Sukses

CEO Perusahaan Kripto Celsius Resign di Tengah Proses Kebangkrutan

Mashinsky mengatakan telah bekerja tanpa lelah untuk membantu Perusahaan dalam menembalikan dana ke kreditur.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Celsius Network Alex Mashinsky mengajukan surat pengunduran diri pada Selasa, 27 September 2022, beberapa bulan setelah perusahaan kriptonya mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11.

Pengunduran diri Mashinsky efektif segera, tetapi dia mengatakan dalam rilis akan terus membantu perusahaan memberikan "hasil terbaik" kepada kreditur

"Saya menyesal peran saya yang berkelanjutan sebagai CEO telah menjadi gangguan yang meningkat, dan saya sangat menyesal tentang keadaan keuangan yang sulit yang dihadapi anggota komunitas kami," tulisnya dalam sebuah rilis, dikutip dari CNBC, Kamis (29/9/2022).

Dia menambahkan, telah bekerja tanpa lelah untuk membantu perusahaan dan penasihatnya mengajukan rencana yang layak bagi Perusahaan untuk mengembalikan koin kepada kreditur dengan cara yang paling adil dan efisien.

Setelah pengumuman dibuat, cryptocurrency perusahaan, token CEL, turun lebih dari 7 persen nilainya, menurut data dari Coinmarketcap. 

Pada Mei, Celsius adalah salah satu pemain terbesar di ruang pinjaman kripto dengan lebih dari USD 8 miliar atau setara Rp 121,4 triliun pinjaman kepada klien dan hampir USD 12 miliar aset yang dikelola. 

Perusahaan akan meminjamkan kripto pelanggan kepada rekanan yang bersedia membayar suku bunga setinggi langit untuk meminjamnya, dan Celsius kemudian akan membagi sebagian dari pendapatan itu dengan pengguna.

Struktur tersebut runtuh selama krisis likuiditas industri yang luas, yang mengakibatkan Celsius menghentikan penarikan pada Juni. Runtuhnya pasar juga menyebabkan perusahaan lain membekukan aset dan setidaknya tiga untuk mengajukan kebangkrutan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perusahaan Kripto Celsius Bakal Ubah Utang Jadi Token IOU

Sebelumnya, perusahaan pemberi pinjaman kripto yang bangkrut, Celsius Network tampaknya sedang mempertimbangkan rencana untuk mengubah utangnya menjadi token kripto “IOU”. IOU sendiri merupakan singkatan dari I Owe You atau berarti Saya Berutang Kepada Anda.

Celsius mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 pada Juli, sebulan setelah menghentikan penarikan karena krisis likuiditas akibat kondisi pasar yang ekstrem. 

Proses kebangkrutan berikutnya di Distrik Selatan New York telah mengungkapkan kedalaman masalah keuangan Celsius: Pemberi pinjaman berutang kepada 500.000 kreditur atau hampir sekitar USD 5 miliar (Rp 75,1 triliun). 

Bahkan jika Celsius menjual semua asetnya termasuk anak perusahaan pertambangannya, Celsius Mining itu masih akan menyisakan utang sebesar USD 1,2 miliar. 

Sebagai gantinya, rekaman audio yang bocor dari rapat internal Celsius yang dibagikan oleh pelanggan Celsius dan YouTuber Tiffany Fong menunjukkan Celsius sedang mempertimbangkan metode alternatif untuk membayar pelanggan dengan oken kripto IOU.

Pelanggan nantinya dapat menukarkan "token IOU", memperdagangkannya di pasar terbuka atau menahan mereka untuk berspekulasi tentang potensi pemulihan Celsius dalam jangka panjang.

Cara Serupa

Cara ini sebelumnya dilakukan oleh operator pool penambangan China yang kekurangan likuiditas, Poolin, menangguhkan penarikan dari layanan dompetnya awal bulan ini. 

Seminggu kemudian, diumumkan mereka akan mengeluarkan token IOU kepada pelanggan yang terkena dampak yang mewakili rasio 1 banding 1 dari saldo pengguna di enam cryptocurrency.

Rencana tersebut juga memiliki beberapa kemiripan dengan rencana pemulihan Bitfinex setelah peretasan yang menghabiskan 120.000 bitcoin (BTC) dari cadangan bursa pada pertengahan 2016. 

Pertukaran mengeluarkan token utang kepada pelanggan yang terkena dampak peretasan, yang kemudian diperdagangkan di pasar terbuka. Pada April 2017, Bitfinex telah membeli kembali semua token utang yang tersisa.

3 dari 4 halaman

Celsius Network Ajukan Permohonan untuk Jual Kepemilikan Stablecoin

Sebelumnya, perusahaan pemberi pinjaman kripto, Celsius Network, yang saat ini dalam proses kebangkrutan Bab 11, telah meminta pengadilan untuk menjual kepemilikan stablecoin. Hal ini dilakukan Celsius sebagai cara untuk menghasilkan likuiditas demi membantu mendanai operasinya, menurut pengajuan pengadilan baru.

Celsius mengajukan kebangkrutan pada Juli, dan saat ini di hadapan Pengadilan Kepailitan AS. untuk Distrik Selatan New York, yang juga menangani kasus kebangkrutan perusahaan kripto lainnya, Three Arrows Capital.

Jika mosi ini disetujui oleh Hakim Ketua Martin Glenn, ketua hakim kebangkrutan AS., proses penjualan akan digunakan terutama untuk membayar operasi Celsius Network.

Sementara hasil yang dihasilkan dari penjualan stablecoin merupakan properti dari harta debitur, membayarnya kembali adalah bagian dari proses yang terpisah dan berkelanjutan.

"Debitur, bagaimanapun, terus memiliki stablecoin yang harus dimonetisasi untuk mendanai operasi mereka dalam kasus Bab 11 ini mengingat stabilitas pasar mereka dibandingkan dengan jenis cryptocurrency lainnya," tulis pengajuan tersebut, dikutip dari CoinDesk, Senin, 19 September 2022.

Komite resmi kreditur tanpa jaminan Celsius membuat kesepakatan dengan kantor Wali Amanat AS pada awal September untuk menunjuk pemeriksa independen, asalkan mereka mengambil langkah-langkah tertentu untuk membatasi jumlah waktu dan dana yang akan diambil pemeriksa.

Celsius setuju untuk bergabung dengan penguji, dan hakim menandatangani kesepakatan pada Rabu pekan lalu. Sedangkan untuk sidang pengajuan penjualan Stablecoin ini direncanakan pada 6 Oktober 2022

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Di sisi lain, sebuah dokumen pengadilan pertengahan Agustus mengungkapkan Celsius memperkirakan akan kehabisan dana pada Oktober. Salah satu tindakan yang mungkin diambil perusahaan adalah menjual asetnya melalui proses penawaran. 

Proses penawaran dipimpin oleh Centerview dan batas waktu untuk penawaran akan berakhir pada 21 September, lelang penawaran jika perlu akan dilakukan pada 23 September, dan sidang penjualan akhir pada 6 Oktober.

Sementara perincian tentang penawar tetap dirahasiakan oleh Celsius, perusahaan kreditur tanpa jaminan Alameda Research menerbitkan tawaran awal yang ditolak perusahaan bangkrut, dan Ripple Labs telah menyatakan minatnya pada beberapa aset perusahaan debitur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.