Sukses

Mengenal Jaringan Protokol The Graph Pengembang Kripto GRT Coin

Graph adalah protokol pengindeksan untuk meminta data untuk jaringan seperti Ethereum.

Liputan6.com, Jakarta - Graph adalah protokol pengindeksan untuk meminta data untuk jaringan seperti Ethereum, mendukung banyak aplikasi DeFi dan ekosistem Web3 yang lebih luas. 

Dilansir dari Coinmarketcap, siapa pun dapat membangun dan menerbitkan Application Programming Interface (API) terbuka, yang disebut subgraf, yang dapat dikueri oleh aplikasi menggunakan GraphQL untuk mengambil data blockchain. 

Ada layanan yang dihosting dalam produksi yang memudahkan pengembang untuk mulai membangun di The Graph dan jaringan terdesentralisasi. Grafik saat ini mendukung data pengindeksan dari Ethereum, dengan lebih banyak jaringan segera hadir.

The Graph memiliki komunitas global, termasuk lebih dari 200 Node Pengindeks di testnet dan lebih dari 2.000 Kurator dalam Program Kurator per Oktober 2020. The Graph memiliki token kripto utilitas sendiri yang disebut GRT Coin.

GRT Coin akan menjadi token kripto ERC-20 pada blockchain Ethereum, yang digunakan untuk mengalokasikan sumber daya dalam jaringan. Pengindeks, Kurator, dan Delegator Aktif dapat memperoleh penghasilan dari jaringan sebanding dengan jumlah pekerjaan yang mereka lakukan dan saham GRT mereka.

Untuk mendanai pengembangan jaringan, The Graph mengumpulkan dana dari anggota komunitas, VC strategis, dan individu berpengaruh di blockchain komunitas termasuk Coinbase Ventures, DCG, Framework, ParaFi Capital, CoinFund, DTC, Multicoin, Reciprocal Ventures, SPC, Tally Capital, dan lainnya. 

Graph Foundation juga berhasil menyelesaikan Penjualan GRT publik dengan partisipasi dari 99 negara (tidak termasuk AS). Hingga November 2020, The Graph telah mengumpulkan USD 25 juta atau sekitar Rp 373 miliar. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapa Pendiri Graph?

Siapa Pendiri Graph?

Tim Grafik mencakup para profesional dari Ethereum Foundation, OpenZeppelin, Decentraland, Orchid, MuleSoft yang mengarah ke IPO dan akuisisi oleh Salesforce, Puppet, Redhat, dan Barclays.

Tim pendiri awal termasuk Yaniv Tal (pemimpin proyek), Brandon Ramirez (pemimpin penelitian) dan Jannis Pohlmann (pemimpin teknologi).

Para pendiri memiliki latar belakang teknik dan telah bekerja bersama selama 5 hingga 8 tahun. Tal dan Ramirez belajar teknik elektro di USC dan bekerja bersama di MuleSoft, sebuah perusahaan alat pengembang API yang menjalani IPO dan dijual ke SalesForce.

Apa yang Membuat Graph Unik?

Grafik bekerja untuk membawa infrastruktur publik terdesentralisasi yang andal ke pasar arus utama. Untuk memastikan keamanan ekonomi The Graph Network dan integritas data yang ditanyakan, peserta menggunakan Graph Token (GRT). GRT adalah token kerja yang dikunci oleh Pengindeks, Kurator, dan Delegator untuk menyediakan layanan pengindeksan dan kurasi ke jaringan.

Harga GRT Coin

Berdasarkan data Coinmarketcap, Senin (5/9/2022), harga GRT Coin adalah Rp 1.562 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 463,1 miliar.

GRT Coin berhasil menguat 1,95 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 59 dengan kapitalisasi pasar Rp 10,7 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 6,9 miliar GRT dari maksimal 10 miliar GRT Coin.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Senin Pagi 5 September 2022

Sebelumnya, mengawali pekan, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Senin, 5 September 2022. Mayoritas kripto berhasil bertengger di zona hijau dengan penguatan tipis.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin (5/9/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat tipis 0,30 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 0,37 persen sepekan..

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 19.870 per koin atau setara Rp 295,9 juta (asumsi kurs Rp 14.892 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga masih menguat pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 0,81 persen dan 6,74 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.569 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih terpuruk di zona merah. Dalam 24 jam terakhir BNB merosot 0,05 persen dan 0,78 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 277,77 per koin. 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano masih menguat terbatas sejak kemarin. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 3,76 persen dan 13,90 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5004 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga kembali menguat pagi ini Sepanjang satu hari terakhir SOL melesat 2,75 persen dan 1,85 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 31,94 per koin.

Sedangkan XRP pada pagi ini berhasil bertahan di zona hijau XRP menguat 0,40 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih turun 0,28 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3315 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,04 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi harganya masih bertahan di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam turun tipis dari kisaran USD 983,3  miliar menjadi USD 981,3 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.