Sukses

Amerika Serikat Persulit Penambangan Bitcoin, Joe Biden Bakal Pungut Pajak 30 Persen

Amerika Serikat (AS) bakal mempersulit bitcoin seiring Presiden AS Joe Biden usulkan pajak hingga 30 persen untuk penambangan kripto. Pajak tersebut, akan meningkat sekitar USD 3,5 miliar atau setara Rp 52,2 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Amerika Serikat (AS) akan mempersulit penambangan bitcoin karena rencana Presiden Joe Biden telah mengusulkan pajak hingga 30 persen untuk penambangan kripto.

Rencana ini ditujukan untuk mencegah masalah ekonomi dan lingkungan, tetapi para ahli mengatakan rencana tersebut akan sulit diterapkan. 

Diperkenalkan dalam anggaran federal Presiden Joe Biden 2024, proposal untuk pajak cukai Digital Asset Mining Energy (DAME) akan mengenakan pajak hingga 30 persen dari biaya listrik penambang kripto dengan peningkatan 10 persen yang tersebar selama tiga tahun mulai Januari 2024.

Pajak tersebut akan meningkat sekitar USD 3,5 miliar atau setara Rp 52,2 triliun (asumsi kurs Rp 14.963 per dolar AS) selama 10 tahun, diarahkan untuk memerangi perubahan iklim.

Saat ini, perusahaan penambangan kripto tidak perlu membayar biaya penuh yang mereka berikan kepada orang lain, dalam bentuk pencemaran lingkungan lokal, harga energi yang lebih tinggi, dan dampak peningkatan emisi gas rumah kaca terhadap iklim.

“Pajak DAME mendorong perusahaan untuk mulai memperhitungkan dengan lebih baik kerugian yang mereka timbulkan pada masyarakat," tulis Dewan Penasihat Ekonomi Presiden (CEA) dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Investopedia, Sabtu (20/5/2023).

CEA memperkirakan penambangan kripto di Amerika Serikat mengkonsumsi listrik sebanyak pada 2022 seperti semua komputer rumah atau penerangan perumahan di negara itu.

Khususnya, pajak yang diusulkan Biden pada penambangan kripto akan memengaruhi bitcoin lebih dari pasar kripto lainnya, karena ini adalah satu-satunya jaringan kripto utama yang menggunakan konsensus bukti kerja (PoW) sebagai mekanisme dasarnya untuk mencapai konsensus. 

Jaringan lain, seperti Ethereum dan BNB Chain, menggunakan metode alternatif yang dikenal sebagai proof-of-stake (PoS), yang menggunakan lebih sedikit energi. Industri kripto, bagaimana pun, berpendapat sebagian besar penambangan kripto bergantung pada sumber energi yang berkelanjutan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Regulator Inggris Bakal Sita Kripto Milik Pebisnis Mangkir Bayar Pajak

Sebelumnya, regulator pajak di Inggris, HM Revenue and Customs (HMRC) sedang mempertimbangkan untuk memperkenalkan aturan yang akan memungkinkannya menyita cryptocurrency dari bisnis yang gagal membayar pajak mereka.

Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan proposal yang akan memberikan wewenang kepada agen pajak untuk mengakses dompet online sebagai bagian dari rencana untuk memodernisasi cara pengumpulan pajak di era digital.

HMRC sudah dapat menyita dana dari rekening bank ketika individu gagal membayar pajak di bawah kekuasaan "pemulihan utang langsung", tetapi sedang mempertimbangkan untuk memperluasnya ke rekening pembayaran online seperti PayPal.

Dokumen konsultasi dari HMRC meningkatkan prospek ini dapat mencakup dompet cryptocurrency bisnis jika mata uang virtual menjadi cara umum untuk melakukan pembayaran online.

Prospek menyita kripto dari dompet akan dilihat sebagai tindakan keras terbaru di sektor ini, yang dituduh mengizinkan pencucian uang dan aktivitas kriminal. Cryptocurrency seperti Bitcoin telah disebut-sebut sebagai cara untuk memberi pemilik kendali atas keuangan mereka di luar kendali pemerintah.

Sementara dompet cryptocurrency yang dioperasikan oleh individu hanya dapat diakses oleh pemiliknya, dompet di bursa online terpusat seperti Coinbase, Binance, dan Kraken dapat tunduk pada aturan.

Lembaga penegak hukum saat ini dapat menyita cryptocurrency dari pertukaran ini ketika mereka mendeteksi aktivitas kriminal.

“Jika peraturan lebih lanjut diterapkan seputar mata uang digital, mungkin dompet cryptocurrency dapat menjadi metode yang lebih populer untuk membayar barang dan jasa,” kata dokumen konsultasi HMRC, dikutip dari Yahoo Finance, Senin (8/5/2023). 

Pemerintah mengatakan akan melanjutkan dan memberi HMRC kekuatan untuk menyita dana dari dompet digital, meskipun tidak jelas apakah ini akan meluas ke cryptocurrency.

 

3 dari 4 halaman

Kazakhstan Raup Rp 102,7 Miliar dari Pajak Perusahaan Penambangan Kripto

Sebelumnya, Pemerintah Kazakhstan telah mengumpulkan lebih dari USD 7 juta atau setara Rp 102,7 miliar (asumsi kurs Rp 14.674 per dolar AS) pajak 2023 dan tahun lalu dari perusahaan penambangan kripto di negara tersebut. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Sabtu (6/5/2023), berita tersebut muncul di tengah meningkatnya tekanan peraturan yang membatasi akses industri ke energi murah sambil meningkatkan beban pajaknya.

Penambang kripto di Kazakhstan  diharuskan membayar pajak dan biaya sejak 1 Januari tahun lalu. Pada 2023, mereka telah mentransfer sekitar USD 540.000 atau setara Rp 7,9 miliar ke anggaran pemerintah Kazakhstan, paling lambat 27 April. 

Semua pembayaran jatuh tempo untuk kuartal pertama harus dilakukan sebelum 25 Mei, kementerian keuangan mengingatkan. 

Pada 6 Februari 2023, Presiden Kassym-Jomart Tokayev menandatangani undang-undang baru “Tentang Aset Digital di Republik Kazakhstan,” yang beberapa ketentuannya belum berlaku. 

Ini mengatur aktivitas terkait kripto, seperti penambangan, dan disertai dengan amandemen kode pajak. Terutama, undang-undang membatasi akses penambang ke listrik murah setelah mereka disalahkan atas kekurangan daya.

Menurut Koordinator Senior untuk Hubungan Pemerintahan di Asosiasi Nasional Industri Blockchain dan Pusat Data di Kazakhstan, Sergey Putra penerapan undang-undang tersebut menunjukkan minat Kazakhstan dalam pengembangan industri kripto secara umum. 

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

4 dari 4 halaman

Insentif Pajak di Swedia Bakal Dihapus, Industri Penambangan Kripto Jadi Korban

Sebelumnya, Swedia, salah satu negara di Eropa yang menjadi rumah terakhir bagi penambang bitcoin bakal menghapus insentif pajak untuk pusat data pada Juli  2023. Ini berpotensi memberi dampak bagi industri penambangan kripto di Swedia.

Dilansir dari CoinDesk, Selasa (18/4/2023), harga energi di Eropa telah melonjak dalam satu tahun terakhir sebagian besar karena perang di Ukraina, mengusir penambang bitcoin di berbagai negara. 

Wilayah paling utara Norwegia dan Swedia adalah beberapa wilayah terakhir di mana industri ini masih menguntungkan dan beroperasi meskipun pemainnya telah menipis.

Swedia awalnya dipilih karena mereka menawarkan lingkungan yang ideal untuk pusat data dan rumah bagi pembangkit listrik tenaga air murah. Swedia mulanya p tidak terpengaruh oleh krisis energi, yang menyebabkan kenaikan harga dan beberapa penambang menghentikan operasi mereka pada 2022.

Harga energi mulai normal pada 2023, tetapi pajak yang akan datang kemungkinan akan menghentikan investasi baru di Swedia, yang saat ini menampung sekitar 150 megawatt (MW) pertambangan kripto. Pajak akan meningkat mulai Juli tahun ini, menurut anggaran keuangan yang diterbitkan pada November 2022.

Berdasarkan harga listrik rata-rata tahun lalu, kenaikan pajak dapat membawa biaya energi keseluruhan meningkat 

Analis senior di perusahaan jasa pertambangan kripto, Luxor Technologies Jaran Mellerud mengatakan mesin tambang yang paling efisien saat ini MicroBT Whatsminer M30s, akan berada pada titik impas mengingat kondisi pasar saat ini.

Tak hanya Swedia, Norwegia, yang saat ini menampung 250-300 Mega Watt pertambangan kripto, juga menaikkan pajaknya dari USD 0,0086 atau setara Rp 127,13 (asumsi kurs Rp 14.782 per dolar AS) menjadi USD 0,015 atau setara Rp 221,74 per kWh pada Januari 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.