Sukses

Tanpa Baking Soda, Ini Cara Goreng Bakwan Jagung yang Renyah dan Serap Sedikit Minyak

Meski digoreng tanpa baking soda, bakwang jagung tetap krispi dan tidak berminyak. Ini dia caranya.

Liputan6.com, Jakarta Selain bakwan sayur dan bakwan udang, bakwan jagung merupakan salah satu varian bakwan yang juga digemari oleh banyak orang.

Berbeda dari jenis bakwan lain yang cenderung gurih dan berminyak, bakwan jagung memiliki sentuhan rasa manis yang cukup unik.

Tidak sedikit warung makan yang menjual bakwan jagung dengan harga yang terjangkau sebagai pendamping hidangan utama.

Meksi bisa didapat dengan mudah di warung makan, bakwan jagung akan terasa lebih spesial jika dibuat sendiri di rumah.

Sayangnya, bakwan jagung yang dibuat sendiri kerap kali gagal, sehingga bakwan jadi hancur atau terlalu berminyak.

Namun jangan khawatir, salah satu pengguna Instagram @aaron_laksana memiliki cara khusus dalam membuat bakwan jagung yang renyah dan tidak berminyak. Bahkan, ia tidak menggunakan baking soda dan margarin pada proses pembuatannya.

Dirangkum pada Kamis (11/04/2024), berikut caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Buat Adonan Bakwan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat adonan bakwan jagung dengan mencampurkan bahan-bahan berikut dalam wadah sesuai urutan:

●     Jagung fresh yang sudah dikupas.

●     Tepung protein sedang dan tepung beras (1:2).

●     Bumbu (garam, kaldu bubuk, lada, bawang putih parut dan daun bawang iris).

Untuk takaran bumbu yang digunakan bisa disesuaikan dengan berapa banyak bakwan yang ingin dibuat. Aduk rata adonan tersebut sampai tercampur rata.

3 dari 10 halaman

Tambahkan Putih Telur

Jika adonan sudah tercampur rata, tambahkan putih telur ke dalam adonan lalu aduk lagi. Tambahkan sedikit air, lalu aduk lagi adonannya.

Putih telur berperan dalam membuat bakwan jagung jadi lebih renyah tahan lama meski sudah dingin. Selain itu, putih telur juga sudah cukup untuk merekatkan adonan, sehingga bakwan jadi tidak mudah hancur.

4 dari 10 halaman

Goreng Bakwan Jagung

Panaskan minyak dengan api sedang, lalu kecilkan api jika minyak sudah panas. Masukkan adonan bakwan jagung ke penggorengan satu per satu dan lebarkan adonan dalam minyak agar bisa tipis dan garing.

5 dari 10 halaman

Angkat dan Tiriskan

Seperti biasa, jangan lupa untuk membalikkan bakwan agar tingkat kematangan bisa tersebar merata. Jika bakwan jagung sudah berwarna kecoklatan, segera angkat dan tiriskan. Dapat dilihat bakwan jagung berbentung sangat tipis dan garing.

6 dari 10 halaman

Berapa Kalori dalam 1 Buah Bakwan Jagung?

Peningkatan jumlah kalori juga dipengaruhi oleh penggunaan bahan tambahan seperti tepung bumbu untuk bakwan jagung. Berdasarkan data dari Fat Secret, satu buah bakwan jagung mengandung sekitar 137 kalori. Komposisi kalori tersebut terdiri dari 75% lemak (11,59 gram), 19% karbohidrat (6,74 gram), dan 6% protein (1,99 gram).

7 dari 10 halaman

Apa Itu Bakwan Jagung?

Makanan yang disebut perkedel jagung atau bakwan jagung terbuat dari campuran jagung, terigu, telur ayam, dan kemudian digoreng. Asal makanan ini berasal dari Indonesia, dengan variasi tambahan seperti bawang daun, cabe merah, bawang merah, dan bawang putih.

8 dari 10 halaman

Apa Beda Dadar Jagung dan Bakwan Jagung?

Membuat dadar jagung melibatkan proses menghaluskan jagung dengan blender. Sementara itu, bakwan jagung menggunakan jagung pipil secara utuh. Di sisi lain, perkedel jagung hanya sebagian jagungnya yang dihaluskan. Perbedaan dalam metode pembuatan ini menghasilkan perbedaan dalam tekstur dan rasa akhir produknya.

9 dari 10 halaman

Dari Mana Asal Bakwan Jagung?

Perkedel jagung merupakan salah satu jenis kuliner Indonesia yang dihasilkan dari bahan utama jagung. Kuliner ini berasal dari Manado, namun popularitasnya telah menyebar ke berbagai wilayah di luar daerah asalnya.

10 dari 10 halaman

Apakah Boleh Makan Bakwan Saat Diet?

Mengurangi asupan gorengan sangat penting ketika sedang menjalani program diet karena makanan tersebut cenderung memiliki kandungan kalori tinggi dan tidak memberikan rasa kenyang yang tahan lama. Sebagai contoh, satu buah bakwan atau cireng saja dapat mengandung hingga 100 kalori. Ketika dikonsumsi dalam jumlah lima buah, asupan kalorinya hampir setara dengan makanan utama seperti nasi dengan lauk dan sayuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini