Sukses

Cara Membuat Air Rebusan 3 Daun untuk Redakan Asam Lambung yang Naik, Mudah Ditemukan di Sekitar Rumah

Ternyata asam lambung yang kambuh dapat diatasi dengan mengkonsumsi ramuan alami dari air rebusan tiga daun ini loh! Begini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Sering kali, memiliki masalah pencernaan, seperti asam lambung yang sering naik, maag, bahkan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) membuat seseorang bergantung dengan obat-obatan untuk mengatasinya. Padahal, nyatanya tidak semua orang suka mengonsumsi obat-obatan kimia untuk menyembuhkan penyakit. Bahkan, beberapa ada juga yang memiliki alergi terhadap kandungan-kandungan tertentu dalam obat.

Tak perlu khawatir lagi, ternyata banyak sekali tanaman di sekitar rumah yang ternyata berkhasiat sebagai obat alami berbagai penyakit, salah satunya asam lambung. Sifatnya yang alami dan cenderung ekonomis ini bisa jadi alternatif pengobatan mandiri saat asam lambung sedang naik.

Berikut, 3 rebusan daun yang dapat bantu atasi permasalahan asam lambung, dirangkum dari beberapa sumber pada Rabu (13/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Rebusan Daun Kelor

Moringa oleifera, atau yang lebih dikenal dengan nama daun kelor ini, kaya akan kandungan tanin dan flavonoid. Kedua zat ini merupakan antioksidan yang cukup ampuh dalam mengatasi masalah peradangan ataupun iritasi. Karenanya, mengonsumsi daun berbentuk bulat-bulat kecil ini akan membantu mengatasi berbagai masalah lambung seperti asam lambung naik, maag, sampai GERD.

3 dari 12 halaman

2. Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor

Proses mengambil air daun kelor ini terbilang sangat mudah. Hanya perlu dua bahan saja yaitu:

  • 600 ml air
  • Daun kelor

Cara Membuat:

  1. Pisahkan daun kelor dari tangkainya dan cuci hingga bersih
  2. Rebus air sampai mendidih
  3. Masukkan daun kelor
  4. Saat air rebusan sudah menghijau dan beraroma, air rebusan bisa disaring
  5. Selanjutnya bisa langsung dikonsumsi. Jika ingin manis, bisa ditambah madu untuk opsi yang lebih sehat.
4 dari 12 halaman

3. Rebusan Daun Kemangi

Dikutip dari salah satu artikel, sebuah studi menyatakan bahwa di daun kemangi disebut dapat mencegah berbagai gejala akibat luka pada lambung. Daun yang beraroma khas ini mengandung zat bernama eugenol yang bersifat anti-inflamasi. Selain itu, daun kemangi juga bisa membantu menyeimbangkan asam lambung serta PH dalam tubuh.

5 dari 12 halaman

4. Cara Membuat Air Rebusan Daun Kemangi

Untuk membuat air rebusan daun kemangi, hanya dibutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • Beberapa lembar daun kemangi (3-5 lembar) 
  • Satu gelas air

Cara membuat:

  1. Didihkan air
  2. Masukkan kemangi ke air mendidih
  3. Angkat setelah mendidih dan air rebusan berubah warna jadi kehijauan
  4. Saring air rebusan nya
  5. Air rebusan kemangi bisa dikonsumsi
6 dari 12 halaman

5. Rebusan Daun Sirih

Daun yang biasa dimanfaatkan banyak orang tua untuk ‘menginang’ ini ternyata dapat membantu meredakan asam lambung yang sedang naik. Hal ini karena daun sirih dikenal memiliki sifat antibakteri.

Mengutip informasi dari salah satu artikel kesehatan, daun sirih dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada lambung serta meredakan gejala GERD dan penyakit lambung lainnya. Ini karena, daun sirih mampu meningkatkan produksi lendir pada lambung dan usus sehingga mengurangi risiko terjadi luka lambung. 

Daun tunggal berbentuk jantung ini juga berkhasiat melindungi saluran pencernaan dari racun, menetralkan keasaman dan PH lambung, mengatasi maag, kembung, dan sejenisnya.

7 dari 12 halaman

6. Cara Membuat Air Rebusan Daun Kemangi

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Daun sirih 4-5 lembar
  • Air sesuai kebutuhan

Cara membuat:

  1. Rebus daun sirih selama kurang lebih 10 menit
  2. Masak sampai air rebusan berubah warna dan menyusut hingga setengahnya
  3. Saring air rebusan
  4. Air rebusan daun sirih siap diminum
8 dari 12 halaman

Tumbuhan Apa yang Bisa Menyembuhkan Asam Lambung?

Ada beberapa bahan alami yang dipercaya dapat meredakan asam lambung, contohnya seperti jahe, sereh, dan madu. Selain bahan alami, kamu juga bisa konsumsi obat-obatan seperti Sanmag Suspensi, Xepazym, dan Plantacid Forte Suspensi.

9 dari 12 halaman

Apa Penyebab Asam Lambung tak Kunjung Sembuh?

GERD tidak kunjung sembuh dapat dipicu oleh beberapa faktor, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, kondisi medis atau penyakit tertentu, hingga pengobatan yang tidak adekuat. Seseorang lebih berisiko terkena GERD jika menderita obesitas, hiatus hernia, gangguan pada katup kerongkongan bagian bawah, atau sedang hamil.

10 dari 12 halaman

Apa Penyebab Asam Lambung Naik Terus?

Dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak teratur dapat memicu peningkatan asam lambung. Konsumsi jenis makanan yang berlemak, pedas, asam, dan berkarbonasi yang masuk ke lambung dapat merangsang produksi asam lambung dan memicu gejala GERD.

11 dari 12 halaman

Berapa Lembar Daun Jambu Air untuk Asam Lambung?

Cuci 5–10 lembar daun jambu biji di bawah air dingin yang mengalir. Rebus dua cangkir atau 475 ml air, lalu masukkan daun yang sudah dicuci.

12 dari 12 halaman

Apakah Air Kelapa Muda Bisa Mengobati Asam Lambung?

Air kelapa muda juga dapat memberikan bantuan untuk meringankan gejala asam lambung, seperti sensasi terbakar di dada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.