Sukses

Pertama Kali di Dunia, Pria Singapura Menangkan Kasus Perebutan NFT

Kasus ini dikatakan sebagai yang pertama di Asia serta secara global karena sengketa komersial murni untuk melindungi sebuah NFT.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya, seorang pria Singapura telah memenangkan perintah pengadilan untuk menghentikan potensi penjualan dan pengalihan kepemilikan Non Fungible Token (NFT) yang sebelumnya dimiliki olehnya. 

Perintah tersebut, yang dikeluarkan oleh Pengadilan Tinggi Singapura Jumat, 13 Mei 2022. Kasus ini dikatakan sebagai yang pertama di Asia serta secara global karena sengketa komersial murni untuk melindungi sebuah NFT.

NFT adalah token yang ada di buku besar digital terdesentralisasi yang disebut blockchain. NFT dapat digunakan untuk mewakili sebuah, yang dapat berupa digital atau fisik, seperti karya seni, video, dan musik. 

Dilansir dari Strait Times, Kamis (19/5/2022), menurut dokumen pengadilan, perintah Pengadilan Tinggi melindungi NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) yang unik, yang ingin diambil alih oleh seorang pria Singapura dari persona online bernama "chefpierre".

Identitas pria itu disunting dalam dokumen pengadilan, tetapi pencarian di situs web Pengadilan Singapura oleh Strait Times menunjukkan nama pria tersebut adalah Janesh Rajkumar. Namun, identitas "chefpierre" dinyatakan tidak diketahui baik dalam dokumen pengadilan maupun situs web.

Janesh berusaha untuk mengambil alih NFT yang dikenal sebagai BAYC No 2162, yang telah digunakan sebagai jaminan untuk pinjaman dari "chefpierre". Dia mengklaim adalah pemilik sah NFT dan "chefpierre" telah mengambilnya secara tidak sah. 

Dalam pernyataan klaimnya, Janesh mengatakan sebelumnya membeli NFT dengan tujuan menyimpan NFT itu untuk dirinya sendiri. Dia juga mengatakan NFT itu adalah bagian yang sangat langka bahkan di antara NFT BAYC lainnya karena atributnya. 

 

Disclaimer:  Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jadi Jaminan

Karena kelangkaan BAYC No. 2162 memiliki nilai yang tinggi, Janesh sering menggunakannya sebagai jaminan untuk meminjam cryptocurrency pada platform komunitas yang dikenal sebagai NFTfi.

Namun, dia sangat berhati-hati untuk menentukan dalam perjanjian pinjaman dengan pemberi pinjaman. Janesh tidak mau melepaskan kepemilikan NFT, dan akan melakukan pembayaran penuh pinjaman untuk menebusnya kembali.

Jika Janesh tidak dapat membayar kembali pinjaman tepat waktu, dia akan memberi tahu pemberi peminjam untuk memberikan perpanjangan waktu yang wajar untuk Janesh agar bisa membayar pinjamannya. 

Dia juga menetapkan dalam perjanjian pinjaman pemberi pinjaman tidak boleh menggunakan pilihan "sita", yang tersedia jika pembayaran tidak dilakukan tepat waktu, untuk mengambil kepemilikan BAYC No. 2162.

Dokumen pengadilan menyatakan Janesh telah berhasil meminjam dan membayar kembali banyak pinjaman cryptocurrency menggunakan NFT BAYC itu sebagai jaminan.

Dia pertama kali meminjam pinjaman dari "chefpierre" pada 6 Januari 2022 yang kemudian berhasil dia bayar kembali. Janesh memilih chefpierre karena sosok itu memiliki reputasi baik dan memiliki banyak NFT dan kripto.

 

 

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

Dia kemudian menandatangani perjanjian pinjaman lain dengan "chefpierre" pada 19 Maret, tetapi kemudian meminta perpanjangan waktu untuk membayar jumlah pinjaman.

Kedua pihak kemudian mulai membahas persyaratan pinjaman ketiga, yang akhirnya mengarah pada tawaran "chefpierre" untuk membiayai kembali pinjaman 19 Maret, dan Janesh setuju.

Namun, "chefpierre" kemudian menolak untuk meminjamkan jumlah tambahan kepada Mr Janesh, dan mengancam akan menggunakan opsi "sita" untuk merebut BAYC No. 2162 jika pinjaman 19 Maret tidak sepenuhnya dilunasi pada pukul 05:00 pada tanggal 21 April.

Dalam waktu Singapura, Janesh hanya punya waktu kurang dari tujuh jam untuk membayar kembali pinjaman, yang gagal ia lakukan, yang menyebabkan "chefpierre" mengambil kepemilikan BAYC No. 2162.

Janesh kemudian melunasi sebagian dari pinjaman, tetapi "chefpierre" mengembalikan jumlah tersebut dan menghalangi orang Singapura itu untuk melakukan pembayaran lebih lanjut. Dokumen pengadilan menyatakan bahwa "chefpierre" telah mendaftarkan BAYC No. 2162 untuk dijual di OpenSea, pasar NFT online.

BAYC adalah koleksi terbatas NFT yang populer di dunia, masing-masing menampilkan kera dengan atribut khas seperti ekspresi wajah, pakaian, dan aksesori. Saking populernya NFT tersebut, beberapa tokoh dunia hingga selebritis memiliki koleksi NFT Bored Ape. 

 

4 dari 5 halaman

Investor Tarik Rp 102,4 Triliun dari Stablecoin Tether

Sebelumnya, investor telah menarik lebih dari USD 7 miliar atau sekitar Rp 102,4 triliun dari Tether sejak turun sebentar dari patok dolarnya, menimbulkan pertanyaan baru tentang cadangan yang menopang stablecoin terbesar di dunia.

Dilansir dari CNBC, Rabu, 18 Mei 2022, pasokan Tether yang beredar telah merosot dari sekitar USD 83 miliar seminggu yang lalu menjadi kurang dari USD 76 miliar pada Selasa, menurut data dari CoinGecko. 

Stablecoin dimaksudkan untuk selalu bernilai USD 1,00. Namun pada Kamis pekan lalu harganya tergelincir serendah 95 sen di tengah kepanikan atas runtuhnya token Terra US (UST).

Sebagian besar stablecoin didukung oleh cadangan fiat, gagasannya adalah mereka memiliki jaminan yang cukup jika pengguna memutuskan untuk menarik dana mereka. Akan tetapi, jenis baru stablecoin “algoritmik” seperti terra USD, mencoba mendasarkan pasak dolar mereka pada kode. Itu telah diuji akhir-akhir ini karena investor telah memburuk pada cryptocurrency.

Sebelumnya, Tether mengklaim semua tokennya didukung 1-1 oleh dolar yang disimpan di bank. Namun, setelah penyelesaian dengan jaksa agung New York, perusahaan mengungkapkan mereka mengandalkan berbagai aset lain termasuk surat berharga, suatu bentuk hutang jangka pendek tanpa jaminan yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendukung tokennya.

Ketika Tether terakhir kali mengungkapkan perincian cadangannya, ada uang tunai mencapai sekitar USD 4,2 miliar dari asetnya. Sebagian besar USD 34,5 miliar terdiri dari tagihan Treasury yang tidak dikenal dengan jatuh tempo kurang dari tiga bulan, sementara USD 24,2 miliar kepemilikannya ada di surat berharga.

Pengesahan yang dihasilkan oleh Tether setiap kuartal ini ditandatangani oleh MHA Cayman, sebuah perusahaan yang berbasis di Kepulauan Cayman yang hanya memiliki tiga karyawan, menurut profil LinkedIn-nya.

 

5 dari 5 halaman

Didesak untuk Lakukan Audit

Tether telah menghadapi panggilan berulang untuk audit penuh atas cadangannya. Pada Juli 2021, perusahaan mengatakan kepada CNBC mereka akan mengeluarkan audit penuh dalam hitungan "bulan." tetapi masih belim dilakukan.

Menanggapi pengguna Twitter yang mendesak Tether untuk merilis audit penuh, chief technology officer Tether, Paolo Ardoino, bersikeras tokennya "didukung sepenuhnya" dan telah diambil USD 7 miliar dalam 48 jam terakhir.

“Kami dapat terus berjalan jika pasar menginginkannya, kami memiliki semua likuiditas untuk menangani penebusan besar dan membayar semua 1-1,” kata Ardoino dikutip dari CNBC, Rabu (18/5/2022). 

Dalam tweet lanjutan, Ardoino mengatakan Tether masih mengerjakan audit. “Semoga regulator akan mendorong lebih banyak perusahaan audit untuk lebih ramah terhadap kripto,” katanya.

Destabilisasi token yang memiliki tujuan tunggal untuk mempertahankan harga yang stabil telah mengguncang regulator di kedua sisi Atlantik.

Pekan lalu, Menteri Keuangan AS Janet Yellen memperingatkan risiko yang ditimbulkan pada stabilitas keuangan jika stablecoin dibiarkan tumbuh tidak terkekang oleh peraturan, dan mendesak anggota parlemen untuk menyetujui peraturan sektor ini pada akhir tahun 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.