Sukses

Kenalan dengan CEL Coin, Token Kripto Milik Perusahaan Celsius yang Bangkrut

Liputan6.com, Jakarta - Celsius (CEL) adalah platform layanan perbankan dan keuangan satu atap untuk pengguna cryptocurrency. Perusahaan kripto ini sempat menjadi sorotan karena alami kebangkrutan terdampak dengan apa yang disebut “crypto winter”.

Dilansir dari Coinmarketcap, Celsius memiliki token kripto sendiri yang disebut dengan CEL Coin. Diluncurkan pada Juni 2018, Celsius menawarkan hadiah untuk menyetor cryptocurrency, bersama dengan layanan seperti pinjaman dan pembayaran bergaya dompet.

Pengguna platform menerima pembayaran reguler dan bunga atas dana simpanan mereka. Token asli Celsius, CEL Coin, melakukan berbagai fungsi internal, termasuk meningkatkan pembayaran pengguna saat digunakan sebagai mata uang pembayaran.

Pendiri Celsius

Celsius awalnya muncul sebagai produk dari pencipta Alex Mashinsky dan Daniel Leon pada 2017. Mashinsky memiliki sejarah panjang di bidang pengembangan internet, setelah bekerja di Voice Over Internet Protocol (VOIP) pada 1990-an dan teknologi lainnya sejak itu. 

Celsius masih jauh dari usaha korporat pertama Mashinsky, dengan tujuh startup dan 35 paten atas namanya, kata situs web resmi proyek tersebut. 

Co-founder dan COO Daniel Leon sementara itu memiliki pengalaman yang berfokus pada pertumbuhan startup tahap awal. Peran sebelumnya termasuk menjadi CEO Atlis Labs, aplikasi penemuan dan rekomendasi sosial yang menggunakan rujukan pengguna waktu nyata.

Celsius sekarang memiliki tim besar yang terdiri dari karyawan inti, pengembang teknis, dan penasihat dengan pengalaman di berbagai bidang.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Keunikan Celsius

Celsius bermaksud untuk mengungguli bank dalam permainan mereka sendiri dengan menawarkan layanan keuangan dengan persyaratan yang tidak lagi ditawarkan oleh lembaga keuangan tradisional.

Ini termasuk tingkat pengembalian tabungan dan deposito yang jauh lebih tinggi, persyaratan pinjaman yang lebih mudah dan lebih adil, dan penghargaan otomatis yang dihitung secara algoritma untuk setiap pengguna. Denda dan biaya bank umumnya juga dihilangkan.

Platform ini juga berfungsi sebagai dompet melalui fitur CelPay, dan mendukung token CEL yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk meningkatkan nilai pembayaran antara lain.

Harga CEL Coin

Berdasarkan data Coinmarketcap, Selasa (2/8/2022), harga CEL Coin adalah Rp 17.690 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 205,3 miliar.

CEL Coin menguat 8,91 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 113 dengan kapitalisasi pasar Rp 4,2 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 238,8 juta CEL Coin dari maksimal suplai 695,6 juta CEL Coin.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Selasa Pagi 2 Agustus 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Selasa, 2 Agustus 2022. Mayoritas kripto kembali melemah setelah sempat menguat beberapa hari.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa (2/8/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 2,44 persen, tetapi masih menguat 4,44 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 23.028 per koin atau setara Rp 341,7 juta (asumsi kurs Rp 14.838 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga turut melemah pagi ini, setelah sempat menguat kemarin. Selama 24 jam terakhir, ETH turun 4,80 persen, tetapi masih menguat 7,04 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.622 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) harus turun ke zona merah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 2,08 persen, tetapi masih menguat 10,78 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 281,06 per koin. 

Kemudian Cardano mengikuti jejak kripto lainnya yang melemah. Dalam satu hari terakhir ADA ambles 3,65 persen. Namun, masih melesat 2,99 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5083 per koin.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) pagi ini masih melanjutkan terkoreksi. Sepanjang satu hari terakhir SOL anjlok 4,72 persen, tetapi masih menguat 6,68 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 42,87 per koin.

XRP juga masih melemah pagi ini. XRP turun 2,69 persen dalam 24 jam terakhir. Namun masih menguat 9,02 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3774 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini kompak menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat keduanya masih berada di level USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya bertahan di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam turun sedikit menjadi USD 1 triliun dari sebelumnya USD 1,1 triliun.