Sukses

Aneka Resep Minuman Kayu Manis yang Ampuh Turunkan Kolesterol

Kayu manis, salah satu rempah-rempah yang ampuh dalam menurunkan kolesterol, ternyata dapat diolah menjadi berbagai jenis minuman yang nikmat. Ini dia resepnya.

Liputan6.com, Jakarta Di antara berbagai jenis rempah-rempah, bisa dibilang kayu manis merupakan yang paling ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol.

Melansir dari healthline, dengan mengonsumsi sekitar 1,5 gram kayu manis per hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan gula darah secara signifikan sekaligus bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Kayu manis sendiri akan bermanfaat jika direbus dengan 2 gelas air selama 15-20 menit untuk diminum sebanyak 1-3 kali sehari.

Namun, tentu saja rebusan kayu manis seperti itu tidak cukup enak sehingga banyak orang yang kurang suka.

Meskipun begitu, rebusan kayu manis bisa diolah menjadi beberapa minuman yang nikmat tanpa menghilangkan manfaatnya

Merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (28/02/2024), berikut ini adalah aneka resep rebusan kayu manis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Teh Kayu Manis

Teh kayu manis merupakan varian yang paling mudah dibuat. Manfaatnya pun juga hampir sama dengan rebusan kayu manis biasa, karena teh tidak mengandung banyak zat tambahan.

Cara membuat teh kayu manis juga cukup mudah, Anda hanya perlu mencelupkan kantung teh ke dalam rebusan kayu manis yang sudah dituang ke gelas.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kayu manis bubuk sebanyak 1 sendok teh untuk dituang ke dalam segelas teh yang sudah jadi.

3 dari 11 halaman

Wedang Jahe Kayu Manis

Selain nikmat, wedang jahe juga dapat menenangkan pikiran sekaligus membuat badan terasa lebih segar.

Terlebih lagi, wedang jahe juga bisa dibuat dengan rebusan kayu manis menggunakan bahan-bahan berikut:

●     2 potong jahe (haluskan).

●     1 batang serai (haluskan).

●     Gula aren.

●     1 batang kayu manis.

●     1 liter air

●     Madu.

Pertama-tama, masukkan air ke dalam panci untuk direbus, lalu campurkan jahe, serai, gula aren, dan kayu manis ke dalam panci.

Tunggu sampai mendidih hingga tercium bau wangi, lalu masukkan madu secukupnya. Aduk sedikit lalu angkat rebusan kayu manis.

Tiriskan wedang yang telah direbus ke dalam gelas dan wedang jahe kayu manis sudah siap untuk dinikmati.

4 dari 11 halaman

Wedang Jahe Kunyit Kayu Manis

Berbeda dengan wedang jahe, minuman ini menambahkan kunyit dan sedikit jeruk nipis, serta tidak membutuhkan serai.

Cara membuatnya juga hampir sama dengan wedang jahe, yakni dengan merebus semua bahan lalu ditiriskan dalam gelas. Namun, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis di minuman wedang jahe kunyit.

5 dari 11 halaman

Teh Rosella Kayu Manis

Melansir dari RhymbaHillsTea, Rosella memiliki beberapa manfaat seperti mengelola tekanan darah serta dapat berperan dalam mencegah peradangan.

Nah, campuran rosella dengan rebusan kayu manis akan menjadi combo yang menyehatkan. Berikut adalah resepnya:

●     5-6 kuntum rosella.

●     1 batang kayu manis.

●     2 Bunga lawang.

●     Air  350 ml.

●     Madu.

Masukkan rosella, bunga lawang, dan kayu manis ke dalam rebusan air, lalu tunggu hingga mendidih dan mengeluarkan aroma harum.

Saat mendidih, air akan berwarna merah pekat dan harus segera diangkat. Tiriskan ke dalam gelas lalu tambahkan madu secukupnya.

6 dari 11 halaman

Teh Bunga Telang Kayu Manis

Minuman ini cukup unik dengan warna biru keungu-unguan yang sangat cantik. Berikut adalah resepnya:

●     7 keping bunga telang.

●     2 buah cengkeh.

●     1 batang kayu manis.

●     300 ml air.

Seperti biasa, rebus air sampai mendidih, lalu masukkan kayu manis dan cengkeh. Sembari menunggu aroma rebusan harum, masukkan bunga telang ke dalam teko.

Jika aroma rebusan sudah harum, segera angkat lalu saring ke dalam teko. Diamkan beberapa menit hingga berubah warna  jadi kebiru-biruan.

Saring lagi ke dalam gelas lalu tambahkan madu sesuai selera. Nah,teh bunga telang kayu manis yang berkhasiat dan estetik ini sudah siap untuk diminum.

 

7 dari 11 halaman

Apakah Air Rebusan Kayu Manis Bisa Menurunkan Kolesterol?

Kayu manis, disamping itu, diyakini bisa membantu mengurangi tingkat lemak dan kolesterol dalam aliran darah, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

8 dari 11 halaman

Apakah Kayu Manis Dapat Mengobati Asam Urat?

Manfaat dari air rebusan kayu manis meliputi kemampuannya dalam menurunkan kadar asam urat serta kolesterol, karena memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

9 dari 11 halaman

Bolehkah Minum Air Rebusan Kayu Manis Setiap Hari?

Penggunaan kayu manis aman dalam jumlah terbatas hingga moderat bersamaan dengan sebagian besar jenis obat. Akan tetapi, jika terlalu banyak dikonsumsi, kayu manis dapat menjadi berbahaya jika digunakan secara bersamaan dengan beberapa jenis obat. Contohnya, obat untuk diabetes, gangguan jantung, serta masalah hati.

10 dari 11 halaman

Kapan Waktu yang Tepat Minum Rebusan Kayu Manis?

Disarankan untuk mengonsumsi teh kayu manis yang dicampur madu sebelum beristirahat malam atau pada saat istirahat makan. Atau, sebelum melakukan aktivitas olahraga, Anda dapat memilih untuk menikmati secangkir teh kayu manis.

11 dari 11 halaman

Berapa Batang Kayu Manis untuk Direbus?

Dalam informasi tersebut, disampaikan langkah-langkah pembuatan rebusan kayu manis beserta takaran konsumsi harian. Pertama, rebuslah 3-4 batang kayu manis hingga mendidih dan menghasilkan cairan berwarna merah. Setelah itu, angkatlah dan tuangkan ke dalam gelas sebelum diminum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini