Sukses

Sentimen Kripto Berada di Level Ketakutan Ekstrem

Sentimen pasar kripto, setidaknya menurut CFGI, telah berada di wilayah “ketakutan yang ekstrem” selama lebih dari sebulan.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 45 hari yang lalu, Crypto Fear and Greed Index (CFGI) mencapai level “ketakutan ekstrem” dengan skor 22. Hari itu, pada 15 April, kisaran harga bitcoin 24 jam adalah antara USD 39.823,77 atau sekitar Rp 580 juta hingga USD 40,709,11 (Rp 592 juta) per unit. 

Sejak itu pasar jatuh lebih rendah lagi dan pada 12 Mei, nilai Bitcoin mencapai titik terendah di USD 25.401, yang lebih rendah dari titik terendah sebelumnya musim panas lalu tepatnya pada Juli 2021.

Jika seseorang membeli BTC pada 12 Mei, hari ini mereka akan dapat keuntungan lebih dari 24 persen terhadap dolar AS.

Crypto Fear and Greed Index Menunjukkan 'Ketakutan Ekstrim' dan Sentimen Goyah Bertahan

Terlepas dari keuntungan selama dua minggu terakhir, CFGI masih berada di zona "ketakutan ekstrim" dan peringkatnya bahkan lebih rendah daripada pada 15 April. 

Sentimen pasar kripto, setidaknya menurut CFGI, telah berada di wilayah “ketakutan yang ekstrem” selama lebih dari sebulan. Pada 30 Mei 2022, indeks tersebut mendapat skor peringkat 10, yang berarti skor CFGI terbaru 13 adalah peningkatan. 

Pada saat penulisan, skor peringkat CFGI adalah 13 dari 100, tetapi itu tidak berarti pasar akan tetap suram. CFGI yang diposting di alternative.me mengukur sentimen pasar dan situs web mencatat ada dua asumsi sederhana.

“Ketakutan yang ekstrem bisa menjadi tanda bahwa investor terlalu khawatir. Itu bisa menjadi peluang pembelian. Ketika Investor menjadi terlalu rakus, itu berarti pasar akan mengalami koreksi,” catatan alternative.me, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (2/6/2022). 

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pencarian Bitcoin Meningkat

Namun, ketakutan yang ekstrem juga dapat menyebabkan lebih banyak kapitulasi dan apa yang disebut peluang membeli mungkin jauh lebih rendah. Atau orang juga bisa berasumsi kerangka waktu saat ini adalah peluang pembelian berjenjang dan orang-orang senang membeli BTC saat turun.

Asumsi sederhana CFGI hanya itu, karena dapat diterima sebagai kebenaran, tetapi mungkin tidak akan membuahkan hasil.

Dengan cara yang sama, jika “investor menjadi terlalu serakah,” seperti yang dikatakan CFGI, itu tidak berarti pasar kripto akan benar. Ini berarti jika seseorang mengikuti saran seperti itu, mereka bisa menjual BTC pada titik yang lebih rendah daripada yang bisa mereka lakukan dengan menunggu. 

Kemudian lagi, selalu ada nasihat investasi kuno yang mengatakan tidak ada yang salah dengan mengambil keuntungan di sepanjang jalan. Metrik Google Trends untuk kueri “bitcoin” menunjukkan minat telah meningkat dari kegagalan Terra baru-baru ini.

Menariknya, data Google Trends (GT) di seluruh dunia menunjukkan minat terhadap bitcoin berkelok-kelok untuk sementara waktu sebelum kejatuhan Terra LUNA dan UST. 

Namun selama minggu tertentu (8-14 Mei), data GT menunjukkan istilah pencarian "bitcoin" meroket ke skor GT tertinggi (100) sejak minggu kedua Juni 2021. Namun, seminggu setelah pembantaian pasar Terra LUNA dan UST, skor data GT untuk istilah “bitcoin” turun 45 persen.

3 dari 4 halaman

Bitcoin Menguat, Yakin Investor Bakal Beli?

Sebelumnya, Bitcoin telah melonjak di atas USD 32.000 atau sekitar Rp 464,97 juta pada Selasa, 31 Mei 2022 level tertinggi sejak 10 Mei. Bitcoin diperdagangkan di sekitar USD 32.071 atau sekitar Rp 466,03 juta (asumsi kurs Rp 14.531 per dolar Amerika Serikat), naik 4,5 persen selama 24 jam terakhir.

Namun, bitcoin telah turun lebih dari 50 persen dari level tertinggi sepanjang masa yang terjadi pada November lalu, di tengah aksi jual aset berisiko yang luas.

Meskipun kini harga lebih rendah, Glassnode menilai pasar bitcoin belum menarik banyak investor baru untuk membeli atau ‘buy the dip’. Melansir Yahoo Finance, Rabu (1/6/2022), jumlah alamat dompet bitcoin dengan saldo non-zero tidak mengalami perubahan selama beberapa minggu terakhir.

 

4 dari 4 halaman

Investor Khawatir Kondisi Ekonomi

Glassnode mengatakan, hal itu karena investor tetap khawatir tentang ketidakpastian makroekonomi. Ini konsisten dengan aksi jual pada musim panas 2021, dengan pertumbuhan dompet bitcoin tak beranjak selama sekitar empat bulan. Sementara itu, jumlah alamat aktif dan entitas yang memegang bitcoin telah stagnan selama beberapa bulan terakhir.

"Penjualan baru-baru ini, dan harga yang lebih rendah belum menginspirasi masuknya pengguna baru ke ruang angkasa, dan hanya HODLer yang tersisa,” tulis para analis Glassnode.

HODLers adalah istilah yang mengacu pada investor yang melakukan aksi beli dan tahan. Menurut para analis, HODLer atau entitas yang ada di jaringan menambah kepemilikan mereka secara signifikan pada situasi semacam ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.