Sukses

Profil Asri Damuna, Om Botak Pejabat Kemenhub yang Viral Ajak YouTuber Korea ke Hotel

Seorang YouTuber Korea mendapat pengalaman tak mengenakkan saat tengah liburan di Manado

Liputan6.com, Jakarta Tengah ramai di media sosial, kabar YouTuber Korea Selatan bernama Jiah yang menjadi korban pelecehan. Insiden itu terjadi saat dirinya tengah mengulas makanan di sebuah restoran di Manado di Sulawesi Utara.

Dalam video yang ia rekam, Jiah mengaku kalau ia didekati oleh dua orang pria yang terus-terusan menatap dirinya yang tengah mencicipi bakwan jagung. Kemudian, karena terus-menerus dipaksa untuk duduk bersama kedua pria itu, Jiah pun mengalah dan bergabung di meja kedua pria itu.

Di keterangan video, Jiah mengaku suasana cukup canggung. Terekam dalam video salah satu pria yang terlihat berkepala plontos. 

Awalnya mereka bertiga berbincang terkait rencana Jiah berwisata di Bunakan, namun kemudian pria berkepala plontos yang mengaku bernama Albert ingin mampir ke hotelnya. 

"Mampir ke hotel boleh?" ujar pria botak itu.

Mendengar itu, Jiah menulis keterangan di videonya, "...?" dan menjawab dengan mengatakan harus naik perahu siang itu ke Bunaken. 

Pria botak itu ternyata belum menyerah. Ia bahkan menawari membayarkan makanan Jiah yang langsung ditolak oleh wanita itu. Tak sampai di situ, pria itu bahkan menawari Jiah pulang bersamanya ke Kendari dan memointa nomor ponsel Jiah yang tentu saja ditolak oleh wanita itu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Pria Botak yang Ternyata Pejabat Kemenhub

Video yang kemudian diunggah oleh Jiah di channel YouTube-nya itu kemudian viral. Warganet menyayangkan pengalaman tidak enak yang dialami oleh YouTuber Korea itu.

Lewat penelusuran warganet, diketahui bahwa pria botak tersebut bernama Asri Damuna bukan Albert seperti yang disebutkan di video. Warganet juga kemudian mengetahui bahwa pria itu merupakan pejabat Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Lebih lengkapnya, Asri Damuna merupakan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara. Hal ini diketahui dari warganet yang membagikan tangkapan layar akun Instagram resmi UPBU Sangia Nibandera Kolaka @ipbudangianibanderakolaka.

Dalam tangkapan layar tersebut, tampak Asri Damuna melakukan pose menyatukan kedua telapak tangannya untuk mengucapkan Hari Raya Idul Fitri. Unggahan itu juga dilengkapi dengan penulisan jabatan yang diemban oleh Asri.

Di unggahannya yang lain, Asri Damuna juga tampak bersama dengan pasangannya tengah melakukan pose dengan menggabungkan kedua tangan mereka sebagai ungkapan selamat menjalankan ibadah puasa. 

Baru-baru ini, Asri Damuna ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sebagai Kepala Kantor UPBU Kelas III pada bulan Februari 2024. Asri diketahui mempunyai gelar Sarjana Ekonomi dan Magister Manajemen.

3 dari 4 halaman

Pejabat Kemenhub yang Ajak Youtuber Korea ke Hotel Dibebastugaskan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membebastugaskan Asri Damuna, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menjelaskan penonaktifkan dilakukan sebagai upaya penyelidikan terkait video viral di media sosial akibat menggoda youtuber asal Korea Selatan (Korsel).

"Kementerian Perhubungan sangat menyesalkan video viral yang melibatkan Asri Damuna, Kepala Kantor UPBU Sangia Nibandera Kolaka. Yang bersangkutan telah dibebastugaskan guna memudahkan penyelidikan dan tindakan lebih lanjut," ujar Adita dalam keteranganya, Jumat (10/5).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kata Adita, telah memerintahkan agar kebenaran berita yang tengah viral tersebut segera diusut dan diberikan sanksi tegas jika terbukti bersalah. Untuk itu, pemeriksaan terhadap yang bersangkutan tengah dilakukan.

"Jika terbukti benar, maka artinya yang bersangkutan tidak dapat menjaga marwah sebagai Aparatur Sipil Negara. Kemungkinan akan ada sanksi internal terkait hal tersebut," kata Adita.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

YouTuber Korea Selatan Jiah Diduga Jadi Korban Pelecehan Saat Makan di Restoran Manado

Adalah Jiah, YouTuber Korea Selatan yang tengah jadi sorotan karena diduga jadi korban pelecehan. Peristiwa ini terjadi saat ia mengulas makanan di sebuah restoran di Manado, Sulawesi Utara.

Di video berdurasi 24 menit dan 26 detik yang diunggah ke kanal YouTuber-nya pada Minggu, 5 Mei 2024, Jiah sebenarnya bercerita ia ingin ke Bunaken dari Manado. Karena itu, ia bertanya cara pergi ke destinasi wisata populer itu pada seorang staf akomodasi tempatnya menginap.

 Setelah tahu dan merencanakan perjalannnya, perempuan berambut panjang itu memutuskan makan siang dulu sebelum menuju pelabuhan dan naik kapal yang akan membawanya ke Bunaken. Ia duduk dan memesan makanan setelah beberapa kali bertanya pada staf.

Yang pertama diulas adalah es brenebon yang menurutnya mirip dengan es serut khas Korea, patbingsu. "Manis dan segar," kata Jiah dalam Bahasa Indonesia yang cukup lancar. Hingga akhirnya saat ia sedang mancicip bakwan jagung, di keterangan video tertulis, "Ada orang masuk," dan "Mereka terus menatapku."

Jiah awalnya ditanya apakah ia sedang melakukan siaran langsung. "Tidak live, hanya merekam," jawab dia. Jiah juga ditanya asalnya. Setelah menjawab, Jiah berbalik bertanya, "Asli Manado?" "Kendari," jawab pria itu. Kemudian, ia mengajak si YouTuber untuk bergabung makan di mejanya.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.