Sukses

FTX Bakal Beli Aset Perusahaan Kripto Bangkrut Celsius

Meskipun begitu, baik pihak FTX dan Celsius hingga saat ini masih belum memberikan tanggapan.

Liputan6.com, Jakarta - Pertukaran kripto FTX, yang dipimpin oleh miliarder kripto Sam Bankman-Fried, dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk menyelamatkan Celsius Network dengan menawar aset pemberi pinjaman yang bangkrut itu. 

Secara kebetulan, informasi tersebut keluar di hari yang sama saat Alex Mashinsky mengundurkan diri sebagai CEO Celsius

Dilansir dari Cointelegraph, Jumat (30/9/2022), Bloomberg melaporkan minat FTX di Celsius Network berdasarkan informasi dari seseorang yang akrab dengan pembuatan kesepakatan untuk Bankman-Fried. 

Celsius mengajukan kebangkrutan setelah mengungkapkan defisit sekitar USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 18,2 triliun pada pertengahan 2022. Pada Agustus, Reuters melaporkan minat Ripple untuk membeli aset Celsius, tetapi tidak ada informasi lanjut soal ini. 

Meskipun begitu, baik pihak FTX dan Celsius hingga saat ini masih belum memberikan tanggapan mengenai informasi yang beredar ini. FTX sebelumnya berhasil memenangkan lelang untuk aset perusahaan kripto yang bangkrut lainnya yaitu Voyager Digital

Tawaran FTX terdiri dari nilai pasar wajar dari semua mata uang kripto Voyager, pada tanggal yang akan ditentukan, yang dipatok sekitar USD 1,31 miliar pada harga pasar saat ini dan tambahan USD 111 juta dalam nilai tambahan, kata Voyager dalam sebuah pernyataan.

FTX dan CEO nya Bankman-Fried belakangan ini memang dikenal sebagai salah satu penyelamat berbagai perusahaan kripto di tengah siklus yang disebut crypto winter ini. Beberapa kali Bankman-Fried menyelamatkan rekan sesama industrinya dari kebangkrutan. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

CEO Perusahaan Kripto Celsius Resign di Tengah Proses Kebangkrutan

Sebelumnya, CEO Celsius Network Alex Mashinsky mengajukan surat pengunduran diri pada Selasa, 27 September 2022, beberapa bulan setelah perusahaan kriptonya mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11.

Pengunduran diri Mashinsky efektif segera, tetapi dia mengatakan dalam rilis akan terus membantu perusahaan memberikan "hasil terbaik" kepada kreditur. 

"Saya menyesal peran saya yang berkelanjutan sebagai CEO telah menjadi gangguan yang meningkat, dan saya sangat menyesal tentang keadaan keuangan yang sulit yang dihadapi anggota komunitas kami," tulisnya dalam sebuah rilis, dikutip dari CNBC, Kamis (29/9/2022).

Dia menambahkan, telah bekerja tanpa lelah untuk membantu perusahaan dan penasihatnya mengajukan rencana yang layak bagi Perusahaan untuk mengembalikan koin kepada kreditur dengan cara yang paling adil dan efisien.

Setelah pengumuman dibuat, cryptocurrency perusahaan, token CEL, turun lebih dari 7 persen nilainya, menurut data dari Coinmarketcap. 

Pada Mei, Celsius adalah salah satu pemain terbesar di ruang pinjaman kripto dengan lebih dari USD 8 miliar atau setara Rp 121,4 triliun pinjaman kepada klien dan hampir USD 12 miliar aset yang dikelola. 

Perusahaan akan meminjamkan kripto pelanggan kepada rekanan yang bersedia membayar suku bunga setinggi langit untuk meminjamnya, dan Celsius kemudian akan membagi sebagian dari pendapatan itu dengan pengguna.

Struktur tersebut runtuh selama krisis likuiditas industri yang luas, yang mengakibatkan Celsius menghentikan penarikan pada Juni. Runtuhnya pasar juga menyebabkan perusahaan lain membekukan aset dan setidaknya tiga untuk mengajukan kebangkrutan.

3 dari 4 halaman

Perusahaan Kripto Celsius Bakal Ubah Utang Jadi Token IOU

Sebelumnya, perusahaan pemberi pinjaman kripto yang bangkrut, Celsius Network tampaknya sedang mempertimbangkan rencana untuk mengubah utangnya menjadi token kripto “IOU”. IOU sendiri merupakan singkatan dari I Owe You atau berarti Saya Berutang Kepada Anda.

Celsius mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 pada Juli, sebulan setelah menghentikan penarikan karena krisis likuiditas akibat kondisi pasar yang ekstrem. 

Proses kebangkrutan berikutnya di Distrik Selatan New York telah mengungkapkan kedalaman masalah keuangan Celsius: Pemberi pinjaman berutang kepada 500.000 kreditur atau hampir sekitar USD 5 miliar (Rp 75,1 triliun). 

Bahkan jika Celsius menjual semua asetnya termasuk anak perusahaan pertambangannya, Celsius Mining itu masih akan menyisakan utang sebesar USD 1,2 miliar. 

Sebagai gantinya, rekaman audio yang bocor dari rapat internal Celsius yang dibagikan oleh pelanggan Celsius dan YouTuber Tiffany Fong menunjukkan Celsius sedang mempertimbangkan metode alternatif untuk membayar pelanggan dengan oken kripto IOU.

Pelanggan nantinya dapat menukarkan "token IOU", memperdagangkannya di pasar terbuka atau menahan mereka untuk berspekulasi tentang potensi pemulihan Celsius dalam jangka panjang.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Cara Serupa

Cara ini sebelumnya dilakukan oleh operator pool penambangan China yang kekurangan likuiditas, Poolin, menangguhkan penarikan dari layanan dompetnya awal bulan ini. 

Seminggu kemudian, diumumkan mereka akan mengeluarkan token IOU kepada pelanggan yang terkena dampak yang mewakili rasio 1 banding 1 dari saldo pengguna di enam cryptocurrency.

Rencana tersebut juga memiliki beberapa kemiripan dengan rencana pemulihan Bitfinex setelah peretasan yang menghabiskan 120.000 bitcoin (BTC) dari cadangan bursa pada pertengahan 2016. 

Pertukaran mengeluarkan token utang kepada pelanggan yang terkena dampak peretasan, yang kemudian diperdagangkan di pasar terbuka. Pada April 2017, Bitfinex telah membeli kembali semua token utang yang tersisa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.