Sukses

Kalahkan Emas dan Real Estate, Bitcoin Jadi Aset Berkinerja Terbaik Sepanjang 2022

Bitcoin juga menduduki puncak daftar bank investasi global sebagai aset dengan pengembalian yang disesuaikan dengan risiko tertinggi di atas emas

Liputan6.com, Jakarta Laporan terbaru dari Bank investasi global Goldman Sachs mengungkapkan telah menempatkan bitcoin sebagai aset berkinerja terbaik secara year-to-date (YTD). 

Dilansir dari Bitcoin.com, Kamis (2/2/2023), Goldman Sachs telah menempatkan bitcoin sebagai aset dengan kinerja terbaik sepanjang tahun ini. 

Bitcoin juga menduduki puncak daftar bank investasi global sebagai aset dengan pengembalian yang disesuaikan dengan risiko tertinggi di atas emas, real estat, S&P 500, dan Nasdaq 100.

Laporan tersebut juga mencakup grafik kinerja pasar oleh Goldman Sachs yang menunjukkan total pengembalian 25 pasar teratas serta pengembalian yang disesuaikan dengan risiko tahun ini.

Bitcoin menduduki puncak daftar pengembalian total sebesar 27 persen, diikuti oleh MSCI Emerging Markets Index sebesar 8 persen.

BTC juga berada di puncak daftar pengembalian yang disesuaikan dengan risiko Goldman Sachs, dengan Sharpe Ratio 3,1. 

Emas, yang oleh banyak orang dibandingkan dengan bitcoin sebagai penyimpan nilai dan lindung nilai terhadap inflasi, mendapat peringkat beberapa tempat di bawah BTC pada daftar pengembalian total dan yang disesuaikan dengan risiko. 

Logam tersebut memiliki pengembalian total 6 persen year-to-date dan Sharpe Ratio 2, menurut bagan Goldman. Rasio Sharpe yang lebih tinggi menunjukkan investasi tersebut telah menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi untuk tingkat risiko tertentu.

Namun, Goldman Sachs mengatakan pada Desember tahun lalu emas adalah “diversifikasi portofolio” yang lebih baik daripada BTC karena kemungkinan tidak terlalu terpengaruh oleh kondisi keuangan yang lebih ketat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Analis

Selain itu, analis bank percaya bahwa emas telah mengembangkan kasus penggunaan non-spekulatif sementara bitcoin masih mencarinya.

Goldman Sachs telah memasuki ruang kripto selama beberapa tahun. Perusahaan secara resmi mendirikan meja perdagangan cryptocurrency pada Mei 2021. 

Pada Januari tahun lalu, bank investasi memperkirakan BTC dapat mencapai USD 100.000 atau setara Rp 1,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.014 per dolar AS) karena kripto terus mengambil pangsa pasar emas. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.