Sukses

CEO PayPal David Marcus Prediksi Crypto Winter Berlangsung hingga 2024

Runtuhnya FTX menambah crypto winter yang sudah menyedihkan. Dua kripto terbesar bitcoin dan ethereum turun lebih dari 60 persen year to date.

Liputan6.com, Jakarta - CEO PayPal David Marcus prediksi crypto winter belum berakhir dalam waktu dekat. Melalui unggahan di blog, ia prediksi bagaimana kinerja sektor kripto pada 2023.

Melalui unggahan tersebut, pertama, Marcus melihat ke belakang pada 2022 dengan mencatat kebangkrutan FTX. Pertukaran kripto senilai USD 32 miliar telah memimpin di kripto setelah gandeng atlet Tom Brady dan selebritas lainnya untuk meningkatkan citra. Namun, bulan lalu, FTX runtuh sehingga menguncang kepercayaan di sektor kripto dan mendorong seruan untuk regulasi lebih ketat.

Pendiri FTX Sam Bankman-Fried telah didakwa oleh pihak berwenang Amerika Serikat dengan delapan pelanggaran pidana mulai dari penipuan, pencucian uang, konspirasi melakukan penipuan. Diperkirakan akan menjalani hukuman penjara panjang.

"Untuk kripto, itu adalah tahun yang lebih menantang,” tulis Marcus dikutip dari Yahoo Finance, Senin (2/1/2023).

Marcus melihat semua keburukan dari tahun ke tahun awal keserakahan dari wall street terulang kembali. “Hal ini dengan keruntuhan yang cepat merembet ke perusahaan lain, yang paling mengerikan dan mengejutkan adalah FTX menutup tahun ini dengan dosis drama tambahan dan sangat tidak perlu,” ia menambahkan.

Runtuhnya FTX menambah crypto winter yang sudah menyedihkan. Dua kripto terbesar bitcoin dan ethereum turun lebih dari 60 persen year to date. Saham pertukaran kripto Coinbase anjlok 86 persen.

Marcus menuturkan, pemulihan kripto akan memakan waktu bertahun-tahun. Namun, ia melihat sedikit kelegaan ke depan.

"Kami tidak akan keluar dari crypto winter ini pada 2023 dan mungkin juga tidak pada 2024,” tulis dia.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perlu Beberapa Tahun Pasar untuk Pulih

Ia menegaskan, perlu beberapa tahun bagi pasar untuk pulih dari pelaku industri yang tidak bertanggung jawab dan untuk regulasi yang bertanggung jawab.

Sementara itu, CEO Coinbase Brian Armstrong juga mencatat aktor buruk industri awal bulan ini. “Kita harus berdamai sebagai industri dengan fakta, saya pikir industri kita menarik bagian yang tidak proporsional dari penipu dan penipu,” ujar dia.

Pekan lalu, Senator dan Ketua Komite Perbankan Senat Sherrod Brown menuturkan, kripto tidak mendapatkan gratis karena cerah. “Hal-hal yang terlihat dan berperilaku seperti sekuritas, komoditas, dan produk perbankan perlu diatur dan diawasi oleh instansi yang bertanggung jawab melayani konsumen,” ujar dia.

Marcus mencatat, kepercayaan konsumen akan membutuhkan waktu beberapa tahun untuk kembali dibangun. “Tetapi pada akhirnya saya yakin ini akan terbukti menjadi pengaturan ulang yang bermanfaat bagi pelaku industri yang sah dalam jangka panjang,” ujar dia.

Ia menambahkan, dalam kripto, keserakahan bertahun-tahun akan memberi ruang bagi aplikasi dunia nyata. “Tahun-tahun membuat token begitu saja dan menghasilkan jutaan telah berakhir. Musik telah berhenti. Kami kembali ke program regular kami untuk menciptakan nilai nyata dan memecahkan masalah dunia nyata,” kata dia.

3 dari 4 halaman

Nilai Bitcoin Anjlok 63 Persen pada 2022

Sebelumnya, 2022 menjadi tahun buruk bagi pasar kripto tak terlepas untuk Bitcoin sebagai kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. Pada 20 Desember 2021, bitcoin diperdagangkan di level USD 46.406 (Rp 725,4 juta) saat ini Bitcoin di perdagangan di kisaran USD 16.000, ini berarti telah kehilangan sekitar 63 persen nilai tahun ini.

Dilansir dari CNBC, Selasa (27/12/2022), harga kemungkinan akan turun lebih jauh ketika pedagang dan perusahaan kripto mulai melihat mereka tidak memiliki aliran tanda yang tak ada habisnya yang bersedia menopang harga kripto.

Kripto dianggap sebagai aset yang sangat fluktuatif yang tunduk pada fluktuasi dan penurunan harga yang tidak dapat diprediksi. Untuk alasan ini, pakar keuangan biasanya menyarankan untuk tidak berinvestasi lebih banyak ke dalam kripto daripada yang berpotensi hilang.

Dalam pukulan terbaru ke ruang kripto, Core Scientific, salah satu perusahaan penambangan kripto yang diperdagangkan secara publik terbesar di AS, yang terutama mencetak bitcoin, mengajukan kebangkrutan pada 21 Desember, akibat penurunan harga kripto dan kenaikan biaya energi.

 

4 dari 4 halaman

Runtuhnya FTX

Selain itu, runtuhnya FTX, platform perdagangan kripto bangkrut yang pernah bernilai USD 32 miliar, telah menghancurkan kepercayaan investor karena efek dari keruntuhan perusahaan terus menyebar ke seluruh industri kripto.

Sekitar 60 persen orang Amerika sekarang percaya berinvestasi dalam mata uang digital sangat berisiko naik dari 45 persen pada 2021, menurut survei CNBC Make It: Your Money baru-baru ini, yang dilakukan dalam kemitraan dengan Momentive. Sekitar 26 persen lainnya percaya itu cukup berisiko.

Hanya 8 persen orang Amerika yang memiliki pandangan positif tentang cryptocurrency pada November 2022, menurut Survei Ekonomi Seluruh Amerika CNBC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.