Sukses

Kampanyekan Ramadan Tanpa Dramaag, Promag Gaet Anak Muda dengan Talkshow Inspiratif

Promag merupakan market leader untuk kategori obat sakit maag. Sebagai brand yang berpengalaman lebih dari 50 tahun, Promag berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada anak muda mengenai penyakit maag.

Liputan6.com, Jakarta Sehubungan dengan masuknya bulan Ramadan sejak Selasa (12/3) lalu, umat Islam turut melaksanakan ibadah puasa. Secara agama, puasa merupakan kewajiban yang dapat memupuk nilai keimanan serta melatih kesabaran. Namun tidak hanya itu, secara sains puasa juga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. 

Telah banyak jurnal penelitian yang membahas dampak positif puasa. Beberapa di antaranya, yaitu puasa dapat menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh, hingga mengontrol gula darah. Bahkan tidak hanya ada dalam ritual agama, puasa juga diterapkan dalam salah satu metode diet, yaitu ‘intermittent fasting’.

Dari banyaknya manfaat puasa yang bisa didapatkan, ternyata tidak semua orang bisa menjalani puasa dengan baik. Terlebih oleh mereka yang menderita masalah pencernaan seperti maag, puasa menjadi yang perlu diperhatikan. Maag merupakan salah satu penyakit yang umum diderita oleh orang Indonesia. 

“Dalam penyakit maag, ada peningkatan produksi asam lambung. Biasanya terjadi di awal puasa seperti ini, pada saat puasa, jadwal makan pasti berubah sehingga lambung memerlukan penyesuaian. Terjadi maag jika perut kosong dan tidak ada makanan, tapi asam lambungnya keluar terus,” jelas dr. Helmin Agustina Silalahi.

Menurut hasil survei NeuroSensum, penyakit maag telah meningkat sebanyak 14% dalam satu tahun terakhir. Bahkan pada mereka yang berusia 17 hingga 24 tahun, penyakit ini telah meningkat drastis dari sebelumnya 22% menjadi 36%. Penderita penyakit ini paling banyak pada kalangan mahasiswa dan first jobber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gerakan Ramadan Tanpa Dramaag

Dengan adanya fenomena ini, anak perusahaan PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe), yaitu Kalbe Consumer Health melalui brand Promag berinisiatif untuk melakukan edukasi kepada para generasi muda atau Gen Z. Sudah hadir lebih dari 50 tahun, Promag merupakan brand nomor 1 untuk kategori obat sakit maag.

Melalui “Gerakan Ramadan Tanpa Dramaag”, Promag melaksanakan kegiatan ngabuburit berupa talkshow dan tausiyah yang menarik. Agenda ini dilaksanakan di kampus-kampus dari 5 kota besar di Indonesia. Pada Kamis (14/3), Jakarta dipilih sebagai pembuka acara dan bertempat di Universitas Negeri Jakarta. Sedangkan untuk kota besar lainnya yaitu Yogyakarta, Bandung, Lampung, dan Makassar.

Pada setiap event, Promag menghadirkan berbagai pembicara dari berbagai bidang, yaitu dokter, penceramah, dan perwakilan brand. Dihadiri kurang lebih 1000 mahasiswa, Promag memiliki misi untuk memberikan pengetahuan terkait masalah lambung yang dapat mempengaruhi ibadah puasa.

“Sebagai brand yang berpengalaman, kita akan terus berkomitmen untuk terus mengedukasi Gen Z agar produktivitas mereka dapat meningkat serta menjalani kualitas hidup yang lebih baik,” ucap Irwan Wijaya, General Marketing Kalbe Consumer Health.

3 dari 3 halaman

Strategi Promag Menarik Generasi Muda (Gen Z)

Dalam rangka menarik perhatian anak muda, Promag telah menyiapkan berbagai strategi yang menarik. Mereka memilih mendatangkan ustadz yang populer di kalangan anak muda untuk menyampaikan tausiyah. Pada gelaran perdana acara ini di Aula Bung Hatta UNJ, Promag mengundang Habib Husein Ja’far Al Hadar, ustadz milenial yang memiliki 5 juta pengikut di Instagram.

“Siapa yang memberi kehidupan pada satu orang, dia seperti memberi kehidupan kepada seluruh umat manusia. Siapa yang membunuh satu orang, dia seperti membunuh seluruh umat manusia. Makanya peduli kepada orang yang sakit maag itu memiliki suatu kemuliaan tersendiri, karena kita menyelamatkan satu orang,” ucap Habib Husein Ja’far Al Hadar.

Tidak hanya itu, Promag juga mengajak para mahasiswa yang menghadiri acara ini untuk mencoba melakukan maag meter. Dengan tes ini, mereka bisa mendeteksi kesehatan lambung dengan menjawab beberapa pertanyaan secara online. Tidak ketinggalan, Promag juga menyediakan berbagai games seru dan kegiatan menarik lainnya yang terdapat di booth Promag.

Selain itu, edukasi juga dilakukan dengan memanfaatkan Spotify, platform musik nomor satu di Indonesia. Promag telah menyediakan playlist musik serta podcast Tanpa Dramaag sebagai sarana edukasi untuk menjalankan ibadah puasa dengan nyaman. Adanya usaha ini membuat Promag optimis dapat mengedukasi hingga lebih dari enam juta Gen Z di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.