Sukses

Naik Maskapai Spanyol Ini Bisa Bayar Pakai Kripto

Layanan ini merupakan kemitraan perusahaan dengan pertukaran kripto nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Vueling, salah satu maskapai penerbangan hemat dari Spanyol yang berkembang setelah pembatasan perjalanan Covid-19 berakhir, mengambil langkah pertamanya untuk menerima kripto sebagai pembayaran untuk layanannya.

Perusahaan mengumumkan pada 14 Januari 2023 sedang memeriksa penggunaan teknologi blockchain dan NFT untuk memungkinkan pelanggan memperoleh tiket pesawat dengan kripto.

Untuk layanan ini, Vueling bermitra dengan Criptan, bursa nasional yang telah terdaftar di Bank Spanyol, untuk melayani sebagai perusahaan pembayaran, memproses dan menyelesaikan pesanan pelanggan menggunakan kripto.

Manajer aliansi dan distribusi Vueling, Jesus Monzo mengatakan Vueling menyatakan langkah ini akan mengubahnya menjadi maskapai penerbangan bertarif rendah pertama yang menerima kripto sebagai alat pembayaran di Eropa.

“Perjanjian ini menempatkan kami di garis depan teknologi dan inovasi baru, semakin memperkuat komitmen kami kepada pelanggan kami dan menawarkan alat dan solusi terbaik dan tercanggih di situs web kami,” kata Monzo dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (25/1/2023). 

Adapun CEO Criptan, Jorge Soriano mengungkapkan perusahaan yakin pengenalan pembayaran kripto dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan menunjukkan kepada pelanggan potensi yang ada di balik penerapan solusi tersebut.

Fungsionalitas ini diharapkan tersedia di situs web maskapai pada Q3 2023, dan akan menggunakan teknologi UATP, jaringan pembayaran global untuk maskapai penerbangan, meskipun perusahaan belum mengindikasikan mata uang kripto mana yang akan diterima.

Maskapai Penerbangan dan Kripto

Maskapai lain telah memperkenalkan kripto dan bahkan NFT sebagai bagian dari operasi pembayaran mereka. Salah satunya adalah Flybondi, sebuah maskapai penerbangan Argentina, yang mengumumkan akan menerbitkan tiket pesawat sebagai NFT pada September 2022.

Ini memungkinkan pengguna untuk menjual tiket di pasar sekunder. Sebagai bagian dari aliansi itu, perusahaan juga akan menerima pembayaran dalam stablecoin seperti USDC, menggunakan Binance Pay sebagai mitra pemrosesan pembayaran.

Tetapi bahkan sebelum itu, pemerintah Venezuela melaporkan akan menerima beberapa cryptocurrency sebagai pembayaran tiket pesawat pada Oktober 2021, termasuk di antaranya token nasional, petro.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)

    NFT

  • USDC

  • Blockchain