Sukses

Aku Bangga karena Indonesia Ada

Banyak prestasi yang telah diraih Indonesia di mata dunia. Salah satunya menjadi negara kepulauan terbesar di dunia.

Citizen6, Bekasi: Kita harus bangga pada Indonesia. Kenapa? Banyak alasan kenapa kita harus bangga pada Indonesia. Beragam prestasi telah diraih dengan susah payah, penuh pengorbanan, dan perhitungan. Berikut sedikit dari beberapa prestasi yang di miliki Indonesia di mata dunia:

1. Republik Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni). Jadi, sudah seharusnya kita bangga memilki banyak pulau, besar dan kecil yang tersebar di seluruh nusantara. Ini artinya Indonesia memiliki banyak kekayaan alam yang bisa dieksplor, yang tidak dimilki oleh negara lain.

2. Batik Indonesia sudah terdaftar di UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia. Maka, sudah seharusnya kita bangga memakai batik, karena batik menjadikan Indonesia bersinar di mata dunia.

Bagaimana tidak, berbagai turis begitu bangga ketika kembali ke negara asal mereka, dengan membawa sebuah batik khas Indonesia. Oleh-oleh terbaik yang tak tergantikan dengan yang lain. Bahkan, arti papan atas dunia pun begitu kepincut dengan nuansa batik Indonesia. Dengan memakai batik, menjadikan image baru kepada para pendantang dari negera lain, yakni batik adalah cerminan masyarakat Indonesia yang luwes, lembut, ramah, dan santun.

3. Indonesia merupakan negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis.

4. Indonesia merupakan negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia, walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.

5. Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi. Sejak 1958 dan terakhir pada 2002, tim beregu pria Indonesia menjadi tim paling sukses di ajang Piala Thomas, dengan mempertahankan Piala Thoma sebanyak 13 kali.

6. Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

Aku bangga karna Indonesia ada. Ayo lestarikan dan pelihara apa yang kita punya, jangan pernah malu mengenalkan Indonesia pada dunia. (Sara Maslina)

Sara Maslina adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini