Sukses

Fakta Menarik Michael Jackson, King of Pop yang Banyak Dipuja Namun Menyimpan Banyak Misteri

Dikenal sebagai raja pop, Michael Jackson telah berhasil memukau para penggemar dengan karya musiknya yang menghibur. Sebagai ikon budaya pop selama empat dekade, ia juga diakui sebagai orang yang menciptakan gerakan tarian moonwalk.

Liputan6.com, Jakarta Michael Joseph Jackson, yang lebih dikenal sebagai Michael Jackson, adalah seorang legenda dalam dunia musik pop internasional. Lahir pada 29 Agustus 1958 di Gary, Indiana, AS, dan meninggal pada 25 Juni 2009 di Los Angeles, California, ia telah dianggap sebagai 'Raja Pop' yang warisannya yang tak terlupakan terus mengilhami generasi musisi berikutnya.

Dengan 13 Penghargaan Grammy dan berbagai penghargaan prestisius lainnya dari seluruh dunia, Jackson tidak hanya dikenal karena karyanya yang brilian tetapi juga karena beliau adalah seorang dermawan yang mendukung 39 lembaga amal.

Namun, tahun 2009 menandai kehilangan yang mendalam bagi para penggemar ketika sang ikon meninggal dunia. Penyebab resmi kematian adalah overdosis obat yang diberikan oleh dokter jantung pribadinya, Dr. Conrad Murray.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 15 halaman

Ayahnya Melakukan Tindakan yang Kejam

Ayah MJ kerap menggunakan kekerasan terhadap dirinya sendiri dan saudara-saudaranya. Saat berlatih dengan intensitas tinggi, ia sering menjadi korban kekerasan fisik dan emosional. Dilaporkan bahwa ayahnya sering memukul mereka dengan tali tanpa menunjukkan penyesalan atas perbuatannya.

3 dari 15 halaman

Hampir Terbakar Saat Proses Pengambilan Gambar

Pada tahun 1984, saat tengah dalam proses pengambilan gambar untuk iklan Pepsi, Michael Jackson mengalami kecelakaan ledakan yang mengakibatkan rambutnya terbakar. Kejadian ini dilaporkan oleh The Richest.

Akibat kecelakaan tersebut, Michael Jackson menderita luka bakar di wajah dan kepala. Sebagai hasilnya, dia harus menggunakan wig untuk menyembunyikan rambut yang terbakar dan mengonsumsi obat pereda nyeri untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakannya.

4 dari 15 halaman

Menciptakan Gerakan Moonwalk

Keberhasilan Michael Jackson tidak terlepas dari gerakan tari inovatifnya, terutama Moonwalk, yang sekarang menjadi langkah tarian yang sangat terkenal dan dianggap ikonik.

5 dari 15 halaman

Tidak Pernah Merasa Puas dengan Tubuhnya

Dalam istilah medis, Michael Jackson mengalami ketidakpuasan terhadap penampilan fisiknya, yang dikenal sebagai gangguan dismorfik tubuh. Berdasarkan berbagai sumber, Michael Jackson terkenal karena sering melakukan operasi plastik setelah mengalami luka bakar.

Catatan mengenainya menunjukkan bahwa Michael Jackson telah menjalani banyak operasi plastik pada wajahnya, termasuk rekonstruksi bibir, dagu, dan penyempurnaan hidungnya untuk mendapatkan bentuk yang lebih tirus. Perubahan ini terlihat dalam transformasi wajah Michael Jackson dari masa kecilnya sebagai anggota Jackson 5 hingga dewasa.

6 dari 15 halaman

Punya Masalah Kulit

Pada masa remajanya, kulit Jacko berwarna coklat, tetapi sejak awal tahun 1980-an, kulitnya mulai terlihat lebih terang. Perubahan ini menarik perhatian publik dan menimbulkan spekulasi bahwa dia sengaja memutihkan kulitnya.

Namun, menurut biografi yang ditulis oleh J. Randy Taraborrelli pada tahun 1986, Jackson didiagnosis menderita vitiligo dan lupus. Vitiligo menyebabkan kulitnya memudar di beberapa bagian, sementara lupus membuatnya sensitif terhadap sinar matahari. Perawatan untuk kedua penyakitnya ini juga berkontribusi pada pemutihan kulitnya.

7 dari 15 halaman

Dituduh sebagai Pelaku Pelecehan Anak

Jacko, seorang pria yang sering terlibat dalam urusan hukum, termasuk dituduh melakukan tindakan seksual yang tidak pantas dengan anak-anak, meski hal tersebut tidak pernah terbukti.

8 dari 15 halaman

Riwayat Pernikahan

Pernikahan pertama Michael Jackson dengan putri Elvis Presley, Lisa Marie Presley, pada tahun 1994, hanya berlangsung selama 19 bulan. Setelahnya, dia menikah untuk kedua kalinya pada tahun 1996 dengan Deborah Jeanne Rowe dan memiliki dua anak, Michael Joseph Jackson Junior dan seorang putri bernama Paris Michael Katherine Jackson. Namun, pernikahan kedua ini juga berakhir pada tahun 1999.

9 dari 15 halaman

Melakukan Filantropis

Selain memiliki bakat musikal yang luar biasa, Michael Jackson juga terkenal sebagai seorang dermawan yang telah menyumbangkan jutaan dolar untuk berbagai tujuan kemanusiaan, termasuk mendukung pendidikan anak-anak.

10 dari 15 halaman

Kematian Mendekat

Michael Jackson pernah mengambil istirahat dari sorotan publik dan menghadapi tantangan berat dalam karirnya, namun tetap diingat sebagai legenda dalam musik pop. Dia berencana untuk kembali dengan mengadakan serangkaian konser, dimulai dari O2 Arena, London, Inggris. Sayangnya, rencana tersebut tidak terlaksana karena Jacko meninggal dunia pada Kamis, 25 Juni 2009, karena serangan jantung yang fatal.

Pada usia 50 tahun, Jacko menghembuskan nafas terakhirnya dihadiri oleh keluarga terdekatnya, termasuk ibu dan saudara laki-lakinya yang selalu setia mendampinginya. Dia meninggalkan tiga anak: Prince Michael, Paris, dan Prince Michael II.

11 dari 15 halaman

Apa yang membuat Michael Jackson begitu istimewa?

Selain kekreatifannya dalam bernyanyi dan menari, Jackson mencuat dengan mengenalkan gerakan tari ikonik seperti moonwalk dan lean, serta banyak lagi. Penampilannya yang unik sering kali menciptakan momen tak terlupakan, terutama dalam acara besar seperti Super Bowl.

12 dari 15 halaman

Siapa yang dijuluki sebagai Raja Musik Pop?

Michael Joseph Jackson, lahir pada 29 Agustus 1958 dan meninggal pada 25 Juni 2009, adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Amerika Serikat yang terkenal dengan sebutan 'Raja Pop'. Dia terkenal karena memperkenalkan gerakan tari 'Moonwalk' yang ikonik.

13 dari 15 halaman

Bagaimana pengaruh Michael Jackson terhadap dunia?

Pengaruh Michael Jackson tidak hanya terasa dalam industri musik dan hiburan. Sebagai seorang seniman Afrika-Amerika, dia berhasil mengatasi batasan-batasan rasial, menjadi simbol global yang melampaui perbedaan budaya. Prestasinya membuka jalan bagi generasi seniman yang akan datang, menegaskan bahwa bakat dan kreativitas tidak terbatas oleh warna kulit atau etnis.

14 dari 15 halaman

Hal apa yang dilakukan Michael Jackson untuk mengubah dunia?

Video musiknya, seperti yang terdapat dalam lagu-lagu Beat It, Billie Jean, dan Thriller dari album tahun 1982, Thriller, dianggap telah meruntuhkan batasan rasial, mengubah media menjadi bentuk seni baru, dan menjadi alat promosi yang inovatif. Kesuksesan video-video ini juga turut berperan dalam meningkatnya popularitas saluran televisi MTV.

15 dari 15 halaman

Kapan Michael Jackson menjadi terkenal?

Pada tahun 1970-an, Michael Jackson menjadi sorotan media, terutama karena kemampuan vokal falsetto yang memukau dalam lagu-lagu seperti ABC, I'll Be There, dan beberapa hits Top 20 lainnya. Meskipun telah merilis beberapa album solo selama periode tersebut, puncak kesuksesannya tercapai pada tahun 1979 dengan peluncuran album Off the Wall.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini