Sukses

5 Pasangan yang Posesif dalam Hubungan, Takut Kehilangan Pasangannya

Ternyata, beberapa zodiak ini dikenal sangat posesif terhadap pasangan dalam menjalin hubungan. Penasaran apa saja zodiaknya?

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hal berkencan dan menjalin hubungan, sifat posesif bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti rasa tidak aman, takut ditinggalkan, atau keinginan untuk mengendalikan segalanya.

Meskipun sikap posesif tidak selalu negatif, tapi sikap posesif yang berlebihan bisa menyebabkan masalah dalam hubungan seperti kecemburuan, ketidakpercayaan dan manipulasi emosional.

Ternyata, beberapa zodiak ini dikenal sangat posesif terhadap pasangan dalam menjalin hubungan. Penasaran apa saja zodiaknya? Ini dia, seperti melansir dari Times of India, Sabtu (24/2/2024).

1. Taurus

Individu Taurus dikenal karena kesetiaan dan keterikatannya dengan pasangannya. Namun, kesetiaannya terkadang juga bisa berujung pada sikap posesif, karena individu dengan zodiak ini merasa tidak aman dan takut kehilangan pasangannya.

Mereka juga sering mencari kepastian dan validasi dari pasangannya.

2. Cancer

Cancer adalah individu yang sangat emosional dan penuh kasih sayang. Dalam hubungan, mereka menghargai keamanan dan stabilitas. Namun, mereka juga bisa menjadi terlalu posesif.

Pemilik zodiak ini bisa menjadi sangat protektif terhadap pasangannya. Mereka juga bisa bergumul dengan perasaan cemburu dan tidak aman.

3. Scorpio

Individu yang lahir dengan zodiak ini dikenal karena ikatan emosional yang mendalam dalam hubungan. Meskipun hal ini bisa membuat pasangannya merasa dekat dengannya, hal ini juga bisa menyebabkan dirinya dianggap posesif.

Namun, mereka juga sangat setia dan protektif terhadap pasangannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Leo

Leo sangat percaya diri dan karismatik, serta suka menjadi pusat perhatian. Meskipun mereka terlihat percaya diri, Leo juga bisa sangat posesif terhadap pasangannya.

Mereka suka diakui oleh orang yang dicintainya, dan terkadang menjadi terlalu posesif jika tidak menarik perhatian pasangannya.

5. Pisces

Pisces adalah individu yang romantis dan sensitif yang menghargai hubungan emosional dan keintiman dalam hubungan.

Meskipun sifat welas asihnya bisa menciptakan ikatan yang mendalam dengan pasangannya, hal ini juga bisa menyebabkan perilaku posesif.

Pisces akan menjadi terlalu terikat pada orang yang mereka cintai, takut akan potensi ancaman terhadap hubungan tersebut.

Mereka akan bergumul dengan perasaan cemburu dan rasa tidak aman, terutama jika mereka merasa rentan secara emosional.

3 dari 3 halaman

Bisa Menghancurkan Hubungan, Ini 5 Tips Berhenti Menjadi Posesif kepada Pasangan

Setiap individu secara alami merasa sedikit protektif terhadap orang yang mereka cintai. Namun, ketika perasaan ini berubah menjadi posesif, hal itu dapat mulai memengaruhi hubungan Anda dengan orang lain secara negatif.

Tak sedikit orang yang posesif terhadap pasangannya. Posesif bisa menjadi tanda rasa tidak aman atau keterikatan yang tidak sehat dengan pasangan. 

Sikap posesif yang berlebihan atau tidak rasional seringkali dapat menyebabkan perasaan tidak aman, tidak hormat, pelecehan emosional, jebakan, ketakutan, dan kecemasan serta menunjukkan ketidakmampuan Anda untuk memercayai orang lain. 

Tanda-tanda umum posesif meliputi kerap merasa cemburu, mencoba mengendalikan perilaku pasangan Anda, menjadi terlalu terikat atau bergantung pada pasangan Anda, kerap memeriksa teks dan email pasangan Anda, terus-menerus mempertanyakan keberadaan pasangan, mencoba untuk mengontrol penampilan pasangan, ketakutan irasional kehilangan pasangan dan defensif yang berlebihan.

Jika Anda memiliki tanda-tanda ini, coba atasi sifat posesif Anda dengan deretan tips berikut ini. Dilansir dari Pinkvilla, berikut ini deretan cara berhenti posesif terhadap pasangan.

1. Dasarkan Pikiran Anda

Mengumpulkan pikiran membantu Anda berhenti berpikir berlebihan tentang suatu situasi sekaligus memungkinkan Anda mengelola emosi dengan lebih baik. 

Jadi, alih-alih memikirkan semua hasil negatif dari suatu situasi dan menunjukkan rasa posesif Anda, cobalah untuk membumikan pikiran Anda. Renungkan mereka dan tanyakan pada diri Anda alasan di balik pemikiran sinis Anda. 

Tarik napas dalam-dalam dan percayai pasangan, keluarga, atau teman dekat Anda. Yang terpenting, tanyakan pada diri Anda apakah mereka pernah memberi Anda alasan untuk mencurigai mereka, dan Anda akan mengerti bahwa sikap posesif Anda tidak diperlukan.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.