Sukses

Pemkab Takalar Jamin Ketersediaan Sembako Jelang Ramadan

Pemerintah Kabupaten Takalar menjamin ketersediaan pasokan sembilan bahan pokok (Sembako) dan menekan kenaikan harga menjelang Ramadan.

Citizen6, Takalar: Pemerintah Kabupaten Takalar menjamin ketersediaan pasokan sembilan bahan pokok (Sembako) menjelang Ramadan dan berupaya menekan kenaikan harga menjelang datangnya bulan suci umat Islam tersebut.

"Kami menjamin ketersediaan sembako menjelang Ramadan,” kata Kepala Seksi Pengawasan Usaha dan Perlindungan Konsumen Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi Kabupaten Takalar, Abidin saat melakukan pasar murah di gedung PKK, Jumat (5/7/2013).

"Salah satu mengantisipasi kenaikan harga sembilan bahan pokok, yakni kita melakukan pasar murah. Sebab harga yang kita pato lebih murah dari harga yang biasanya. Karena harga tersebut sudah disubsidi," tambah Abidin.

Menurut Abidin, saat ini pihaknya tengah memantau perkembangan pasokan sembako di pasaran, namun hasilnya tidak ditemukan kekurangan tapi persediaan masih cukup bahkan melebihi sampai memasuki bulan suci ramadan. Abidin juga menjelaskan, selain memantau ketersediaan sembako, pihaknya juga memantau perkembangan harga. Hingga memasuki pekan keempat pada bulan Juni memang ada kenaikan harga tapi tidak terlalu signifikan.

"Pemantauan dilakukan untuk antisipasi adanya kekurangan dan meningkatnya harga sembako di pasaran menjelang Ramadan," tambahnya. Selain itu, khusus mengantisipasi kenaikan harga, pihaknya rencananya akan melakukan operasi pasar murah.

"Kami saat ini tengah berupaya mengadakan operasi pasar murah, yang tujuannya untuk menekan harga sembako yang akan meningkat tajam pada bulan Ramadan. Namun masyarkat tak perlu khawatir atas kenaikan harga sembako tersebut. Pemerintah akan melakukan pasar murah dengan harga miring sehingga masyarakat bisa membelinya dengan harga terjangkau. Hanya cukup menyediakan uang Rp 50 ribu, masyarakat dapat membeli paket pasar murah tersebut," ujar Abidin.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan Energi Takalar, Ridwan Rahim mengungkapkan pasar murah akan digelar di tiga lokasi dengan waktu yang berbeda.

"Pelaksanaannya akan dilakukan di awal bulan suci Ramadan, pertengahan, dan akhir Ramadan. Ini dilaksanakan selama Ramadan," jelas Ridwan.

Ridwan juga menambahkan waktu pelaksanaan pasar murah dibagi dalam tiga wilayah, yakni Kecamatan Pattallassang, Kecamatan Mappakasungguh, dan Kecamatam Galesong. (Awing/Mar)

Awing adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.