Sukses

9 Skill yang Banyak Dibutuhkan di Masa Depan, Siap-Siap!

Perlu usaha dari setiap orang untuk menyesuaikan diri terhadap teknologi. Salah satu yang dapat dilakukan yaitu dengan menguasai skill atau keterampilan yang dibutuhkan. Berikut 9 keterampilan yang akan dibutuhkan di masa depan menurut Forbes.

Liputan6.com, Jakarta Dunia selalu mengalami perubahan setiap harinya. Terlebih dengan adanya kemajuan teknologi, perkembangan pun dapat terjadi dengan sangat cepat. 

Sampai saat ini, banyak sekali perubahan yang dapat kita lihat. Misalnya dalam jangka waktu 20 tahun terakhir saja, saat itu fungsi ponsel hanya sebatas untuk berkomunikasi. Namun, ponsel yang hari ini kita kenal sudah memiliki banyak kegunaan dan fitur, seperti berkirim pesan, berbelanja, perbankan, dan lain-lain.

Adanya kemajuan teknologi juga pasti memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Oleh sebab itu, tidak heran bisa hingga saat ini banyak sekali pekerjaan zaman dulu yang tidak dibutuhkan lagi di masa sekarang. Namun di sisi lain juga membuka lapangan pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada.

Dalam hal ini, perlu usaha dari setiap orang untuk menyesuaikan diri terhadap teknologi. Salah satu yang dapat dilakukan yaitu dengan menguasai skill atau keterampilan yang dibutuhkan.

Bagi kamu yang memiliki minat ke arah sana, berikut 9 skill yang akan dibutuhkan di masa depan menurut Forbes.

1.   AI Generatif

Munculnya Artificial Intelligence (AI) seperti ChatGPT membuat hampir semua hal dapat dibuat dengan mudah. Hampir semua orang dapat menggunakan AI untuk membuat, mengotomatisasi, serta menghemat waktu bekerja mereka.

Namun, AI sering kali memiliki kualitas dan kemampuan yang masih harus ditingkatkan. Oleh sebab itu, skill yang dapat memaksimalkan, mengelola perubahan, serta mengatasi kesalahan pada AI akan sangat diperlukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pengetahuan Sustainable & Environment

Semakin berkembangnya kehidupan manusia, maka semakin berkembang pula kebutuhannya. Saat ini banyak perusahaan yang berlomba-lomba menjual produk yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Namun untuk membangun itu, diperlukan perencanaan yang matang, salah satunya memperhatikan dampak terhadap lingkungan. Jangan sampai banyak perusahaan berdiri sesuka mereka, namun juga merusak lingkungan di saat yang sama.

Oleh sebab itu, keterampilan mengidentifikasi dan menerapkan solusi ramah lingkungan bagi perusahaan menjadi sangat penting.

3. Manajemen Proyek

Seseorang yang memiliki kemampuan manajemen proyek merupakan salah satu yang diperlukan.  Dengan kemampuan ini, seseorang dapat merencanakan serta megelola sumber daya yang bisa digunakan perusahaan untuk menyelesaikan sebuah proyek.

Di dalamnya termasuk inisiasi, pembentukan strategi, pelaksanaan, pengawasan, hingga penutupan.

4. Komunikasi

Kemampuan komunikasi merupakan skill yang selalu dibutuhkan agar proses penyampaian pesan dapat berjalan efektif. Tidak hanya melibatkan kemampuan berbicara, untuk menguasai keterampilan ini kamu juga harus mendengarkan, mengamati, bahkan berempati dengan lawan bicara.

Tujuan keterampilan berkomunikasi di antaranya yaitu untuk bertukar informasi pekerjaan, memecahkan masalah dengan diskusi, hingga meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

3 dari 4 halaman

5. Kesehatan Klinis

Kesehatan merupakan hal yang selalu dibutuhkan oleh setiap orang dari zaman apapun, oleh sebab itu keterampilan yang satu ini akan selalu diperlukan. Sektor kesehatan selalu membutuhkan kemajuan agar semakin menunjang kehidupan manusia.

Mereka yang menguasai kemampuan ini umumnya bekerja sebagai dokter, bidan, perawat, apoteker, dan lain-lain.

6. Keterampilan Data

Maraknya penggunaan AI pasti tidak terlepas dari data. Agar AI dapat menghasilkan jawaban yang lebih bagus dan kredibel, maka semakin banyak pula data yang diperlukan.

Pada hal ini, orang yang memiliki keterampilan ilmu data sangat penting agar dapat memastikan mesin menggunakan data-data yang benar. Dengan begitu, hasil yang diberikan juga semakin optimal.

7. Networkin

Networking merupakan kemampuan dalam membangun, menjaga, dan mengoptimalkan hubungan profesional. Bagi kamu yang minat untuk menguasai skill yang satu ini, kamu harus siap untuk melakukan komunikasi interpersonal, kemampuan mendengarkan, dan ahli dalam mempertahankan hubungan baik dengan orang lain.

Pada dasarnya skill ini tidak jauh berbeda dengan skill komunikasi. Hanya saja, kemampuan ini memungkinkan kamu selalu berhubungan baik dengan siapa saja orang yang kamu temui.

4 dari 4 halaman

8. Keterampilan Komputasi Awan

Keterampilan komputasi awan memungkinkan seseorang untuk menyediakan kemudahan untuk mengakses data dengan memanfaatkan jaringan internet. Dengan menggunakan sistem ini, sumber daya akan disimpan dan dikelola di pusat data yang terhubung dengan internet.

Untuk skala perusahaan, mereka dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja melalui aplikasi atau situs.

9. Keterampilan Keamanan Siber

Di balik banyaknya keuntungan penggunaan teknologi, salah satu yang sering menjadi masalah yaitu perihal keamanannya. Apabila keamanan situs telah terganggu, maka segala data maupun transaksi yang ada di dalamnya dapat tersebar. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab demi keuntungan pribadi mereka.

Oleh sebab itu, seseorang yang memiliki keterampilan keamanan siber menjadi sangat dibutuhkan. Seseorang dengan keterampilan ini harus selalu membangun sistem keamanan yang lebih cepat, kuat, serta cerdas agar mencegah kebocoran terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.