Sukses

5 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh, Turunkan Kolesterol hingga Kurangi Risiko Kanker

Tomat tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut beberapa manfaat tomat bagi kesehatan, mulai dari menurunkan kolesterol hingga mengurangi risiko kanker.

Liputan6.com, Jakarta - Tomat telah menjadi salah satu buah yang sangat digemari banyak individu. Tidak hanya karena kualitasnya yang serbaguna dalam masakan, tetapi juga karena bisa dinikmati sebagai camilan segar yang enak ketika dimakan mentah.

Buah merah ini tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa. Setiap bagian dari tomat, mulai dari kulitnya yang tipis namun mengandung serat penting, bijinya yang kecil namun kaya akan antioksidan, hingga daging buahnya yang juicy dan penuh nutrisi, semuanya memberikan kontribusi besar terhadap kesehatan kita.

Kandungan likopen yang tinggi dalam tomat adalah salah satu fitur kesehatannya yang paling terkenal. Likopen adalah pigmen alami yang memberi warna merah pada tomat dan juga bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh kita.

Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C, yang mendukung sistem kekebalan tubuh, serta vitamin K dan kalium yang baik untuk kesehatan tulang dan jantung kita.

Dalam diet sehari-hari, tomat dapat dimakan dalam berbagai cara yang kreatif. Mulai dari dimakan langsung sebagai camilan sehat, diiris untuk salad yang menyegarkan, atau diolah menjadi saus yang lezat untuk berbagai hidangan.

Berikut beberapa manfaat tomat bagi kesehatan, mulai dari menurunkan kolesterol hingga mengurangi risiko kanker, seperti melansir dari Boldsky, Minggu (7/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mengurangi risiko kanker

Tomat merupakan sumber yang sangat baik bagi beta karoten dan vitamin C, yang terbukti berperan penting dalam menurunkan risiko kanker pada individu.

Menurut sebuah studi terbaru, konsumsi tomat dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan kadar beta karoten dalam tubuh, yang secara efektif membantu mencegah perkembangan tumor pada kanker prostat.

Tidak hanya itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa konsumsi beta karoten dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker usus besar. Antioksidan yang terdapat dalam tomat juga berperan penting dalam melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Ini berarti tomat dapat berkontribusi signifikan dalam melawan jenis kanker tertentu seperti kanker prostat dan kanker payudara.

3 dari 6 halaman

2. Menurunkan kolesterol

Tomat tidak hanya lezat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan jantung karena kandungan kaliumnya yang membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi dari penyakit jantung. Selain itu, tomat juga terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Menurut sebuah studi, mengonsumsi delapan ons tomat setiap hari dapat secara signifikan mengurangi kadar kolesterol total sebesar 8 persen setelah 12 minggu, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi produk tomat.

Hal ini menunjukkan bahwa tomat bisa menjadi bagian penting dalam diet untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

Selain itu, tomat juga memberikan manfaat yang signifikan bagi pasien yang mengalami hiperkolesterolemia, kondisi di mana kadar kolesterol dalam darah sangat tinggi. Dengan mengandung nutrisi penting seperti kalium dan serat, tomat dapat membantu dalam mengelola kondisi ini secara alami dan sehat.

4 dari 6 halaman

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Likopen yang terdapat dalam tomat telah terbukti membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi tomat atau jus tomat secara teratur dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular. Wanita yang mengonsumsi tomat atau produk berbasis tomat memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami masalah jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

5 dari 6 halaman

4. Menjaga tingkat tekanan darah

Tomat mengandung kalium, mineral yang penting untuk menjaga tingkat tekanan darah dalam kisaran normal yang sehat. Selain itu, tomat juga mengandung magnesium dan kalsium, kedua mineral ini juga berperan dalam regulasi tekanan darah.

Meskipun begitu, perlu diperhatikan bahwa sebagian besar saus tomat kalengan, saus pasta, dan jus tomat mengandung tingkat natrium yang tinggi. Kandungan natrium ini dapat meningkatkan tekanan darah, terutama bagi mereka yang sudah memiliki tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, lebih disarankan untuk membuat saus tomat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan sehat lainnya agar dapat mengontrol natrium dan memastikan bahwa konsumsi tomat tetap mendukung kesehatan tekanan darahmu.

6 dari 6 halaman

5. Meningkatkan kesehatan mata

Tomat mengandung zeaxanthin dan lutein, dua jenis antioksidan yang memiliki peran penting dalam melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia (AMD), yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.