Sukses

Ukraina Rilis Platform Penggalangan Dana Kripto Baru

United24 bertujuan untuk meningkatkan volume sumbangan untuk negara Eropa Timur yang terima cryptocurrency.

Liputan6.com, Jakarta - United24, platform penggalangan dana baru yang diumumkan baru-baru ini oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, menerima sejumlah cryptocurrency, di samping metode pembayaran tradisional. Inisiatif ini juga memungkinkan para donor untuk memilih bagaimana uang mereka akan dibelanjakan.

Menurut siaran pers, United24 bertujuan untuk meningkatkan volume sumbangan untuk negara Eropa Timur sambil memastikan efisiensi dan transparansi distribusi mereka.

Proyek ini memungkinkan semua orang untuk bergabung dalam upaya mendukung Ukraina dan memberikan bantuan nyata kepada warga Ukraina yang menderita akibat perang.

“Setiap orang dapat memberikan donasi satu klik dari negara mana pun. Individu, warga negara yang sadar, pengusaha dan perusahaan teknologi besar,” ujar Zelenskyy dalam siaran pers, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (30/5/2022). 

Berbagai metode pembayaran tersedia untuk para donatur. Ini termasuk cara tradisional seperti transfer bank, kartu kredit, dan Paypal. Anggota komunitas kripto dapat mengirim dana melalui sejumlah koin dari BTC dan BCH, ke USDT dan DOGE melalui Whitepay.

Bantuan keuangan akan didistribusikan di tiga bidang utama yaitu pertahanan dan ranjau, bantuan kemanusiaan dan medis, serta rekonstruksi Ukraina. Orang dan organisasi yang ingin mengirim uang akan diminta untuk memilih salah satu opsi ini segera setelah mereka mengklik tombol 'Beri donasi'.

Dana yang terkumpul akan disimpan ke rekening di Bank Nasional Ukraina yang ditugaskan ke Kementerian Pertahanan, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Infrastruktur, yang akan menggunakan uang itu untuk memenuhi kebutuhan yang paling mendesak. Mereka akan melaporkan distribusi sumbangan setiap minggu.

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Transformasi Digital Mykhailo Fedorov telah ditugaskan untuk mengawasi inisiatif tersebut. Perusahaan konsultan dan audit Deloitte Ukraina, bagian dari jaringan internasional Deloitte, akan memeriksa laporan yang diajukan oleh kementerian setiap tiga bulan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Miliarder Kripto Bakal Sumbang Rp 14,6 Triliun buat Pilpres AS 2024

Sebelumnya, CEO pertukaran kripto FTX yang juga merupakan miliarder kripto, Sam Bankman-Fried mengatakan dia bisa menghabiskan USD 1 miliar, sekitar Rp 14,6 triliun atau lebih dalam pemilihan 2024, yang akan dengan mudah menjadikannya donor politik terbesar yang pernah ada dalam satu pemilihan.

Sam Bankman-Fried mengatakan dalam sebuah wawancara podcast yang dirilis Selasa ia mengharapkan untuk memberikan "utang USD 100 juta" dalam pemilihan presiden berikutnya dari rencana USD 1 miliar. 

Namun tidak menutup kemungkinan pengeluarannya akan lebih tinggi jika mantan Presiden Donald Trump mencalonkan diri lagi. 

Bankman-Fried, yang diperkirakan memiliki kekayaan lebih dari USD 20 miliar dan mengatakan dia telah memberikan lebih dari USD 200 juta untuk berbagai tujuan, memperingatkan rencana politiknya masih berubah-ubah dan akan bergantung pada seperti apa lanskapnya.

“Saya kira di utara USD 100 juta. Kalau lebih dari itu, saya tidak tahu. Itu benar-benar tergantung pada apa yang terjadi. Ini benar-benar tergantung pada siapa yang menjalankan di mana untuk apa,” ujar Bankman-Fried dikutip dari CNBC, Kamis (26/5/2022). 

”USD 1 miliar adalah hal yang layak untuk dilihat. Saya tidak suka mengatakan langit-langit keras, karena siapa yang tahu apa yang akan terjadi antara sekarang dan nanti tetapi setidaknya semacam langit-langit lunak,” lanjut dia. 

Jumlah uang itu belum pernah terjadi sebelumnya dan memecahkan rekor yang ada beberapa kali lipat  setidaknya jika semuanya dihabiskan sebagai apa yang disebut “uang keras”, yang mencakup sumbangan kepada kandidat, partai, PAC super, dan kelompok lain yang harus melapor ke Komisi Pemilihan Umum.

 

3 dari 4 halaman

Masuk ke Kripto

Sebelum Bankman-Fried, banyak nama-nama terkenal dengan mega donornya untuk keperluan politik. Jumlah donor biasanya mencapai sekitar USD 40 hingga USD 60 juta per siklus pemilihan, sehingga bahkan USD 100 juta akan menempatkan Bankman-Fried di antara segelintir kecil donor terbesar di negara itu.

Bankman-Fried telah menghabiskan setidaknya USD 20 juta sepanjang tahun ini untuk mendukung kandidat dalam pemilihan pendahuluan kongres Demokrat yang telah berjanji untuk mendorong pemerintah AS untuk berinvestasi dalam menghentikan pandemi berikutnya.

Bankman-Fried adalah penganut Efektif Altruisme, filosofi utilitarian yang mempromosikan ide-ide seperti menghasilkan banyak uang untuk memberikan semuanya.

Dia masuk ke dunia keuangan dan kripto kemudian mulai menyumbangkan sebagian besar gajinya jauh sebelum dia menghasilkan miliaran pertamanya dan masih hidup cukup sederhana, dengan teman sekamar dan Toyota Corolla, dengan tujuan yang dinyatakan untuk memberikan sebagian besar kekayaannya saat dia membuatnya.

Namun, para kritikus mempertanyakan motif di balik meningkatnya keterlibatan Bankman-Fried dalam politik, mencatat industri kripto telah meningkatkan lobinya di Washington karena pembuat undang-undang dan regulator berupaya menerapkan aturan baru ke industri yang sebagian besar tidak diatur yang kemungkinan telah menghancurkan lebih banyak kekayaan daripada itu telah dibuat.

 

4 dari 4 halaman

Terkuak Alasan Miliarder Bill Gates Ogah Investasi Kripto

Sebelumnya, salah satu pendiri Microsoft Bill Gates telah menjelaskan mengapa dia tidak memiliki bitcoin atau cryptocurrency lainnya. Bill Gates berbagi pendapatnya tentang bitcoin dan cryptocurrency dalam sesi Reddit AMA (Ask Me Anything) pada Kamis pekan lalu. 

Salah satu pertanyaan yang diajukan kepadanya adalah “Apa pendapat Anda tentang bitcoin dan cryptocurrency?” 

“Saya tidak memiliki apapun. Saya suka berinvestasi dalam hal-hal yang memiliki hasil yang berharga,” Jawab Gates dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (26/5/2022). 

“Nilai perusahaan didasarkan pada bagaimana mereka membuat produk hebat. Nilai kripto hanyalah apa yang diputuskan oleh orang lain oleh orang lain sehingga tidak menambah masyarakat seperti investasi lainnya,” lanjut Gates. 

Sikap Gates terhadap cryptocurrency menggemakan sikap CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett. Buffet menjelaskan secara rinci mengapa dia tidak akan berinvestasi dalam bitcoin atau cryptocurrency dalam sebuah wawancara awal bulan ini. 

“Itu tidak menghasilkan apa-apa. Apa yang akan saya lakukan dengan itu? Saya harus menjualnya kembali kepada Anda dengan satu atau lain cara. Itu tidak akan melakukan apa-apa,” kata Buffet waktu itu. 

Gates telah lama dikenal menjadi sosok kritikus terhadap Bitcoin dan cryptocurrency. Pada Februari tahun lalu, dia mengatakan dia tidak memiliki bitcoin, menambahkan dia telah mengambil “pandangan netral.” 

Namun, dia juga mengatakan kripto adalah salah satu inovasi teknologi yang dunia akan lebih baik tanpanya. 

“Cara cryptocurrency bekerja hari ini memungkinkan untuk kegiatan kriminal tertentu. Akan lebih baik untuk menyingkirkan itu,” ujar Gates tahun lalu.

Gates juga mengomentari CEO Tesla Elon Musk yang memiliki Bitcoin pada Februari tahun lalu. 

“Elon punya banyak uang, dan dia sangat canggih, jadi saya tidak khawatir bitcoin-nya akan naik atau turun secara acak. Jika Anda memiliki uang lebih sedikit daripada Elon, Anda mungkin harus berhati-hati,” jelas Gates.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.