Sukses

Curhatan Nasabah Celsius, Butuh Dana Beri Makan Keluarga

Sementara pelanggan memohon untuk mengembalikan dana, beberapa investor masih percaya pada ekosistem kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah pemberi pinjaman kripto Celsius mengajukan perlindungan kebangkrutan pada 13 Juli 2022, banyak pelanggan Celsius telah menulis surat ke pengadilan memohon untuk mendapatkan kembali aset kripto mereka.

Seorang Pengguna Celsius mengatakan hanya memiliki kurang dari USD 1.000 atau sekitar Rp 14,8 juta di rekening bank tabungannya, dan kebangkrutan Celsius sangat merugikannya secara finansial. 

“Ini adalah situasi darurat, saya harus menjaga atap di atas keluarga saya dan makanan di meja mereka,” kata pengguna tersebut. 

Pengguna Celsius lainnya, yang merupakan seorang ibu tunggal dari dua anak perempuan, mengatakan kehidupan keluarganya sangat terpengaruh akibat kebangkrutan Celsius.

“Saya dan keluarga saya sangat terpengaruh baik dalam kesehatan finansial dan mental oleh kebangkrutan dan penguncian kripto. Saya selalu memeriksa aplikasi jika aset kripto saya masih ada. Saya tidak bisa fokus pada pekerjaan atau tidur saya,” tulis wanita itu dalam suratnya kepada pengadilan kebangkrutan, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (29/7/2022). 

Beberapa Pengguna Masih Percaya Kripto

Sementara surat pelanggan memohon pengadilan untuk mengembalikan dana, beberapa investor Celsius mencatat pemberi pinjaman kripto itu tidak dapat diandalkan. Meskipun begitu, mereka masih mempercayai ekosistem kripto. 

“Saya masih memiliki kepercayaan penuh pada kripto, tetapi tidak memiliki kepercayaan pada manajemen Celsius dengan tim saat ini,” tulis klien Celsius lainnya ke pengadilan.

Sebagian besar dari mereka mungkin menyadari menunggu distribusi kreditur dari kasus kepailitan bisa sangat lama dan berbelit-belit, dan seringkali tidak membuahkan hasil. 

Selain itu, kreditur juga harus membuktikan diri dengan dokumen yang disebut “bukti tuntutan”. Celsius telah memberikan informasi kepada pelanggan tentang di mana mereka dapat mengajukan klaim kreditur.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Senator AS: Banyak Perusahaan Kripto Tak Segan Menipu Pelanggan

Sebelumnya, Senator AS, Elizabeth Warren kembali menyatakan pendapatnya terkait aset kripto. Kali ini dia mengatakan, terlalu banyak perusahaan kripto yang tidak segan dan mampu untuk menipu pelanggan. 

Dia juga menekankan perlunya aturan yang lebih kuat, mendesak Securities and Exchange Commission (SEC) dan Kongres untuk mengambil tindakan terhadap regulasi kripto.

"Kongres perlu bertindak, tetapi SEC memiliki tanggung jawab untuk menggunakan otoritasnya untuk menempatkan pagar pembatas dan menindak aktor kripto yang melanggar aturan,” tegas Warren dikutip dari Bitcoin.com, Senin (25/7/2022). 

“Saya telah membunyikan bel alarm di kripto dan perlunya aturan yang lebih kuat untuk melindungi konsumen dan stabilitas keuangan,” tambah sang senator. 

Pekan lalu, pemberi pinjaman kripto Celsius Network mengajukan perlindungan kebangkrutan setelah membekukan penarikan. Seminggu sebelumnya, pemberi pinjaman kripto lainnya, Voyager Digital, mengajukan perlindungan kebangkrutan. Begitupun perusahaan kripto Three Arrows Digital.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Risiko Meningkat

Komisaris SEC Hester Peirce sebelumnya menyatakan keprihatinan pada Mei kepada pengawas sekuritas terkait penanganan kripto.

"Kita bisa mengejar penipuan dan kita bisa memainkan peran yang lebih positif di sisi inovasi, tapi kita harus melakukannya, kita harus mulai bekerja.Saya belum melihat kita mau melakukan pekerjaan itu sejauh ini,” dia berpendapat. 

Ketua SEC, Gary Gensler juga telah dikritik karena mengambil pendekatan penegakan-sentris terhadap regulasi kripto. Pada Mei, pengawas sekuritas mengatakan akan menggandakan unit kripto divisi penegakannya. Pekan lalu, Gensler menguraikan apa yang dapat diharapkan investor dari SEC di bidang regulasi kripto.

Senator Warren telah menekan Gensler untuk meningkatkan pengawasan kripto pada beberapa kesempatan. Pada Juli tahun lalu, dia memperingatkan tentang meningkatnya risiko perdagangan mata uang kripto, meminta regulator sekuritas untuk menggunakan otoritas penuhnya untuk mengatasi risiko ini.

4 dari 4 halaman

SEC Selidiki Kasus Platform Pinjaman Kripto Celsius

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) dan beberapa regulator negara bagian dilaporkan sedang menyelidiki keputusan pemberi pinjaman kripto Celsius Network karena membekukan penarikan.

Direktur penegakan Texas Joseph Rotunda menjelaskan pejabat yang mewakili lima regulator sekuritas negara bagian bertemu Senin pagi pekan lalu untuk memulai penyelidikan menyusul pengumuman pembekuan penarikan Celsius pada Minggu malam.

"Saya sangat prihatin klien termasuk banyak investor ritel mungkin perlu segera mengakses aset mereka namun tidak dapat menarik diri dari akun mereka. Ketidakmampuan untuk mengakses investasi mereka dapat mengakibatkan konsekuensi keuangan yang signifikan," ujar Rotunda dikutip dari Bitcoin.com, Senin, 20 Juni 2022.

Rotunda mengatakan, dia dan timnya mengetahui tentang pembekuan akun Celsius dari tweet dan posting blog perusahaan pada Minggu malam.

“Karena kondisi pasar yang ekstrem, hari ini kami mengumumkan bahwa Celsius menghentikan semua penarikan, pertukaran, dan transfer antar akun,” tulis perusahaan itu.

Direktur Komisi Sekuritas Alabama Joseph Borg mengatakan kepada publikasi SEC juga telah berkomunikasi dengan Celsius, mengatakan pemberi pinjaman kripto telah responsif terhadap pertanyaan dari regulator.

Tahun lalu, regulator di sejumlah negara bagian, termasuk Alabama, Kentucky, New Jersey, dan Texas mencapai Celcius dengan perintah penghentian dan penghentian atas produk-produk berbunga pemberi pinjaman, yang menurut mereka harus didaftarkan sebagai sekuritas.

Setelah pembekuan penarikan, Celsius dilaporkan mencari bantuan dari Akin Gump Strauss Hauer & Feld, sebuah firma hukum yang berspesialisasi dalam restrukturisasi keuangan. Pemberi pinjaman kripto juga dilaporkan mempekerjakan Citigroup sebagai penasihat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.