Sukses

Miliarder Ini Kaya Berkat Kripto, Siapa Saja Itu?

Berikut deretan miliarder yang kaya berkat kripto menurut data Forbes.

Liputan6.com, Jakarta - Kripto menjadi aset digital yang mulai menerima banyak adopsi di berbagai belahan dunia. Tak sedikit karena aset digital tersebut, beberapa orang berhasil menjadi miliarder

Forbes baru-baru ini memperbarui daftar orang terkaya di dunia dari cryptocurrency. Pada tahun ini, ada 19 miliarder, 7 lebih banyak dari tahun lalu dalam daftar World's Billionaires tahunan Forbes, yang diterbitkan Selasa. Mereka ini adalah orang yang menghasilkan uang dari cryptocurrency dan teknologi blockchain.

Dilansir dari Forbes, Jumat (8/4/2022), orang terkaya pertama dalam daftar adalah Chengpeng Zhao. Pendiri dan CEO Binance “CZ” adalah orang terkaya ke-19 di dunia. Forbes memperkirakan ia memiliki setidaknya 70 persen dari Binance, platform global terkemuka untuk perdagangan kripto. CZ total memiliki kekayaan bersih sebesar USD 65 miliar atau sekitar Rp 935,5 triliun. 

Selanjutnya ada CEO pertukaran kripto FTX, Sam Bankman-Fried yang memiliki kekayaan bersih USD 24 miliar. Pria berusia 30 tahun itu pindah dari Hong Kong ke Bahama yang lebih ramah kripto pada akhir 2021 bersama dengan perusahaannya, yang mengumpulkan USD 400 juta pada Januari dengan penilaian USD 32 miliar.

Posisi ketiga ditempati oleh CEO Coinbase, Brian Amstrong dengan kekayaan bersih USD 6,6 miliar. CEO dan pendiri Coinbase ini membawa pertukaran kripto ke publik melalui daftar langsung pada April 2021 dengan penilaian USD 100 miliar yang menakjubkan.

Adapun miliarder lainnya yang masuk dalam daftar Forbes adalah sebagai berikut. 

4. Co-Founder dan CTO FTX, Gary Wang dengan kekayaan bersih USD 5,9 miliar atau Rp 84,3 triliun.

5. Founder Ripple, Chris Larsen dengan kekayaan bersih USD 4,3 miliar atau Rp 61,4 triliun.

6. Investor Bitcoin sekaligus Founder pertukaran kripto Gemini, Cameron Winklevoss dengan kekayaan bersih USD 4 miliar atau Rp 57,2 triliun.

7. Investor Bitcoin sekaligus Founder pertukaran kripto Gemini Tyler Winklevoss dengan kekayaan bersih USD 4 miliar atau Rp 57,2 triliun.

8. Founder pertukaran kripto terkemuka Korea Selatan, Upbit, Song Chi-hyung dengan kekayaan bersih USD 3,7 miliar atau Rp 52,9 triliun.

9. Founders Investment Digital Currency Group, Barry Silbert dengan kekayaan bersih USD 3,2 miliar atau Rp 45,7 triliun.

10. CTO Ripple yang saat ini menjadi CTO di Stellar, Jed McCaleb kekayaan bersih USD 2,5 miliar atau Rp 35,75 triliun.

11. Salah satu pendiri perusahaan blockchain Alchemy, Nikil Viswanathan, kekayaan bersih USD 2,4 miliar atau Rp 34,32 triliun.

12. Salah satu pendiri perusahaan blockchain Alchemy Joseph Lau kekayaan bersih USD 2,4 miliar atau Rp 34,32 triliun.

13. CEO OpenSea, Devin Finzer kekayaan bersih USD 2,2 miliar atau Rp 31,46 triliun.

14. Co-Founder OpenSea, Alex Atallah kekayaan bersih USD 2,2 miliar atau Rp 31,46 triliun.

15. Co-Founder Coinbase, Fred Ehrsam, kekayaan bersih USD 2,1 miliar atau Rp 30 triliun.

16. CO-Founder Upbit, Kim Hyoung-nyon, kekayaan bersih USD 1,9 miliar atau Rp 27,17 triliun.

17. Founder MicroStrategy, Michael Saylor, kekayaan bersih USD 1,6 miliar atau Rp 22,8 triliun.

18. Investor Bitcoin dan kripto lainnya, Matthew Roszak, kekayaan bersih USD 1,4 miliar atau Rp 20 triliun.

19. Investor Bitcoin dan kripto lainnya, Tim Draper, kekayaan bersih USD 1,2 miliar atau Rp 17,1 triliun.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

CEO FTX Sam Bankman Hanya Akan Simpan 1 Persen Kekayaan

Sebelumnya, Co-founder dan CEO dari pertukaran cryptocurrency yang berbasis di Bahama, FTX, Sam Bankman-Fried mengatakan berencana untuk memberikan sebagian besar kekayaannya, yang diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Fried sebagai salah satu orang terkaya di dunia, mengatakan kepada Bloomberg pada Minggu dia hanya akan menyimpan 1 persen dari pendapatannya setiap tahun, atau sekitar USD 100.000 atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Sisa kekayaannya yang berupa dollar atau Bitcoin akan dia sumbangkan dengan menganut filosofi "altruisme efektif" dan "penghasilan untuk memberi." 

"Anda cukup cepat kehabisan cara yang sangat efektif untuk membuat diri Anda lebih bahagia dengan menghabiskan uang, tapi Aku tidak ingin kapal pesiar,” ujar Fried dikutip dari USA Today, Kamis, 7 April 2022.

Menurut Forbes, kekayaan bersih Fried saat ini adalah USD 24 miliar atau sekitar Rp 344,8 triliun. Pada 2021, investor menilai FTX sebesar USD 18 miliar, dan sejak itu telah terjadi pertumbuhan pesat. Pada Januari 2022, bursa dan operasinya di AS mencapai nilai gabungan USD 40 miliar.

Dalam hal "penghasilan untuk memberi," Bankman-Fried mengatakan kepada Bloomberg dia telah menyumbangkan USD 50 juta tahun lalu, termasuk untuk dana bantuan pandemi di India dan inisiatif iklim.

Namun, Bloomberg juga melaporkan miliarder itu telah menyumbang lebih sedikit untuk amal daripada yang dia habiskan untuk usaha lain, seperti hak penamaan untuk arena Miami Heat, dengan biaya USD 135 juta selama 19 tahun. 

Dia juga menghabiskan sekitar USD 30 juta untuk iklan Super Bowl dengan komedian Larry David.

Fried juga telah memberikan kontribusi politik yang besar. Pada 2020, dia menyumbang lebih dari USD 5 juta untuk super-PAC yang sekarang mendukung Presiden Joe Biden.

 

3 dari 4 halaman

Saham dan Kripto Cuan Lahirkan 1 Juta Miliarder Baru di AS

Sebelumnya, pasar saham dan kripto yang terus mencetak keuntungan memicu penambahan lebih dari satu juta miliarder baru di Amerika Serikat. 

Dilansir dari CNBC International, Jumat, 18 Maret 2022, jumlah warga Amerika dengan aset sebesar USD 1 juta atau lebih naik ke rekor 14,6 juta orang pada 2021.

Jumlah tersebut naik dari 13,3 juta penambahan miliarder yang tercatat pada tahun 2020, menurut laporan dari perusahaan riset kekayaan, Spectrem Group.

"Ini adalah tahun terkuat yang pernah ada untuk penciptaan miliader di semua segmen," kata George Walper, presiden Spectrem Group.

Jumlah miliarder Amerika dengan kekayaan senilai USD 25 juta atau lebih telah melonjak hingga 18 persen.

Secara keseluruhan, kini ada 252.000 orang di AS yang mengantongi kekayaan bersih USD 25 juta - naik dari 214.000 pada 2020.

Pasar saham sejauh ini merupakan mesin penambahan kekayaan terbesar bagi para miliader di AS di tahun 2021.

Tahun lalu, nilai S&P 500 naik 27 persen sedangkan Nasdaq naik 21 persen.

1 persen orang terkaya di AS memperoleh lebih dari USD 3 triliun kekayaan pasar saham pada tahun 2021, menurut data Federal Reserve.

 

4 dari 4 halaman

Bagaimana pada 2022?

Pada 2021, kripto dan aset digital lainnya seperti NFT, atau bahkan real estate juga bertambah nilainya.

Kapitalisasi pasar total aset crypto, meskipun ada perubahan harga yang cukup signifikan, naik hingga USD 1,5 triliun tahun lalu menjadi lebih dari USD 2,3 triliun, menurut CoinGecko.

Nilai investasi ekuitas swasta dan modal ventura juga melonjak.

Hal ini dikarenakan orang kaya mampu menginvestasikan lebih banyak uang mereka, terutama yang memiliki risiko dan imbalan tertinggi, ultra-jutawan diuntungkan lebih banyak daripada orang kaya pada tahun 2021.

"Orang kaya memiliki eksposur terbesar untuk investasi terluas," kata George Walper, presiden Spectrem Group.

"Bukan hanya pasar likuid tradisional yang berhasil tahun lalu. Keuntungan juga didapat dari investasi alternatif, investasi real estat, dan kripto," bebernya.

Namun, pakar tidak melihat keuntungan saham dan kripto yang tercatat 2021 lalu akan bertahan tahun ini, mengingat inflasi yang melonjak, kenaikan suku bunga dan potensi perlambatan pertumbuhan ekonomi.

"Setiap hari bisa berubah, jadi sulit untuk memprediksi di mana tahun akan berakhir," kata Walper.

"Tetapi beberapa bulan pertama tahun 2022 telah melukiskan gambaran yang berbeda dari tahun 2021," imbuhnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.