Sukses

6 Tips Membangun Hubungan Bahagia dan Langgeng

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hubungan antarpribadi, upaya untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang langgeng seringkali dianggap sebagai aspirasi yang signifikan. 

Baik dalam konteks persahabatan, hubungan cinta, atau ikatan kekeluargaan, upaya untuk membina ikatan yang langgeng memerlukan upaya dan pemahaman yang disengaja.

Para ahli hubungan menawarkan wawasan tentang beberapa langkah yang sangat penting untuk membina hubungan dengan kualitas yang bertahan lama. 

Berikut beberapa tips membangun hubungan langgeng, seperti melansir dari Times of India, Senin (12/2/2024).

1. Komunikasi yang efektif

Fondasi dari setiap hubungan yang sejahtera terletak pada komunikasi yang terbuka dan jujur. Mengartikulasikan pikiran, emosi, dan kekhawatiran dengan cara yang menghormati pihak lain akan menumbuhkan pemahaman dan memperkuat ikatan antar individu.

2. Saling menghormati

Menumbuhkan rasa saling menghormati menjadi landasan hubungan yang kuat. Menghargai sudut pandang, batasan, dan otonomi satu sama lain menumbuhkan rasa kesetaraan dan rasa syukur dalam hubungan. 

3. Kepercayaan dan transparansi

Kepercayaan diperoleh melalui kejujuran dan ketergantungan yang konsisten. Mempertahankan transparansi mengenai niat, tindakan, dan emosi menjadi landasan bagi kepercayaan, yang berfungsi sebagai kunci bagi kelanggengan hubungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Empati dan pengertian

Berempati terhadap pengalaman dan emosi pasangan menimbulkan rasa keterhubungan dan solidaritas yang mendalam. 

Memahami perspektif satu sama lain akan menumbuhkan empati, sehingga memupuk keintiman emosional dan ketahanan yang lebih tinggi di tengah kesulitan. 

5. Waktu berkualitas bersama

Menginvestasikan waktu dalam pengalaman bersama yang bermakna akan memperkuat hubungan antar individu.

Terlibat dalam aktivitas, dialog, dan tradisi yang substansial akan memperkuat ikatan dan menghasilkan kenangan abadi.

 

3 dari 3 halaman

6. Keterampilan menyelesaikan konflik

Konflik adalah aspek yang tak terelakkan dalam hubungan apa pun; namun pengelolaannya sangat memengaruhi ketahanannya. 

Menumbuhkan keterampilan penyelesaian konflik yang mahir, seperti mendengarkan secara aktif, berkompromi, dan pemecahan masalah secara kolaboratif, akan menumbuhkan saling pengertian dan memperkuat hubungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.