Sukses

Pasar Kripto Lesu Imbas Aksi Jual Berlanjut Setelah The Fed Kerek Suku Bunga

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin dan kripto teratas lainnya kembali jatuh pada Jumat, 17 Juni 2022 karena aksi jual berlanjut, yang membuat investor kripto alami kerugian dari penurunan dramatis selama beberapa hari terakhir. 

Pada Jumat pagi, kripto diperdagangkan pada kisaran harga USD 20.300 atau sekitar Rp 300,6 juta. Mata uang digital itu turun lebih dari 20 persen pada minggu lalu dan telah turun lebih dari 60 persen dari level tertinggi sepanjang masa pada November lalu. 

Bitcoin telah berkorelasi erat dengan indeks saham, khususnya Nasdaq, yang naik sempat naik pada Rabu setelah Federal Reserve AS menaikkan suku bunga sebesar 0,75 poin persentase. Namun, pada Kamis, Nasdaq kembali turun lebih dari 3 persen. Pola tersebut selaras dengan kripto yang sempat menguat setelah pengumuman The Fed dan saat ini kembali melemah. 

Dilansir dari CNBC, Jumat, 17 Juni 2022, kripto telah alami penurunan beruntun sejak sentimen negatif yang berasal dari runtuhnya stablecoin terra yaitu Terra USD (UST) dan token saudaranya, Luna. 

Stablecoin adalah jenis cryptocurrency yang seharusnya dipatok ke aset dunia nyata. Banyak yang terlihat dipatok satu lawan satu dengan dolar AS. Beberapa, seperti tether dan USD Coin, didukung oleh aset nyata seperti mata uang fiat dan obligasi pemerintah.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pasar Lesu

Akan tetapi, banyak stablecoin algoritmik, seperti Terra USD, tidak memiliki aset cadangan. Sebaliknya, pasak USD 1,00 diatur oleh suatu algoritma.

Pasar bearish saat ini, yang sering disebut sebagai "musim dingin kripto" baru, juga menguji kekuatan proyek lain. Stablecoin algoritmik lain USDD juga sempat kehilangan pasak dolarnya awal pekan ini. 

Tron DAO Reserve yang bertanggung jawab untuk mempertahankan patokan USD 1,00 USDD, sigap mengatasi masalah dan membuat stablecoin itu kembali ke pasaknya. Tron DAO menyimpan cryptocurrency lain dalam cadangan mereka, termasuk stablecoin tether dan USDC.

Sementara itu, semua mata tertuju pada Celsius, platform pinjaman kripto yang mungkin menghadapi kebangkrutan, memicu kekhawatiran penularan ke pasar yang lebih luas. Awal pekan ini, Celsius menghentikan penarikan untuk pelanggan.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Jumat Pagi 17 Juni 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang seragam pada Jumat pagi, 17 Juni 2022. Mayoritas kripto jajaran teratas kembali melemah setelah sempat menguat kemarin.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat (17/6/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 7,95 persen dalam 24 jam dan 31,65 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 20.581 per koin atau setara Rp 304.7 juta (asumsi kurs Rp 14.809 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) harus kembali melemah hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH turun 11,10 persen dan 38,93 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.094 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juga turut melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB melemah 6,83 persen dan 26,11 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 213,89 per koin. 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano (ADA) pagi ini kembali terkoreksi. Dalam satu hari terakhir ADA anjlok 8,92 persen dan 23,35 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4854 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga harus kembali melemah. Sepanjang satu hari terakhir SOL melemah 9,87 persen dan 22,39 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 30,94 per koin.

XRP juga turut ambles pagi ini. XRP turun 7,35 persen dalam 24 jam terakhir dan 21,23 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3158 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9988. Sedangkan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,18 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.