Sukses

Apakah Sunscreen dan Sunblock Berbeda: Mana yang lebih Efektif?

Saat beraktivitas di luar ruangan dan di bawah terik matahari, satu hal yang akan selalu diingat dan dibawa adalah tabir surya. Tabir surya banyak dikenal dengan istilah sunscreen, tak sedikit pula yang menyebutnya sunblock. Mayoritas orang belum mengetahui perbedaan antara kedua istilah tersebut. Yuk, simak perbedaan antara sunscreen dan sunblock!

Liputan6.com, Jakarta Sunscreen dan sunblock sering disamakan, padahal keduanya memiliki perbedaan mendasar yang tidak sedikit orang memahaminya. Meskipun memiliki fungsi yang serupa, perbedaan antara keduanya memiliki dampak pada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Memahami perbedaan ini dapat membantu seseorang dalam membuat pilihan yang tepat. Melansir dari Health.com (26/2/2024), perbedaan antara sunscreen dan sunblock dapat dilihat melalui beberapa aspek berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Kerja Sunscreen?

Sunscreen dan sunblock memiliki tujuan yang sama dalam melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya. Namun, terdapat perbedaan dalam cara kerja keduanya. Sunscreen umumnya mengacu pada sunscreen kimia, yang bekerja dengan menyerap sinar matahari sebelum mencapai kulit melalui kandungan bahan kimia di dalamnya.

3 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Kerja Sunblock?

Sunblock juga dikenal sebagai physical sunscreen atau tabir surya fisik. Namun tidak seperti sunscreen atau juga sebagai dikenal chemical sunscreen, sunblock tidak mengandalkan bahan kimia untuk menyerap sinar matahari. Sesuai namanya, sunblock melindungi kulit dengan membentuk penghalang fisik yang menghalangi atau memblokir sinar ultraviolet (UV). Sunblock bekerja dengan memantulkan sinar matahari sebelum mencapai kulit.

4 dari 11 halaman

Pengaplikasian dan Efek Samping Sunscreen

Dalam penggunaannya, sunscreen perlu digosok secara merata agar dapat diserap dengan baik oleh kulit. Sunscreen biasanya tidak meninggalkan bekas putih atau residu pada kulit setelah penggunaan. Namun, karena mengandung bahan kimia, sunscreen dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

5 dari 11 halaman

Pengaplikasian dan Efek Samping Sunblock

Tidak seperti sunscreen, sunblock hanya perlu dioleskan secara merata ke seluruh bagian kulit yang terpapar sinar matahari tanpa perlu digosok. Sunblock yang tidak mengandung bahan kimia cenderung mengurangi risiko iritasi pada kulit. Namun, sunblock seringkali meninggalkan lapisan putih atau white cast pada kulit setelah penggunaan.

6 dari 11 halaman

Lebih Baik Sunscreen atau Sunblock?

Sunscreen dan sunblock adalah dua jenis produk perawatan kulit yang memiliki tujuan sama, yaitu melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UV). Meskipun memiliki kesamaan fungsi, keduanya memiliki perbedaan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Memilih produk perlindungan kulit, baik sunscreen maupun sunblock, sebaiknya didasarkan pada preferensi individu. Karena yang paling penting dari penggunaan tabir surya adalah kenyamanan dan konsistensi dalam pengaplikasiannya.

7 dari 11 halaman

Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock Wajah?

Sunblock dapat membentuk lapisan fisik di atas kulit sebagai penghalang sinar ultraviolet, sedangkan sunscreen melindungi dengan cara menyerap sinar ultraviolet sebelum menyentuh kulit

8 dari 11 halaman

Apakah Boleh Memakai Sunscreen dan Sunblock Bersamaan?

Menggabungkan penggunaan sunscreen dan sunblock tidak disarankan karena dinilai kurang efektif dalam mencegah bahaya paparan sinar ultraviolet.

9 dari 11 halaman

Apakah Sunblock Bisa Dipakai di Wajah?

Sunblock dapat melindungi kulit wajah dan mampu menangkal bahaya sinar matahari.

10 dari 11 halaman

Kapan Pakai Sunblock Wajah?

Pemakaian sunblock pada wajah yang benar sebaiknya setelah mengaplikasikan pelembab.

11 dari 11 halaman

Apakah Boleh Memakai Sunblock Setiap Hari?

Penggunaan sunblock harus secara rutin dan rajin setiap hari, bahkan ketika hari sedang tidak panas sekalipun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini