Sukses

Mengenal Khasiat Cuka Apel, Bisa Bantu Stabilkan Gula Darah

Tak hanya berfungsi menambah cita rasa pada makanan, cuka apel juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bisa untuk mengontrol kadar gula dalam darah loh! Begini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Apple cider vinegar atau yang lebih sering disebut cuka apel ini merupakan hasil fermentasi sari buah apel. Dari proses fermentasi inilah kemudian banyak bakteri probiotik serta sejumlah senyawa yang baik untuk kesehatan terbentuk dalam kandungannya.

Cuka apel sendiri termasuk dalam cairan serbaguna yang mana selain ditambahkan dalam berbagai jenis olahan makanan, cuka apel juga bermanfaat untuk kecantikan hingga obat beberapa masalah kesehatan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat cuka apel, berikut informasinya dirangkum dari beberapa sumber pada Jumat (22/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Cuka apel mengandung asam asetat yang berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Konsumsi cuka apel, terlebih bersama dengan makanan tinggi karbohidrat, dapat menghambat proses pelepasan gula untuk masuk ke dalam darah, sehingga lonjakan gula darah dapat dihindari. 

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian dalam Journal of Advanced Nursing, mengonsumsi cuka apel juga bisa membantu proses penurunan gula darah puasa HbA1c yang mana kondisi ini mengindikasikan bahwa selama tiga bulan terakhir kadar gula darah selalu stabil. 

3 dari 11 halaman

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Dilansir dari salah satu sumber, rutin mengonsumsi cuka apel secara teratur bisa membantu menurunkan kadar lemak darah. Kadar lemak dalam darah yang stabil inilah yang menjadi kunci kesehatan jantung akibat peredaran darah yang lancar.

Tak hanya itu, cuka apel juga memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular melalui penurunan kolesterol dan tekanan darah. 

4 dari 11 halaman

3. Bagus untuk Kesehatan Kulit

Menurut informasi dari salah satu artikel kesehatan, cuka apel efektif mengatasi permasalahan kulit kering atau eczema. Karena pada dasarnya kulit mengandung asam, maka pemakaian cuka apel untuk perawatan kulit akan membantu menyeimbangkan PH kulit. 

Tak sampai di situ, menurut National Psoriasis Foundation, belum lama ini ditemukan fakta baru terkait manfaat cuka apel untuk psoriasis. Disampaikan bahwa cuka apel berkhasiat mengatasi masalah psoriasis, terutama psoriasis di kulit kepala. Sifat antiseptiknya dapat membantu meringankan iritasi dan berbagai gejala yang timbul akibat psoriasis ini. 

5 dari 11 halaman

4. Membantu Proses Diet

Cuka apel dipercaya ampuh untuk membantu proses diet penurunan berat badan, terutama jika rutin dikonsumsi sebelum makan. Riset dari Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry menghasilkan temuan bahwa konsisten mengonsumsi cuka apel selama kurang lebih 12 hari berdampak pada penurunan berat badan dan berkurangnya lemak perut.

6 dari 11 halaman

5. Mengatasi Jamur Kuku

Onychomycosis atau jamur kuku seringkali membuat penampilan, terutama bagi wanita, menjadi kurang maksimal. Ini karena infeksi jamur pada kuku akan berpengaruh pada warna dan tingkat kerapuhan kuku itu sendiri. Dikutip dari salah satu sumber, cuka apel ternyata dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan jamur kuku.

Caranya, rendam kuku dalam air hangat yang sudah dicampur dengan cuka apel selama 15-30 menit, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan. Perlu diketahui untuk selalu memastikan kuku dalam kondisi kering, karena kondisi lembab pada kuku menyebabkan jamur mudah berkembangbiak. 

7 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Minum Cuka Apel yang Benar?

Sehari cukup menggunakan 1-2 sendok makan (15-30 mL) yang dicampurkan dengan air untuk mencegah terjadinya iritasi pada mulut dan kerongkongan.

8 dari 11 halaman

Apakah Boleh Minum Cuka Apel Setiap Hari?

Cuka apel dapat dimanfaatkan sehari-hari untuk memperbaiki kesehatan tubuh, tidak hanya melalui makanan atau minuman saja.

9 dari 11 halaman

Apakah Cuka Apel Aman untuk Lambung?

Sifat asam dari cuka apel dapat meningkatkan kemungkinan memperburuk gejala GERD.

10 dari 11 halaman

Apakah Boleh Minum Cuka Apel dalam Keadaan Perut Kosong?

Cuka apel diyakini memiliki sejumlah keuntungan, terutama bila diminum saat perut kosong atau setelah bangun tidur.

11 dari 11 halaman

Cuka Apel Rasanya Seperti Apa?

Cuka apel merupakan hasil fermentasi sari buah apel, memiliki warna yang berkisar dari kuning pucat hingga sedang, serta memiliki rasa yang bersifat asam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.