Sukses

Mengenal TRON, Jaringan Blockchain Terpopuler untuk Pemakaian Sehari-hari

Bila bitcoin dapat menangani hingga enam transaksi per detik, dan ethereum hingga 25. Kalau TRON klaim jaringannya berkapasitas untuk proses 2.000 transaksi per detik.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu jaringan populer untuk membangun DApps yaitu TRON (TRX). Tron ini merupakan sistem operasi berbasis blockchain yang bertujuan memastikan teknologi ini sesuai untuk pemakaian sehari-hari.

Bila bitcoin dapat menangani hingga enam transaksi per detik, dan ethereum hingga 25. Kalau TRON klaim jaringannya berkapasitas untuk proses 2.000 transaksi per detik.

Proyek ini paling tepat digambarkan sebagai platform terdesentralisasi yang fokus pada pembagian konten dan hiburan. Untuk tujuan ini, salah satu akuisisi terbesarnya adalah layanan pembagian file BitTorrent pada 2018.

Secara menyeluruh, TRON telah membagi tujuannya menjadi enam fase. Ini termasuk menyediakan pembagian file terdistribusi sederhana, mendorong penciptaan konten melalui imbalan keuangan, memungkinkan creator konten untuk meluncurkan token pribadi mereka sendiri dan desentralisasikan industri gaming.

Pendiri TRON

Justin Sun mendirikan TRON dan kini menjabat sebagai CEO. Ia menempuh pendidikan di Universitas Peking dan Universitas Pennsylvania. Forbes pun menempatkan dia dalam Forbes Asia pada sesi 30 under 30 untuk pengusaha.

Ia dilahirkan pada 1990, serta dikaitkan dengan Ripple pada masa lalu yang menjabat sebagai kepala perwakilan Ripple di wilayah China.

TRON dan Sun telah dituding melakukan plagiarisme dalam white paper proyek itu. Dengan beberapa orang di Twitter klaim kalau ekstrak dokumen tersebut telah diambil dari proposal untuk layanan saingan seperti InterPlanetary File System.

Sun klaim kalau white paper TRON aslinya ditulis dalam bahasa Mandarin. Penerjemah mungkin gagal menambahkan detil penting dan membedakan

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keunikan TRON

TRON telah menempatkan diri sebagai lingkungan di mana creator konten dapat terhubung dengan audiens mereka secara langsung. Dengan menyingkirkan platform itu, entah layanan streaming, toko aplikasi, atau situs music diharapkan para kreator tidak akan kerugian banyak karena komisi kepada perantara.

Pada gilirannya, ini juga dapat membuat konten lebih murah bagi konsumen. Hal ini mengingat bagaimana sektor hiburan menjadi semakin digital, TRON dapat menjadi yang terdepan dalam menerapkan teknologi blockchain ke industri ini.

Perusahaannya juga berkata mereka memiliki tim pengembang yang berbakat dan berpengalaman, berbasis di seluruh dunia, yang didatangkan dari perusahaan besar seperti Ripple Labs.

Tak kalah pentingnya, sementara beberapa proyek blockchain lain dapat menjadi tidak jelas rencana pengembangannya, TRON menawarkan titik perbedaan dengan memberikan roadmap yang menunjukkan niatnya untuk tahun-tahun mendatang.

Berapa Banyak Koin TRON (TRX) yang Ada di Peredaran?

TRON memiliki total suplai lebih dari 100 miliar token. Pada saat penulisan ini sekitar 71,6 miliar di antaranya beredar.

Ketika penjualan token diadakan pada 2017, 15,75 miliar TRX dialokasikan kepada investor swasta, sementara 40 miliar tambahan untuk peserta penawaran koin awal. Tron Foundation diberi 34 miliar, dan perusahaan milik Justin Sun mendapat 10 miliar.

Secara keseluruhan, ini berarti 45 persen dari suplai TRX diberikan kepada pendiri dan proyek itu sendiri, sementara 55 persen didistribusikan di antara investor. Kritikus berargumen ini adalah rasio yang jauh lebih tinggi dari pada yang terlihat dalam proyek cryptocurrency lain.

Harga TRON

Berdasarkan data coinmarket, Sabtu malam (!4/5/2022), harga TRON Rp 1.075,84 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 18.367.087.433.328. TRON turun 1,31 persen dalam 24 jam terakhir. Saat ini kapitalisasi pasar Rp 105.624.596.570.147.

 

3 dari 4 halaman

Mengenal Reef Coin, Token Kripto Milik Platform Reef Finance

Sebelumnya, Reef Finance (REEF) adalah proyek kripto yang telah dibangun di Polkadot. Reef dianggap sebagai sistem operasi kripto lintas rantai pertama, memfasilitasi transfer token dan likuiditas antara berbagai blockchain. 

Dilansir dari Kriptomat.io, Selasa (10/5/2022), blockchain itu mencakup pertukaran terpusat atau Centralized Exchange (CEX) dan pertukaran terdesentralisasi (DEX). Reef coin (REEF) adalah token asli dari ekosistem Karang.

Reef coin dapat digunakan untuk beberapa hal dalam platform Reef seperti pembayaran biaya pemrosesan transaksi dan penyimpanan data, menjalankan node validator dengan mempertaruhkan token REEF, dan menominasikan node validator mana yang harus menjadi bagian dari jaringan.

Reef juga didukung oleh beberapa dana terkemuka dan pemodal ventura termasuk NGC, QCP, Bitcoin.com, Kenetic Capital, LD Capital, TRG Capital, Krypital Group, Genesis Block, Woodstock Fund, dan lainnya.

Pendiri Reef

Reef finance didirikan oleh Denko Mancheski pada 2019. Mancheski juga memiliki pengetahuan yang baik tentang kripto. Motivasinya adalah untuk membangun blockchain paling canggih untuk investor ritel yang ingin terlibat dengan DeFi, NFT, dan Gaming.

Mancheski ingin membantu pendatang baru cryptocurrency mengatasi kompleksitas yang terkait dengan interaksi dengan blockchain dan memahami konsep baru seperti DeFi dan NFT. 

 

 

4 dari 4 halaman

Keunikan REEF

Selain itu, kemampuan untuk memberikan akses banyak jembatan ke blockchain lain sehingga dana dan likuiditas dapat dengan mudah dipindahkan ke Reef Chain, memungkinkan investor ritel untuk memanfaatkan skalabilitas tinggi dan biaya rendah.

Keunikan

Apa yang membuat rantai Reef unik adalah protokol DeFi apa pun yang telah diterapkan di Ethereum atau jaringan yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) dapat berjalan di Reef hanya dengan beberapa perubahan pada kode. 

Karena Reef Chain melintasi persimpangan antara Ethereum dan Polkadot, bersama dengan jembatan ke blockchain lain, ekosistem Reef dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki dompet Web3 yang tertarik untuk mengakses dApps di Reef.

Harga Reef

Berdasarkan data Coinmarketcap, Selasa (10/5/2022), harga REEF adalah Rp 79,56 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 590.252.449.786.

REEF turun 12,04 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 297 dengan kapitalisasi pasar Rp 1.497.100.901.874. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 18.818.379.366 REEF dari maksimal suplai tidak tersedia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.