Sukses

Cara Memilih Atasan Batik untuk Wanita, Pilih Sesuai Fungsi dan Gayanya

Batik adalah salah satu kain tradisional Indonesia yang sekarang banyak diminati untuk dijadikan berbagai model pakaian modern. Maka dari itu, yuk ikuti beberapa cara memilih atasan batik wanita berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Batik adalah salah satu kain tradisional Indonesia yang sekarang banyak diminati untuk dijadikan berbagai model pakaian modern. Maka dari itu, yuk ikuti beberapa cara memilih atasan batik wanita berikut ini!

Dalam berbusana, atasan batik merupakan pilihan yang elegan dan serbaguna bagi wanita yang ingin tampil anggun namun tetap memperkaya identitas budaya. Namun, dalam memilih atasan batik, perlu diperhatikan tidak hanya dari segi estetika, tetapi juga kesesuaian dengan fungsi dan gaya pribadi. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih atasan batik yang tepat untuk wanita, dengan mempertimbangkan fungsi serta gaya yang diinginkan. Dari acara formal hingga santai, mari jelajahi tips yang membantu Kamu untuk memilih atasan batik yang sesuai dengan berbagai kesempatan.

Berikut beberapa cara memilih atasan batik wanita, yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (27/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Pilih Atasan Batik Model Crop Top dan Sleeveless untuk Tampil Kasual Kekinian

Pada masa kini, batik tidak hanya diidentifikasi sebagai kain dengan motif etnik semata, tetapi juga telah menjadi bagian dari ragam produk fashion. Terdapat beragam model atasan batik yang tersedia di pasaran. Bagi Kamu yang ingin tampil santai namun tetap modis, pilihlah atasan batik bermodel crop top atau sleeveless.

Atasan batik crop top akan memberikan kesan santai pada penampilan karena memiliki model yang semi-formal. Kamu dapat mengombinasikan atasan batik ini dengan kemeja polos. Sebagai paduan bawahannya, Kamu dapat memilih celana kulot, jeans, atau rok.

Sementara itu, atasan batik sleeveless akan memberikan sentuhan modern dan stylish pada penampilan. Batik tanpa lengan ini dapat dipadukan dengan bawahan polos. Kamu  juga dapat mengkombinasikannya dengan celana jeans, kardigan, atau blazer.

3 dari 11 halaman

2. Pilih Batik Model Tunik Asimetris untuk Wanita yang Berhijab

Jika Kamu menggunakan hijab, Kamu dapat memilih tunik batik untuk berbagai acara. Tunik batik adalah atasan batik yang cukup longgar, biasanya memiliki panjang hingga pinggul atau di atas lutut.

Desain tunik batik dirancang untuk memberikan penutupan yang baik pada bagian dada, bahu, dan punggung. Oleh karena itu, model ini sangat sesuai untuk Kamu yang memakai hijab. Kamu dapat mengombinasikan tunik batik dengan rok panjang atau celana lurus.

4 dari 11 halaman

3. Pilih Atasan Batik Berwarna Netral yang Bisa Dipadukan dengan Bawahan Hitam untuk Acara Formal

Jika Kamu mencari pakaian formal yang cocok namun masih ragu, pilihan tepat adalah kemeja batik. Kemeja ini memiliki kerah yang memberikan kesan rapi pada penampilan. Saat memilih kemeja, disarankan untuk memilih yang memiliki warna netral.

Kemeja batik berwarna netral dapat dipadukan dengan celana atau rok berwarna hitam. Selain itu, pilihan kemeja batik dengan potongan yang sesuai dengan bentuk tubuh akan memberikan penampilan yang lebih menarik.

5 dari 11 halaman

4. Pilih Atasan Batik yang Elegan untuk Acara Pesta atau Kondangan

Untuk acara pesta atau kondangan, pilihan yang tepat adalah atasan batik dalam bentuk blus. Blus batik mampu memberikan kesan formal namun tetap memancarkan kecantikan tanpa terlihat kaku. 

Blus batik tersedia dalam variasi lengan pendek atau panjang, memberikan fleksibilitas dalam penampilan. Kamu dapat mengombinasikan blus batik ini dengan celana panjang atau rok untuk tampilan yang sempurna.

Jika Kamu menginginkan penampilan yang lebih mewah dan elegan, pilihlah blus dengan bahan kain batik tulis. Kain batik tulis adalah kain yang motifnya dikerjakan secara manual oleh pengrajin batik menggunakan alat bernama canting. 

Selain itu, Kamu dapat memilih atasan batik yang dihiasi dengan detail indah seperti pita, bordir, atau payet. Dengan mengenakan blus yang cantik ini, penampilan Kamu akan semakin memikat dan menawan.

6 dari 11 halaman

5. Pertimbangkan Setelan Batik agar Lebih Praktis

Jika Kamu mencari atasan batik yang tidak memerlukan usaha ekstra untuk dipadukan dengan bawahan. Kami rekomendasikan untuk memilih atasan batik wanita yang sudah disertakan dengan bawahan.

Sekarang ini, terdapat beragam motif dan warna dalam setelan baju batik yang tersedia. Bahkan, set atasan dan bawahan batik juga menawarkan berbagai model yang lebih modern dan stylish.

7 dari 11 halaman

Motif Apa saja yang Biasanya Digunakan untuk Motif Batik?

Ragam motif dalam batik meliputi motif hewan, manusia, geometris, serta motif lainnya. Motif-motif batik sering digunakan sebagai penanda status seseorang. Proses pembatikan merupakan warisan turun-temurun dalam tradisi. Oleh karena itu, motif batik sering menjadi ciri khas dari batik yang diproduksi oleh keluarga-keluarga tertentu (Wikipedia, 2015).

8 dari 11 halaman

Apakah Pakaian Batik Termasuk Formal?

Perlu kamu ketahui dan diingat bahwa batik itu sudah merupakan pakaian yang rapi dan formal.

9 dari 11 halaman

Jenis Batik Apakah yang Paling Mahal?

Batik Tiga Negeri merupakan jenis batik yang berasal dari Lasem, Palembang. Batik ini dikenal sebagai salah satu batik yang memiliki harga paling tinggi di dunia. Menurut informasi dari detikcom di sebuah toko online, harga batik ini bisa mencapai Rp 10 juta.

10 dari 11 halaman

Apa saja Warna Batik?

Beberapa warna yang umumnya terdapat dalam Batik Pekalongan mencakup merah muda, biru, hijau, kuning, sampai jingga. Di samping itu, kombinasi pola yang terdiri dari garis-garis tegas, atau yang sering disebut sebagai motif jlamprang, juga menjadi daya tarik tersendiri.

11 dari 11 halaman

Apa Nama Motif Batik yang Tertua di Indonesia?

Merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia yang telah ada sejak zaman Keraton Mataram, motif Parang menjadi salah satu corak batik yang cukup terkenal. Parang menggambarkan pola ombak di sepanjang pesisir laut selatan Yogyakarta yang memukul tebing karang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini