Sukses

Pertukaran Kripto di Argentina Lemon Cash PHK 100 Karyawan

Liputan6.com, Jakarta - Lemon Cash, pertukaran kripto yang beroperasi di Argentina dan Brasil, memangkas 38 persen tenaga kerjanya atau sekitar 100 karyawan pada Kamis, 24 November 2022 akibat lingkungan industri yang menantang dan permodalan dari ventura yang sulit.

CEO Lemon Cash, Marcelo Cavazzoli mengatakan PHK yang terjadi di Lemon Cash adalah yang terbesar dibandingkan perusahaan kripto di negara Amerika Latin lainnya. 

Pada Mei, Buenbit memberhentikan 45 persen stafnya, sekitar 80 karyawan, karena apa yang disebut pertukaran kripto sebagai "perbaikan global" dalam industri teknologi. Bitso, pertukaran lain, juga memberhentikan 80 karyawan pada Mei.

"Kami tidak tahu kapan pasar modal ventura akan pulih, apalagi untuk perusahaan yang berada dalam tahap pertumbuhan tinggi antara Seri A dan Seri C,” kata Cavazzoli, dikutip dari CoinDesk, Jumat (25/11/2022).

Pada Juli 2021, Lemon mengumpulkan USD 16,3 juta (Rp 254,7 miliar) dalam putaran pendanaan Seri A yang dipimpin oleh dana Inggris Kingsway Capital. Perusahaan telah memperpanjang putaran, menambahkan  USD 27,8 juta dan menaikkan total menjadi USD 44,1 juta.

"Perpanjangan itu memberi kami tulang punggung untuk melewati musim dingin yang kami lihat datang pada tingkat investasi. Kami tidak bergantung pada lebih banyak investasi untuk beberapa tahun ke depan. Jika pasar pulih lebih cepat, bagus, tapi itu bukan sesuatu yang akan kami kejar," lanjut Cavazzoli.

Lemon telah merencanakan untuk mengerahkan hampir seluruh dana untuk ekspansinya di Brasil. Mengingat konteks saat ini, perpindahannya ke negara Amerika Selatan akan lebih strategis dan khusus. 

Pertukaran juga menempatkan rencana untuk memperluas ke Chile, Kolombia, Ekuador, Peru dan Uruguay pada akhir 2022.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pertukaran Kripto Coinbase Berhentikan 60 Karyawan

Sebelumnya, Coinbase memberhentikan lebih dari 60 staf di departemen perekrutan dan orientasi institusionalnya. PHK Coinbase terbaru ini terjadi hanya lima bulan setelah bursa memberhentikan 18 persen stafnya untuk mempersiapkan musim dingin kripto.

Dilansir dari Decrypt, Jumat (11/11/2022), CEO Brian Armstrong sebelumnya mengatakan Coinbase harus membersihkan karyawannya. Putaran PHK terbaru Coinbase adalah tanda pertukaran masih mencoba untuk memotong biaya di pasar bearish atau koreksi yang sedang berlangsung.

Pada Juni, Coinbase juga membekukan proses perekrutan dan membatalkan tawaran pekerjaan yang telah diberikan kepada kandidat, beberapa di antaranya kemudian mengungkapkan rasa frustrasi mereka secara online.

Coinbase tampaknya tengah berjuang di pasar beruang ini pendapatan kuartalannya turun 28 persen dan volume perdagangan turun 27 persen selama Q3 tahun ini. Saham Coinbase juga turun hampir 80 persen tahun ini dan turun 27,4 persen bulan ini.

Pertukaran itu juga baru saja kehilangan Chief Product Officer-nya, Surojit Chatterjee, yang merupakan mantan pekerja Google tiga tahun lalu. Chatterjee mengambil cuti dan akan menjadi penasihat Armstrong hingga setidaknya Februari 2023, menurut pengarsipan Coinbase dengan SEC.

Di tengah berita buruk dari pertukaran kripto FTX, Armstrong mengatakan Coinbase tidak memiliki eksposur terhadap pertukaran saingan yang runtuh, FTX atau perusahaan saudaranya Alameda Research.

Dan Ark Invest Cathie Wood tampaknya tertarik dengan saham Coinbase meskipun anjlok tahun ini. Perusahaan membeli saham COIN senilai USD 21,4 juta awal pekan ini.

 

3 dari 4 halaman

Terdampak Kasus 3AC, Perusahaan Kripto Ini PHK 150 Karyawan

Sebelumnya, Perusahaan startup kripto Blockchain.com mengatakan pihaknya memberhentikan 25 persen stafnya atau sekitar 150 karyawan, dengan alasan kondisi pasar yang keras.

Blockchain.com adalah salah satu dari banyak perusahaan yang terdampak dari bankrutnya perusahaan dana lindung nilai kripto Three Arrows Capital (3AC). Pemberhentian karyawan dengan jumlah banyak ini kemungkinan salah satu dampak 3AC yang mulai menyebar.

Dilansir dari CNBC, Jumat (22/7/2022), Blockchain.com sendiri telah meminjamkan 3AC USD 270 juta atau sekitar Rp 4 triliun dalam bentuk kripto dan diperkirakan akan kehilangan jumlah itu karena bangkrutnya 3 AC.

3AC mengajukan perlindungan kebangkrutan awal bulan ini, setelah berutang ratusan juta dolar kepada perusahaan kripto termasuk Celsius dan Voyager Digital. Co-founder perusahaan sejak itu menghilang. Pengacara yang mewakili krediturnya berusaha melacak keberadaan mereka.

Didirikan pada 2012, Blockchain.com adalah pertukaran kripto dan platform dompet. Perusahaan, yang menempati peringkat No. 7 pada daftar CNBC Disruptor 50 tahun ini, mengklaim bertanggung jawab atas hampir sepertiga dari semua transaksi bitcoin melalui produk dompetnya.

Perusahaan swasta itu bernilai USD 14 miliar dalam putaran pendanaan yang diumumkan awal tahun ini. Pendukungnya termasuk Baillie Gifford, manajer hedge fund Amerika Kyle Bass dan taipan Inggris Richard Branson.

Blockchain.com saat ini telah menutup kantornya di Argentina dan membatalkan rencana ekspansi di beberapa negara. Sebagian besar PHK, sekitar 44 persen mempengaruhi karyawan di Argentina sementara 26 persen berbasis di AS dan 16 persen di Inggris. 

 

 

4 dari 4 halaman

Mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried Bakal Diinterogasi di AS

Sebelumnya, sudah dua minggu sejak keruntuhan FTX dan 11 hari sejak perusahaan mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11. Sekarang, menurut beberapa laporan, pejabat dari AS dan Bahama berbicara untuk membawa Sam Bankman-Fried (SBF) ke AS untuk ditanyai terkait perannya dalam kejatuhan perusahaan. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Kamis (24/11/2022) Fox Business mengonfirmasi dugaan diskusi pada Rabu dan Bloomberg telah mengutip tiga sumber yang mengatakan percakapan ekstradisi itu sah.

"Otoritas Amerika dan Bahama telah mendiskusikan kemungkinan membawa Sam Bankman-Fried ke AS untuk diinterogasi, menurut tiga orang yang mengetahui masalah ini,” tulis kontributor Bloomberg Katanga Johnson, Lydia Beyoud, dan Annie Massa.

Menurut pengajuan pengadilan yang diajukan akhir pekan lalu dan pada Senin, FTX Group memiliki saldo kas sekitar USD 1,24 miliar, namun, daftar kreditur saat ini menunjukkan FTX memiliki aset sekitar USD 3,1 miliar. 

Selanjutnya, CEO FTX yang baru, John Ray, telah menguraikan bagaimana perusahaan yang terkepung itu sedang menjajaki penjualan beberapa anak perusahaannya. Ray mencatat beberapa anak perusahaan berlisensi FTX memiliki neraca pelarut, manajemen yang bertanggung jawab, dan waralaba yang berharga.

Dalam dokumen pengadilan lain, perusahaan yang bangkrut itu menekankan mantan eksekutif FTX dan Alameda SBF, Caroline Ellison, Gary Wang, dan Nishad Singh tidak akan menerima pembayaran apa pun dari proses Bab 11. 

Tidak ada jumlah yang akan dibayarkan berdasarkan otoritas yang diminta oleh mosi ini kepada salah satu dari orang-orang berikut atau orang yang diketahui oleh debitur memiliki hubungan keluarga dengan Samuel Bankman-Fried, Gary Wang, Nishad Singh, atau Caroline Ellison.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.