Sukses

Pergerakan Harga Bitcoin Membaik Pada Pekan Keempat Mei 2022

Liputan6.com, Jakarta Pasar kripto masih mengalami naik turun sejak beberapa pekan terakhir. Meskipun begitu pada pekan keempat Mei 2022, harga kripto terpantau lebih stabil dibandingkan dua minggu lalu. 

Mengenai pergerakan pasar di minggu keempat Mei 2022, Country Manager Luno Indonesia, Jay Jayawijayaningtiyas mengatakan harga Bitcoin terpantau turun dalam delapan minggu terakhir. Minggu lalu, harga Bitcoin turun 3 persen dan diperdagangkan di kisaran USD 29,245 (sekitar Rp 428 juta).

“Meski demikian, hal tersebut mengindikasikan pergerakan Bitcoin sudah mulai membaik dari minggu sebelumnya yang turun 13 persen, sehingga dapat dikatakan berada di titik stabilisasi di kisaran hingga USD 30,500 (sekitar Rp 446 juta),” ujar Jay dalam keterangan tertulis dikutip Kamis (26/5/2022). 

Sementara itu, Ethereum diperdagangkan di kisaran USD 1,970 (sekitar Rp28 juta), atau turun 4 persen,” lanjut dia. 

Jay menambahkan saat ini indeks Fear and Greed masih berada di level Extreme Fear. Menurutnya, jika melihat indeks tersebut secara historis, investasi Bitcoin pada level ini banyak dilakukan oleh investor atau trader dan cenderung menguntungkan. 

“Namun, perlu juga diingat, pergerakan di masa lalu tidak merepresentasikan pergerakan di masa yang akan datang,” pungkas Jay. 

Sejak awal Mei 2022, pasar kripto dihantam oleh berbagai kejadian mulai dari ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina, inflasi tinggi hingga potensi resesi, dan kebijakan The Fed yang mulai hawkish. 

Hal-hal tersebut diperparah dengan adanya tragedi yang menimpa dua token jaringan Terra yaitu Luna coin dan Terra USD (UST) yang harganya sempat terkoreksi sangat dalam. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.