Sukses

Serial Apple TV+ Terbaru Manhunt, Ungkap Kisah Perburuan Pembunuh Presiden Amerika

Manhunt menceritakan kisah-kisah orang Amerika yang bersatu untuk melacak John Wilkes Booth setelah membunuh presiden Abraham Lincoln melarikan diri pada malam kejadian tersebut. Serial ini rilis di platform streaming Apple TV+ pada tanggal 15 Maret 2024

Liputan6.com, Jakarta Mereka yang pernah mengikuti kelas sejarah Amerika mungkin tahu tentang pembunuhan presiden Abraham Lincoln yang terkenal di tangan simpatisan Konfederasi, John Wilkes Booth.

Sedikit mengulas sejarahnya, pada malam tanggal 14 April 1865, Presiden Amerika Serikat ke-16, Abraham Lincoln, menghadiri pertunjukan teater di Teater Ford di Washington, D.C. Sebagai pria yang sangat dicintai oleh banyak orang, Lincoln tidak menyadari bahwa malam itu akan menjadi malam terakhirnya.

Selama pertunjukan, seorang aktor terkenal saat itu, John Wilkes Booth, masuk ke dalam ruang pribadi Lincoln dan menembaknya di kepala dari belakang. Lincoln jatuh pingsan, dan dalam beberapa jam, beliau meninggal dunia. Pembunuhan Lincoln terjadi hanya beberapa hari setelah berakhirnya Perang Saudara Amerika, yang telah mengubah wajah Amerika untuk selamanya.

John Wilkes Booth adalah seorang aktor yang merasa sangat terpukul oleh kekalahan konfederasi dalam perang saudara Amerika. Ia adalah pendukung kuat Konfederasi dan sangat benci pada Lincoln karena dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab atas kekalahan Konfederasi.

Booth bersama dengan sekelompok konspirator merencanakan serangkaian pembunuhan terhadap pejabat pemerintah Union lainnya, termasuk Wakil Presiden Andrew Johnson dan Menteri Luar Negeri William H. Seward. Namun, hanya Booth yang berhasil melakukan rencananya.

Kisah tersebut sudah sangat terkenal, tetapi bagaimana dengan akibat langsung dari peristiwa yang mengubah sejarah tersebut? Itulah yang ingin dieksplorasi oleh Apple TV Plus dengan mini seri sejarah terbaru mereka yaitu Manhunt.

Melansir dari Collider.com, Kamis 14 Maret 2024 bahwasannya serial ini diciptakan oleh penulis serial Friday Night Lights, Monica Beletsky.

Manhunt menceritakan kisah-kisah orang Amerika yang bersatu untuk melacak John Wilkes Booth setelah pembunuh dari pihak Konfederasi tersebut melarikan diri pada malam kejadian tersebut.

Pembunuhan presiden ini sangat mengguncang negara Amerika karena hal ini belum pernah terjadi sebelumnya, dan juga menimbulkan keraguan kepada warga Amerika pada saat itu yang awalnya menganggap negara yang sudah rusak akan dapat pulih kembali setelah Perang Saudara yang sangat merusak ini. Ketidakpastian tersebut membuat pencarian untuk menemukan John Wilkes Booth menjadi semakin penting.

Manhunt telah tayang perdana dengan merilis dua episode pada hari Jumat, 15 Maret 2024 dengan total tujuh episode. Episode berikutnya akan tayang setiap hari Jumat, hingga tanggal 19 April 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis resmi serial Manhunt

Berikut ialah sinopsis resmi Manhunt dari Apple TV+ yang telah diterjemahkan oleh kami:

"Film thriller konspirasi tentang salah satu kejahatan yang paling terkenal dan yang sulit untuk dipahami dalam sejarah: pembunuhan Abraham Lincoln. Ini adalah kisah yang menegangkan tentang perburuan berisiko tinggi terhadap John Wilkes Booth."

3 dari 4 halaman

Siapa saja aktor yang akan bermain dalam serial Manhunt?

Pemeran utama dalam serial Manhunt adalah Tobias Menzies yang merupakan alumni dari serial televisi yang sangat populer yaitu Game of Thrones. Menzies juga memenangkan penghargaan Primetime Emmy untuk Aktor Terbaik dalam Serial Televisi berkat penampilannya yang sempurna di Outlander.

Ediwn Stanton memerankan seorang pria yang menjabat sebagai sekretarisnya Lincoln selama Perang Saudara dan memimpin perburuan terhadap John Wilkes Booth.

Dan yang akan memerankan sang pembunuh yang terkenal, John Wilkes Booth adalah Anthony Boyle, yang baru-baru ini membintangi pertunjukan sejarah lainnya tentang sejarah Amerika yaitu Masters of the Air.

Presiden Abraham Lincoln, yang masih akan memiliki peran penting dalam pertunjukan ini, akan diperankan oleh bintang The Big Short yaitu Hamish Linklater.

Nama-nama terkenal lainnya yaitu Glenn Morshower sebagai Andrew Johnson, Patton Oswalt sebagai Lafayette Baker, dan Matt Walsh sebagai Samuel Mudd.

Berikut ialah aktor lainnya yang akan bermain dalam serial Manhunt ini: Lovie Simone (The Craft: Legacy), Will Harrison (Daisy Jones & The Six), Brandon Flynn (13 Reasons Why), Damien O'Hare (Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl), Josh Stewart (The Dark Knight Rises), Lili Taylor (American Crime), Anne Dudek (Mad Men), Spencer Treat Clark (Animal Kingdom), Maxwell Korn (The Verge), C. J. Hoff (Outcast), dan Daniel Croix (The Oval).

4 dari 4 halaman

Siapa saja tim di balik layar yang menggarap serial Manhunt ini?

Serial ini diambil berdasarkan buku novel yang bertajuk Manhunt: The Twelve Day Chase for Lincoln's Killer yang ditulis oleh James L. Swanson dan untuk penulisan naskah dari serial ini dilakukan oleh Monica Beletsky.

Beletsky terkenal dengan karyanya di Friday Night Lights dan Fargo. Bergabung dengan Beletsky di tim penulis adalah Tim Brittain, Matthew Ross Fennell, Mat Johnson, Jan Oxenberg dan Ben H. Winters.

Sutradara Manhunt ialah John Dahl dan Carl Franklin.

Manhunt juga akan menampilkan musik oleh Bryce Dessner yang pernah menggarap musik untuk film Cyrano, sinematografi oleh Robert Humphreys dan Trevor Forrest, serta penyuntingan oleh Damien Smith, David Berman, dan Karoliina Tuovinen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.