Sukses

Kejaksaan Korsel Gerebek Rumah Salah Satu Pendiri Terraform Labs Terkait Kasus LUNA

Selama penggerebekan jaksa dilaporkan mengamankan data transaksi LUNA Coin.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah tim jaksa Korea Selatan baru-baru ini menggerebek rumah salah satu pendiri Terraform Labs, Shin Hyun-seong. Ini merupakan rangkaian penggerebekan sebelumnya yang menargetkan 15 tempat, termasuk tujuh bursa cryptocurrency lokal. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (27/7/2022) Jaksa Korea Selatan masih menyelidiki keruntuhan spektakuler cryptocurrency LUNA. Menurut sebuah laporan, penggerebekan di rumah rekan pendiri Do Kwon terjadi sehari setelah 15 orang lainnya. Beberapa pihak dan tempat telah ditargetkan oleh Tim Investigasi Kejahatan Keuangan Gabungan kejaksaan Seoul.

Selama penggeledahan dan penyitaan, yang juga menargetkan Tchai Corporation, di mana Hyun-seong menjabat sebagai CEO, jaksa dilaporkan mengamankan data transaksi LUNA Coin

Menurut laporan, perusahaan lain yang menjadi target jaksa termasuk Kernel Labs, afiliasi Terraform Labs, dan Flexi Corporation di mana Kwon terdaftar sebagai direktur.

Tuduhan Penipuan

Menyusul jatuhnya stablecoin UST dan cryptocurrency LUNA, pihak berwenang di Korea Selatan telah berusaha untuk memberlakukan kerangka peraturan yang lebih ketat untuk cryptocurrency

Demikian pula, pemain industri seperti pertukaran cryptocurrency mengumumkan pada Juni rencana untuk membuat badan yang diamanatkan untuk mencegah keruntuhan lain, mirip dengan kecelakaan Terra LUNA, sekarang ada di kartu.

Sementara itu, berdasarkan laporan Chosun Biz dengan bahasa Korea, penggerebekan jaksa terhadap individu serta perusahaan yang terkait dengan Kwon dipicu oleh investor LUNA yang tidak puas yang mengajukan tuduhan penipuan dalam tuntutan hukum mereka terhadap CEO Terraform Labs.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perusahaan Do Kwon Diduga Manipulasi Harga dengan Miliaran Stablecoin

Sebelumnya, Terraform Labs dan Luna Foundation Guard (LFG) diduga telah melakukan manipulasi harga menggunakan miliaran stablecoin menurut sebuah laporan terbaru. 

Dilansir dari Bein Crypto, Senin (4/7/2022), perusahaan keamanan Blockchain, Uppsala Security dan CoinDesk Korea bersama-sama melakukan penyelidikan terhadap aliran dana, menerbitkan temuan penelitian yang menunjukkan kegiatan terlarang mungkin telah terjadi oleh kedua perusahaan Terraform Labs dan LFG. 

Kedua pihak menggunakan teknik forensik data on-chain untuk mempelajari bagaimana Terraform Labs dan LFG memindahkan dana. Hal ini mencantumkan empat alamat berbeda sebagai yang sangat penting dan menunjukkan bagaimana Terra USD (UST) ditukar dengan Magic Internet Money (MIM) dan akhirnya menjadi Tether (USDT).

Dompet pertama, yang disebut “dompet pertukaran A,” digunakan untuk mengonversi lebih dari tiga miliar UST dalam MIM dan kemudian USDT. Dompet distribusi A digunakan untuk mentransfer sekitar 2,36 miliar UST ke dompet pertukaran, sementara “dompet pertukaran A” menerima lebih dari 1 miliar USDT dari dompet pertukaran A.

Inti dari laporan ini adalah dompet ini digunakan untuk mengirim dana ke bursa terpusat dan terdesentralisasi termasuk Abracadabra, Binance, dan Curve. Pergerakan dana rahasia ini menimbulkan kecurigaan, dan sekarang masyarakat harus menyelidiki lebih jauh untuk melihat seberapa mencurigakan hal tersebut.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Masalah Terraform Labs Semakin Parah

Terraform Labs sudah dikepung dengan beberapa investigasi. Pihak berwenang Korea Selatan sedang menyelidiki perusahaan dan Do Kwon, sementara Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat juga melakukan penyelidikannya sendiri.

Laporan Uppsala Security tidak secara eksplisit menyatakan ada manipulasi atau pencucian uang. Laporan itu berbunyi “Untuk tujuan apa sejumlah besar USDT dibuat, dan apa yang akhirnya terjadi dengan USDT ini yang disetorkan ke akun pertukaran ini?”. 

“Sayangnya, ini bukan sesuatu yang bisa kami jawab, karena yang bisa kami berikan hanyalah fakta berdasarkan data on-chain,” isi laporan tersebut. 

Tetapi jika Terraform Labs dan LFG memang melakukan kegiatan terlarang dengan dana tersebut, maka masalahnya bisa menjadi lebih buruk. Selain itu, tuduhan terhadap Do Kwon juga muncul, yang menyatakan dia menguangkan USD 2,7 miliar dari Terra.

 

4 dari 4 halaman

Kasus Baru, Do Kwon dan Perusahaannya Digugat Tuduhan Menyesatkan Investor

Sebelumnya, menyusul insiden depegging Terra stablecoin, gugatan class action telah diajukan terhadap perusahaan Terraform Labs (TFL) dan sejumlah perusahaan kripto lainnya atas runtuhnya terra usd (UST). 

Kasus terhadap Terraform Labs (TFL) diajukan oleh penggugat Nick Patterson atas nama orang lain yang berada di lokasi yang sama dan firma hukum Scott+Scott LLP.

Menurut dokumen yang baru-baru ini diajukan di Pengadilan Distrik AS di California Utara, Terraform Labs dituduh menjual sekuritas yang tidak terdaftar dan menyesatkan investor. 

Selain TFL, Jump Crypto, Jump Trading, Republic Capital, Definance Capital, GSR Markets, Three Arrows Capital, Nicholas Platias, dan Do Kwon juga disebutkan dalam gugatan tersebut. Patterson dan kelompok penggugat menuduh para tergugat “berulang kali menggembar-gemborkan stabilitas UST.”

Selain itu, gugatan tersebut mengklaim token berbasis Terra adalah sekuritas yang tidak terdaftar. 

"Token Terra adalah sekuritas yang gagal didaftarkan oleh TFL sebelum dijual,” tegas pengacara penggugat dikutip dari Bitcoin.com, Rabu, 22 Juni 2022.

Gugatan itu terungkap pada 18 Juni 2022, dan diungkap oleh salah satu mantan pegawai TFL, Fatman yang membuat cuitan tentang kasus yang diajukan di California. Gugatan tersebut menjelaskan investor diberitahu harga UST dan Anchor stabil.

Gugatan terhadap TFL dan kelompok dana lindung nilai mengikuti gugatan baru-baru ini terhadap Binance US, yang dituduh menjual sekuritas yang tidak terdaftar dan mengiklankan terra usd (UST) sebagai “aman.” 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.