Sukses

HYBE Angkat Bicara Terkait Tuduhan Telah Membatasi MV NewJeans di 14 Negara

HYBE angkat bicara terkait tuduhan penggemar NewJeans yang mengatakan MV 'How Sweet' telah dibatasi di 14 negara.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, NewJeans tengah disibukkan dengan aktivitas comeback mereka. Setelah merilis lagu ‘Bubble Gum’ beberapa minggu lalu, NewJeans kembali merilis lagu terbarunya yang berjudul ‘How Sweet’ pada Jumat (24/5/2024) pukul 13.00 waktu Korea.

Lagu ini merupakan single kedua dari album mini (EP) terbaru NewJeans yang juga diberi judul How Sweet. Selain dapat dinikmati di seluruh layanan streaming musik, NewJeans juga merilis video musik ‘How Sweet’. MV tersebut mengangkat konsep yang fresh dengan gaya retro ala NewJeans. 

Namun berbeda dari comeback mereka sebelumnya yang berlangsung dengan tenang dan sukses, kembalinya Minji dkk kali ini terjadi di tengah huru-hara permasalahan HYBE, yang diwakili oleh Bang Si Hyuk, dengan CEO agensi mereka sendiri, yaitu Min Hee Jin.

Buntut dari konflik ini, HYBE mendapat kecaman dari para penggemar karena telah memberikan perlakuan berbeda kepada NewJeans. Fans merasa label tersebut berusaha untuk melemahkan comeback terbaru grup yang beranggotakan 5 orang ini. 

Pada 26 Mei 2024, Bunnies--sebutan untuk penggemar NewJeans mengetahui bahwa MVHow Sweet’ telah telah dikenai pembatasan usia di YouTube. Mereka pun berpikir ini merupakan salah satu langkah HYBE untuk melemahkan NewJeans akibat perseteruan sengitnya dengan Min Hee Jin.

Tidak hanya pembatasan usia, penggemar juga mengklaim bahwa HYBE turut membatasi MV tersebut di 14 negara. Hal ini membuat Bunnies dari negara-negara tertentu kesulitan untuk menemukan MV terbaru NewJeans.

Dengan demikian, HYBE mendapatkan dua tuduhan terkait permasalahan ini, yaitu pembatasan usia dan pembatasan di 14 negara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons HYBE Terhadap Tuduhan Penggemar

Tidak tinggal diam, HYBE menjawab seluruh tuduhan yang dilayangkan padanya pada Senin (27/5/2024). Melalui outlet media Ilgan Sports, HYBE memberikan klarifikasi bahwa klaim yang ditujukan penggemar kepada HYBE adalah hal yang keliru.

Mereka tidak pernah melakukan pembatasan apapun terhadap MV ‘How Sweet’, baik itu pembatasan usia maupun pembatasan wilayah. 

Mengenai banyak penggemar yang mengeluh sulit menemukan video tersebut, HYBE mengatakan bahwa hal tersebut di luar kendali mereka karena ditentukan sendiri oleh YouTube selaku platform penyedia.

Tidak sampai di situ, agensi yang menaungi BTS ini juga menghubungi YouTube untuk mencari klarifikasi terkait hal ini. Mereka juga mendesak YouTube untuk segera menyelesaikan masalah terkait pembatasan usia dan wilayah pada video tersebut.

3 dari 3 halaman

Lebih Lanjut tentang Perseteruan Min Hee Jin dan HYBE

Konflik antara CEO ADOR Min Hee Jin dan HYBE telah memicu kontroversi besar di industri KPop. Konflik tersebut melibatkan perebutan kekuasaan hingga tuduhan plagirisme. Pada tanggal 22 April lalu, HYBE dilaporkan menggelar rapat pemegang saham untuk menyelesaikan perselisihan internal serta menuntut pengunduran diri Min Hee Jin.

Selain itu, HYBE pun menuduh Min Hee Jin telah berencana untuk melepaskan diri dari HYBE bersama ADOR dan NewJeans. Ia juga dituduh memanipulasi opini publik terhadap HYBE dan membocorkan informasi privasi kepada publik.

Dilansir dari PinkVilla, Min Hee Jin turut menuduh HYBE dengan mengizinkan anak perusahaannya yang lain, BELIFT Lab, untuk menjiplak NewJeans melalui ILLIT. Di sisi lain, CEO ADOR itu juga menekankan komitmen ADOR untuk melindungi dan ‘mengurus’ NewJeans.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.