Sukses

Harga Bitcoin Berpeluang Koreksi Usai Merger Ethereum

Konsumsi energi kripto telah menjadi perhatian bagi aktivis lingkungan dan pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin disebut akan kembali turun, menyusun rencana pengaturan jaringan Bitcoin karena konsumsi energinya.

Seorang peneliti independen, Kyle McDonald merekomendasikan untuk menjual bitcoin sekarang. Dia mencermati, setelah blockchain Ethereum beralih ke metode validasi transaksi yang secara drastis lebih hemat energi (proof of stake), investor dan regulator mungkin menyadari bahwa metode intensif energi yang digunakan Bitcoin dan Ethereum sekarang tidak pernah benar-benar diperlukan.

Konsumsi energi kripto telah menjadi perhatian bagi aktivis lingkungan dan pemerintah, dan McDonald mengatakan bitcoin tidak akan pernah mencapai USD 69.000 lagi.

Sementara McDonald mengatakan kemungkinan Ethereum memotong biaya energi sebesar 99,95 persen adalah sangat realistis.

"Pergantian Ethereum, pembaruan perangkat lunak yang disebut ‘Merge’ diharapkan terjadi bulan ini, dan satu manfaat yang diharapkan adalah bahwa tidak banyak komputer yang diperlukan untuk menjaga agar blockchain tetap berjalan,” kata McDonald, dikutip dari laman CoinDesk, Sabtu (3/9/2022).

Transisi blockchain Ethereum dari mekanisme proof-of-work (PoW) diperlukan agar jaringan dapat berkembang. Chief operating officer MyEtherWallet, Brian Norton menilai mekanisme konsensus PoW tidak akan dapat dipertahankan dan mengatakan bahwa metode tersebut tidak hemat energi.

"Agar Ethereum bergerak dengan ekosistem dan terus menjadi pemimpin dan tetap setia pada prinsipnya yang terbuka dan tanpa izin, transisi dari proof-of-work benar-benar akan menjadi penting," kata Norton.

Menurut pengembang, mekanisme proof-of-stake lebih efisien dan lebih murah daripada proof-of-work. Norton mengatakan merger akan memberikan perbedaan yang tajam kepada pengguna antara PoW dan PoS, dan bahkan dapat memengaruhi bitcoin (BTC).

"Sebagian besar pengguna tidak akan melihat apa pun setelah merge. Tetapi harga eter kemungkinan akan melonjak seperti yang terjadi pada musim panas ini,” imbuh dia.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Kripto Sabtu Pagi 3 September 2022

Sebelumnya, harga kripto jajaran teratas dan bitcoin cenderung beragam pada perdagangan Sabtu pagi, 3 September 2022. Namun, mayoritas kripto jajaran teratas berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu pagi (3/9/2022), kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar Bitcoin (BTC) melemah dalam 24 jam terakhir. Harga bitcoin turun 0,85 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga bitcoin merosot 1,43 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 19.947,35 atau sekitar Rp 297,10 juta.

Demikian juga dengan harga ethereum (ETH). Harga ethereum juga berada di zona merah dengan turun 0,56 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama 24 jam terakhir, harga ethereum menguat 4,67 persen. Kini, harga ethereum berada di posisi USD 1.577,28 atau sekitar Rp 23,49 juta.

Kemudian harga binance coin (BNB) juga melemah dalam 24 jam terakhir. Selama 24 jam terakhir, harga BNB turun 0,35 persen. Selama sepekan terakhir, harga BNB susut 0,78 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 277,43.

Selanjutnya harga cardano (ADA) juga merosot. Selama 24 jam terakhir, harga cardano terpangkas 0,62 persen. Meski demikian, harga cardano menguat 5,31 persen selama sepekan terakhir.  Kini, harga cardano berada di posisi USD 0,4546.

Harga XRP juga berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Harga XRP turun 0,49 persen. Dalam sepekan terakhir, harga XRP terpangkas 2,5 persen. Saat ini, harga XRP berada di posisi USD 0,3314.

 

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Harga solana tersungkur 1,25 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga solana (SOL) turun 1,61 persen. Kini, harga solana berada di posisi USD 31,19.

Demikian juga harga dogecoin (DOGE) juga tertekan. Selama 24 jam terakhir, harga dogecoin susut 1,29 persen. Namun, selama sepekan, harga dogecoin anjlok 3,23 persen. Saat ini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,06156.

Stablecoin seperti tether (USDT) berada di zona hijau. Harga USDT naik tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga USDT menguat 0,01 persen. Kini, harga tether berada di posisi USD 1,00.

Harga USD Coin (USDC)  berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga USDC naik 0,01 persen. Kini, harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Di sisi lain, harga Binance USD (BUSD) berada di zona merah. Harga BUSD melemah 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga BUSD turun tipis 0,01 persen. Saat ini, harga BUSD berada di posisi USD 1,00.

4 dari 4 halaman

Perusahaan Kripto di Brasil Pangkas 100 Karyawan Akibat Kesulitan Ekonomi

Diberitakan sebelumnya, perusahaan induk untuk pertukaran kripto terbesar di Brasil berdasarkan penilaian, Mercado Bitcoin memberhentikan 15 persen dari tenaga kerjanya, atau sekitar 100 karyawan pada Kamis, 1 September 2022 waktu setempat. 

Perusahaan menyebutkan dalam sebuah pernyataan pemberhentian ini akibat kesulitan ekonomi yang terus berlanjut. Ini juga merupakan kali kedua PHK yang dilakukan perusahaan yang sebelumnya pada Juni memberhentikan 80 pekerja. 

Dalam sebuah wawancara dengan CoinDesk, perusahaan mencatat persaingan tidak seimbang di mana pertukaran kripto asing tidak mengikuti standar pelaporan dan KYC yang sama dengan pemain domestik.

“Lingkungan kompetitif tetap memburuk dan tidak adil, kurangnya persetujuan kerangka hukum untuk aktivitas kripto, karena pemain yang mengikuti hukum dihukum oleh perusahaan yang mengabaikan aturan lokal,” kata Mercado Bitcoin, dikutip dari CoinDesk, Jumat (2/9/2022). 

Di sisi lain, regulator Brasil belum memberikan suara pada RUU kripto yang telah disetujui oleh Senat lokal pada April. ABCripto, sebuah asosiasi bursa domestik, telah meminta Kamar Deputi untuk meminta bursa yang sudah memiliki nomor identifikasi untuk mengajukan izin di Brasil. 

Ethereum

Perusahaan terkait kripto lainnya di Amerika Latin yang mengumumkan PHK baru-baru ini termasuk pertukaran kripto Bitso, pesaing utama Mercado Bitcoin di Brasil dan pertukaran Buenbit yang berbasis di Argentina, yang memangkas 45 persen stafnya.

Sebelumnya, Mercado Bitcoin pada Juli 2021 berhasil mengumpulkan USD 200 juta atau setara Rp 2,9 triliun dalam putaran pendanaan Seri B, yang pada saat itu Mercado Bitcoin bernilai USD 2,1 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.