Sukses

4 Efek pada Tubuhmu Jika Terlalu Banyak Minum Kopi

Bagi segelintir individu, kopi menjadi salah satu minuman wajib untuk memulai aktivitas. Bahkan beberapa dari mereka akan gelisah jika tak mengonsumsi kafein. Namun, Anda perlu mengetahui efek pada tubuh jika terlalu banyak minum kopi.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi segelintir individu, kopi menjadi salah satu minuman wajib untuk memulai aktivitas. Bahkan beberapa dari mereka akan gelisah jika tak mengonsumsi kafein.

Banyak individu mengklaim kopi bisa membantu mendapatkan kembali energi dalam waktu singkat. Tak heran jika banyak dari kita tidak bisa menahan godaan untuk minum beberapa cangkir untuk mengisi bahan bakar dan menjaga diri kita tetap aktif sepanjang hari.

Namun, Anda perlu mengetahui efek pada tubuh jika terlalu banyak minum kopi, seperti melansir dari Bright Side, Minggu (18/2/2024).

1. Sakit kepala

Meski banyak individu berharap secangkir kopi hangat bisa menghilangkan sakit kepala yang mengganggu, namun hal itu justru memperburuknya.

Kafein menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil, yang membuat tubuhmu dehidrasi dan bisa menyebabkan sakit kepala.

Meskipun sekitar empat cangkir kopi yang diseduh sehari dianggap sebagai jumlah kafein yang aman bagi orang sehat, kenyataannya kebanyakan dari kita bisa menoleransi jumlah kafein yang jauh lebih sedikit, dan mengonsumsi terlalu banyak kafein bisa menyebabkan migrain yang menyakitkan.

2. Kulit menua lebih cepat

Meskipun kopi kaya akan antioksidan yang melindungi kulitmu dari radikal bebas berbahaya, meminumnya terlalu banyak bisa mengurangi kolagen dalam sel Anda.

Karena kolagen sangat penting untuk mendapatkan kulit yang awet muda, mengonsumsi terlalu banyak kafein bisa menyebabkan kulitmu menjadi kurang elastis dan lebih rentan terhadap garis-garis halus dan kerutan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Membuat perutmu sakit

Jika Anda pernah merasa bahwa minum terlalu banyak kopi membuatmu lebih sering ke kamar mandi, sebenarnya ada penjelasan ilmiah mengenai hal tersebut.

Karena kopi bersifat asam, kopi mengiritasi lapisan perut dan menyebabkan kram, yang pada akhirnya bisa menyebabkan diare.

Anda mungkin mengalami konsekuensi tidak menyenangkan ini bahkan jika Anda minum kopi tanpa kafein, jadi lebih baik perhatikan asupan kafeinmu dan pilih jenis yang tidak terlalu asam, seperti espresso. 

3 dari 3 halaman

4. Terlihat pada kuku

Selain membuatmu merasa gelisah, terlalu banyak minum kopi bisa mengganggu penyerapan zat besi dan menyebabkan anemia.

Kondisi umum ini memengaruhi jumlah sel darah merah sehat yang membawa oksigen ke jaringan tubuh dan membuatmu merasa lemah dan lelah.

Selain energi yang rendah, anemia juga bisa memengaruhi penampilan kukumu sehingga menyebabkan lunula kukumu menjadi kurang terlihat atau bahkan hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.