6,6 triliun pada 27 Februari 2023.

Saat ini, volume perdagangan dan valuasi pasar dalam sektor AI kripto telah menurun secara signifikan. Data dari cryptostate mengungkapkan total 89 aset ktipyo yang terkait dengan AI saat ini bernilai USD 2,93 miliar atau setara Rp 43,8 triliun.

Secara keseluruhan, kapitalisasi pasar kripto berbasis AI telah kehilangan nilai sekitar USD 1,1 miliar atau setara Rp 16,4 triliun dalam 90 hari terakhir. 

Kripto AI terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, grafik (GRT Coin), kehilangan 12,27 persen. Singularitynet (AGIX), peringkat kedua dalam hal kapitalisasi pasar di antara AI kripto, kehilangan 8,25 persen terhadap dolar AS selama periode ini.

Selain itu, protokol OCEAN mengalami penurunan 3,66 persen terhadap dolar AS, sementara FET mengalami kerugian paling signifikan di antara lima mata uang AI teratas dalam sebulan terakhir, turun 22,84 persen. 

Adapun iexec rlc (RLC), koin AI terbesar kelima berdasarkan kapitalisasi pasar, mengalami kerugian minimal hanya 0,05 persen dalam 30 hari terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Space Pepes Cetak Rekor Koleksi NFT Bitcoin Terlaris

Space Pepes NFT menggemparkan dunia kripto dengan transaksi senilai USD 7,4 juta yang belum pernah terjadi sebelumnya di blockchain Bitcoin.

Space Pepes adalah inisiatif NFT multi-chain yang akan mencetak 100 NFT unik pada masing-masing dari sepuluh blockchain yang berbeda. Tanpa diduga, koleksi NFT terbesar dalam hal volume mingguan itu ternyata adalah perusahaan berbasis Bitcoin.

Hanya dalam tujuh hari, inisiatif Space Pepes NFT telah menghasilkan transaksi sekitar USD 7,4 juta, melampaui proyek terkenal seperti Bored Ape Yacht Club. Perubahan ini sangat mengesankan mengingat penghentian NFT sebelumnya pada Bitcoin termasuk Space Pepes.

Melansir laman Cryptopolitan, Minggu (28/5/2023), NFT yang sukses secara historis lebih menyukai Ethereum sebagai blockchain pilihan mereka.

Namun demikian, hegemoni Ethereum dapat segera ditantang jika lonjakan Ordinals Bitcoin berlanjut. Pasalnya, Bitcoin telah ada untuk sementara waktu dan memiliki nilai pasar yang lebih tinggi.

Menurut analisis sebelumnya dari CryptoSlam, blockchain Bitcoin mencatat volume NFT tertinggi kedua di minggu sebelumnya sebesar USD 35,8 juta.

Munculnya Bitcoin sebagai pemain dominan di ruang ini karena lingkungan NFT terus berubah, menandakan potensi pergolakan seismik dalam ekosistem blockchain. Lonjakan tersebut telah didukung oleh Bitcoin Ordinals khususnya Space Pepes.

Daya tarik terbaru bagi para penggemar seni digital di ranah Web3 adalah gambar pixelated dari komik "Pepe the Frog" yang terbang melintasi angkasa.

 

3 dari 3 halaman

Kinerja

Space Pepes ini masing-masing harganya sedikit di bawah USD 100, dan data menunjukkan bahwa 19 Mei merupakan volume perdagangan tertinggi. Sejak itu, volume perlahan menurun.

Fakta bahwa angka mingguan ini melebihi koleksi terkenal berbasis Ethereum Bored Apes Yacht Club (BAYC) menunjukkan pola peningkatan karya seni berbasis Bitcoin yang mengungguli kreator-kreator jaringan lain, seperti Solana dan Polygon, yang lebih dikenal oleh kolektor.

Volume gabungan BAYC dan Mutant Ape Yacht Club (MAYC), koleksi lain dari artis yang sama, mencapai USD 9 juta. Gods Unchained, sebuah game berbasis ImmutableX, menghasilkan volume USD 4 juta, sedangkan koleksi Milady yang kontroversial menghasilkan perdagangan senilai USD 3 juta.

Akibatnya, NFT Bitcoin menghasilkan sekitar USD 167 juta dalam volume perdagangan selama tiga puluh hari terakhir, jauh lebih sedikit daripada Ethereum yang mendekati USD 397 juta.

Namun, menurut Cryptoslam, penjualan NFT di jaringan Bitcoin tertinggal sekitar USD 57 juta, hampir tiga kali lipat penjualan di jaringan Solana.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.